Prosumut
Ekonomi

KKSU-NSI Day 2024 Dorong Kemajuan UMKM, Pariwisata, & Investasi

PROSUMUT – Penyelenggaraan Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) dan North Sumatra Invest (NSI) Day 2024 merupakan bagian dari upaya peningkatan kinerja sektor UMKM, pariwisata, dan investasi yang terus diperkuat.

Hal ini dilakukan guna mendukung perekonomian nasional, utamanya dalam penciptaan lapangan kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat Sumatera Utara.

Kegiatan ini pun merupakan bagian dari Harvesting Gernas Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gernas Bangga Berwisata di Indonesia (GBBWI).

Gelaran tersebut berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan stakeholders. Mengambil tema ‘Rap Pamajuhon Sumatera Utara’ KKSU x NSI Day 2024, kegiatan itu resmi dibuka pada 3 Juli 2024 di Istana Maimun. Kemudian, dilanjutkan dengan rangkaian acara di Delipark Mall hingga 7 Juli 2024.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung menyampaikan Bank Indonesia selaku campaign manager Gernas BB-BBWI Sumatera Utara mencanangkan tiga inisiatif progam.

BACA JUGA:  Pertamina UMK Academy 2024 Beri Energi Baru Menuju UMK Maju

“Pertama, digitalisasi UMKM melalui program onboardingke marketplace serta pelatihan digital marketing yang bekerja sama dengan top brands e-commerce, serta sosialisasi dan fasilitasi pembuatan QRIS untuk merchant UMKM,” ungkap Juda Agung.

Kedua, lanjut dia, promosi perdagangan UMKM melalui pameran dan business matching di dalam dan luar negeri utamanya produk unggulan Sumatera Utara, yakni kopi, kuliner, dan fashion.

“Ketiga, program pengembangan UMKM dan desa wisata dalam mendukung green economy melalui rekrutmen Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) yang berorientasi pada sustainable product/ramah lingkungan serta implementasi konsep eco- wisata,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Pj Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni menyampaikan bahwa UMKM menyerap tenaga kerja hingga 80 persen di Sumatera Utara.

BACA JUGA:  Pertamina UMK Academy 2024 Beri Energi Baru Menuju UMK Maju

Karena itu, KKSU diharapkan dapat menjadi katalisator dalam meningkatkan jumlah UMKM naik kelas baik dari sisi skala/kapasitas, pembiayaan, serta pemasaran yang menuju ke arah digital sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan lebih banyak dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Melalui penyelenggaraan KKSU 2024 ini, pemerintah berharap berbagai kendala UMKM naik kelas perlahan dapat diselesaikan melalui perluasan akses pemasaran produk seperti pameran, promosi produk melalui media sosial dan marketplace, business matching pembiayaan, peningkatan literasi UMKM, serta mendorong kreatifitas UMKM melalui berbagai kompetisi lomba.

Acara KKSU 2024 secara fisik diikuti oleh lebih dari 150 UMKM unggulan di Sumatera Utara sektor kopi, kain/wastra, hingga kuliner sedangkan pameran online juga tetap dilakukan pada website KKSU (www.karyakreatifsumut.com) dengan melibatkan lebih dari 300 UMKM.

BACA JUGA:  Pertamina UMK Academy 2024 Beri Energi Baru Menuju UMK Maju

KKSU juga menjadi puncak selebrasi program pengembangan UMKM Go Export dengan total nilai transaksi ekspor mencapai Rp 42 miliar, pembiayaan UMKM mencapai Rp 8,7 miliar, penandatanganan kerja sama 10 proyek investasi strategis senilai Rp 500 miliar, serta penyerahan Program Sosial Bank Indonesia berupa revitalisasi Istana Maimun untuk mendukung sektor pariwisata.

Rangkaian acara KKSU berlangsung hingga 7 Juli 2024 di Delipark Mall yang meliputi pameran UMKM unggulan, talkshow, kompetisi sektor kopi dan desain busana. Fashion show UMKM, serta akan ditutup dengan BMPD Medan Run. (*)

Editor: M Idris

Teks foto: Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung. (ist)

Konten Terkait

Koleksi Terbaru Produk Premium LG Kini Tersedia di Medan

Editor prosumut.com

Subsidi Tertutup, Pemerintah Pastikan Harga LPG 3 Kg Tidak Naik

Editor prosumut.com

LPEI dan Bank BJB Dorong Ekspor Indonesia Hingga Mancanegara

Editor prosumut.com