Prosumut
Ekonomi

Koleksi Terbaru Produk Premium LG Kini Tersedia di Medan

PROSUMUT – Menyusul diperkenalkan perdana bagi pasar Indonesia pada April lalu, LG Electronics Indonesia (LG) mengkonfirmasi kehadiran koleksi produk premiumnya bagi pasar Medan dan sekitarnya.

Membawa serta jajaran besar TV dan kulkas, yang membuatnya patut menjadi perhatian, LG membawa serta produk premium terbarunya yang menjalani debutnya di pameran global terbesar bagi industri elektronik, International Consumer Electronics Show (CES), pada awal tahun ini di Las Vegas, Amerika Serikat.

“Mulai tersedia di berbagai toko elektronik utama, secara simultan kami akan memperluas keberadaannya bagi publik Medan dan sekitarnya.

Membuka peluang lebih besar bagi lebih banyak orang untuk dapat memiliki puncak inovasi terkini LG yang mengedepankan penciptaan interaksi lebih baik dengan pengguna,” ujar Branch Manager Medan Area of LG Electronics Indonesia, Tito, Selasa 2 Juli 2025.

Lebih lanjut dikatakannya, menyusul setelah TV dan kulkas, LG juga tengah bersiap untuk memperkenalkan jajaran mesin cuci terbaru melengkapi keberadaan koleksi premiumnya bagi pasar Medan dan sekitarnya.

Puncak Baru Inovasi Perangkat Hiburan Dalam Rumah

Menyusur lebih dalam koleksi premium LG yang baru diperkenalkan, perangkat TV dapat dikatakan menempati posisi yang istimewa.

Hal ini karena produk unggulan dari kategori ini, berisikan perangkat TV yang menjadi andalan LG dalam gelaran CES tahun ini yaitu seri OLED evo C4 dan QNED89.

Meski memiliki panel layar berbeda, keberadaan dukungan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) serta versi terbaru webOS yang menjadi platform khas smart TV LG menjadi hal terdepan dalam menarik perhatian.

Bila adopsi kecerdasan buatan membawa inovasi pada teknologi pengolahan gambar dan suara, versi terbaru webOS menjadi pelengkap penting bagi kenyamanan pengguna.

Kenyamanan penggunaan melalui kehadiran pembaruan platform ini tak lepas dari keistimewaan webOS terbaru LG yang menyediakan opsi bagi penggunanya menciptakan profil individual untuk menyesuaikan preferensi berdasarkan pola penggunaan.

Termasuk diantaranya membuat TV dapat menyesuaikan tingkat lantang dan warna suara berdasarkan profil pengguna, atau bahkan merekomendasikan ragam tayangan menyesuaikan dengan pola penggunaan sebelumnya.

Keterhubungan lebih luas dengan perangkat rumah pintar lainnya juga menjadi keunggulan webOS terbaru LG ini. Salah satunya karena kompatibilitasnya pada perangkat rumah pintar yang mendukung Matter sebagai standar universal smart home IoT interoperability.

Bersanding dengan berbagai opsi personalisasi, kenyamanan versi terbaru platform smart TV ini ada pada kehadiran program webOS Re:New program yang menawarkan pembaruan hingga versi terkini pada platform smart TV-nya ini untuk membuat pengguna tetap mendapatkan pengalaman termutakhir hingga lima tahun kedepan.

BACA JUGA:  Pertamina UMK Academy 2024 Beri Energi Baru Menuju UMK Maju

Menyentuh pada keunggulan masing-masing TV, LG OLED evo C4 menyandarkan kekuatannya pada prosesor terbaru α9 Gen7 AI Processor 4K yang menawarkan performa AI hingga empat kali lipat dibanding generasi sebelumnya. Hal ini memberi dampak besar pada kualitas gambar yang lebih vibran dan warna lebih hidup.

Peningkatan kualitas reproduksi gambar hingga mendekati nyata objek aslinya dalam TV ini hadir dengan menggunakan analisis tingkat piksel gambar yang lebih presisi. Hal ini membuatnya mampu mempertajam tampilan objek dan gambar pada layar belakang yang kerap ditemui tampil kabur.

Penggunaan prosesor AI ini pun bekerja menyempurnakan tampilan warna dengan menganalisis kesan bayangan pada gambar dan menampilkannya sesuai yang diharapkan pembuat film atau kreator konten.

Sementara pada bagian lain, Dynamic Tone Mapping Pro menyempurnakan tampilan gambar hingga tampak lebih dramatis dan terkesan tiga dimensi dengan kerjanya menyesuaikan tingkat kecerahan gambar lebih teliti dengan membaginya pada tiap-tiap blok.

Bagi penggemar game pun TV OLED ini mudah mencuri perhatian. Pasalnya TV LG OLED evo C4 memiliki berbagai fasilitas yang mendukung spesifikasi game terkini. Tengok saja mulai dari G-Sync compatible dan FreeSync Premium hingga Variable Refresh Rate yang mencapai 144Hz.

Kemampuan untuk mereproduksi gambar hingga 144 frame dalam setiap detiknya ini memberi kenyamanan gamer dengan menghilangkan gambar muncul dengan tampilan terpatah-patah saat dinamika pergerakan gambar cepat.

TV OLED ini bahkan telah mendapat sertifikat Qualified Gaming Performance dari lembaga uji internasional, Intertek. Hal ini terkait dengan kemampuan response time yang kurang dari 0.1 ms, spektrum warna yang memenuhi lebih dari 90 persen Color Gamut Accuracy dari Adobe RGB dan HGIG EOTF Accuracy yang melebihi 90 persen.

Beranjak pada TV LG QNED89, tampilan gambar vibran dari layar ekstra besar 98 inci membuat mata susah berpaling. Teknologi yang diterapkan pada layarnya ini, mewakili keberhasilan LG dalam meningkatkan kualitas visual.

Menggunakan kolaborasi dua teknologi LG, Quantum Dot dan NanoCell Technology, QNED TV LG ini memiliki kemampuan reproduksi gambar lebih hidup.

BACA JUGA:  Pertamina UMK Academy 2024 Beri Energi Baru Menuju UMK Maju

“Kolaborasi kedua teknologi ini kemudian berpadu dengan kekuatan kecerdasan buatan yang semakin meningkatkan pengalaman sinematik dari layar ekstra lebar,” ujar Tito lagi.

Hal terkait kecerdasan buatan ini, merujuk pada kekuatan prosesor α8 AI Processor 4K berbasis AI miliknya. Di samping menawarkan peningkatan performa grafis, juga memberi kecepatan proses 1,6 kali lebih gegas dibandingkan generasi prosesor sebelumnya.

Pada peningkatan kualitas gambar, fitur AI Picture Pro menawarkan pengayaan tekstur dan detail halus pada tiap objek yang memberi kemampuan reproduksi gambar lebih terlihat nyata mendekati objek aslinya.

Menambah kesenangan menggunakan kedua TV ini, keduanya dapat dipasangkan dengan perangkat soundbar LG. Melalui fitur WOWCAST Built-in, keterhubungan ini dapat dibuat secara nirkabel.

Sementara aktivasi fitur WOW Orchestra akan membuat pengguna mendapatkan kualitas audio tiga dimensi yang memenuhi ruang dengan harmoni suara dari speaker yang terintegrasi pada TV dan soundbar.

Tampilan Lebih Bergaya, Jaga Nutrisi Keluarga Dengan Kabin Lebih Lega

Beranjak pada jajaran perangkat kulkas, koleksi terbaru perangkat penjaga persediaan nutrisi keluarga ini dibuat LG menawarkan kecanggihan dengan kabin penyimpanan lega dalam balutan desain modern.

“Tampilan modern memberinya kemudahan berbaur menyatu dengan gaya interior dapur,” ujar Tito.

Koleksi terbaru LG ini meliputi model Multidoor GCFB47FFQAB yang hadir dengan tampilan lebih ramping berbalut warna Essence Black Steel.

Dengan kapasitas simpan mencapai 470 Liter, kulkas ini memiliki tata bagian dalam lebih lapang yang membuatnya mampu menampung lebih banyak makanan.

Kulkas LG Multidoor GCFB47FFQAB ini juga membawa serta berbagai fitur utama LG bagi pendukung untuk mempertahankan kesegaran makanan. Salah satunya fitur Multi-Air Flow yang membantu menjaga kestabilan suhu dalam kulkas dan mendistribusikannya secara merata meliputi seluruh sudut kulkas.

LG pun memperkenalkan model GN-B389FQAM dalam koleksi kulkas premium ini.

Ciri khas penempatan freezer pada bagian bawah, memberikan kenyamanan pengguna dalam mengambil bahan makanan dan minuman tanpa harus membungkuk.

Lebih dari itu, LG pun melengkapinya dengan fitur Hygiene Fresh yang memiliki reputasi pada kemampuan menjaga kesegaran bahan makanan tersimpan, sekaligus melepaskannya dari berbagai partikel merugikan seperti bakteri dan virus.

Mendukung kinerjanya, kedua model kulkas premium LG terbaru ini juga ditenagai Smart Inverter Compressor.

“Dengan teknologi yang membuat kerja kompresor lebih stabil dalam mempertahankan suhu untuk menjaga kesegaran makanan lebih lama, namun dengan konsumsi listrik lebih minim,” ungkap Tito.

BACA JUGA:  Pertamina UMK Academy 2024 Beri Energi Baru Menuju UMK Maju

Ia menyebutkan, menjadi satu rangkaian dengan kehadiran koleksi premiumnya di Medan, LG bakal segera memasarkan model mesin cuci kelas premium.

Lahir dari kategori mesin cuci Front Loading (bukaan depan), teknologi terbaru AIDD 2.0 didalamnya dibuat siap menawarkan perawatan pakaian lebih baik dengan memanfaatkan teknologi AI.

Wujud keberadaan teknologi kecerdasan buatan pada mesin cuci ini yaitu sensor terintegrasi didalamnya.

Memanfaatkan AI, sensor ini membuat mesin cuci mampu mendeteksi berat cucian, tekstur kain, tingkat kelembutan bahan hingga tingkat kekotoran pakaian.

Informasi ini kemudian digunakan untuk memerintahkan mesin cuci memilih siklus pencucian yang sesuai.

“Dengan pengenalan material pakaian lebih presisi yang memberi perintah mesin cuci untuk menyesuaikan siklus pencucian yang tepat, memberi keuntungan pada penjagaan kualitas pakaian dan masa pakai yang lebih lama,” terang Tito.

Sentuhan kecantikan hadir melalui perhatian LG pada desain bagian depan yang dibuat rata dan pintu berbahan tempered glass yang anti goresan.

Selain keindahan, terapan desain ni sekaligus memunculkan kesan kecanggihan pada ruang mencuci penggunanya.

Apalagi, seri mesin cuci terbaru LG ini dibuat dengan User Interface (UI) bertajuk LCD Digital Dial Control.

Berwujud panel LED, lapisan antarmuka ini memberikan informasi terkait pencucian setiap kali pengguna memutar kenopnya.

Mulai dari deskripsi tiap pengaturan, status pencucian hingga waktu tersisa untuk menyelesaikan siklus pencucian. Menambah kecanggihannya, mesin cuci ini memiliki teknologi pintar ThinQ.

Berbasis WiFi, teknologi ini memungkinkan pengguna melakukan pengoperasian berbagai menu mesin cuci ini tanpa mesti terhalang jarak dan waktu.

Koleksi mesin cuci Front Loading AIDD 2.0 memiliki tiga pilihan kapasitas pencucian mulai dari 15 kilogram, 20 kilogram hingga 25 kilogram. Khusus kapasitas 15 kilogram, meskipun kapasitas pencucian besar, dimensi keseluruhan mesin cuci dibuat tetap kompak.

Terkait dengan pengumuman resmi kehadiran seri model premium LG di Medan dan sekitarnya, Tito mengajak publik Medan dan sekitarnya untuk mengunjungi berbagai toko elektronik utama terdekat dengan domisilinya.

“Datang dan saksikan langsung berbagai teknologi yang menempatkan peningkatan interaksi demi kenyamanan pengguna telah hadir bagi publik Medan dan sekitarnya,” pungkas Tito. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

Konten Terkait

Hingga Maret, Total Volume Transaksi RFB Naik 32.41 %

Editor prosumut.com

Perta Arun Gas Raih Penghargaan Gold di APQA 2023

Editor prosumut.com

Pandemi, 73 Persen Pelaku Usaha di Sumut Beroperasi Normal 

Editor Prosumut.com