Prosumut
FilmHiburan

Roadshow di Medan, Bioskop Online dan JAFF Edukasi Penggemar Film

PROSUMUT – Bioskop Online berkolaborasi dengan Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) memberikan edukasi seputar perfilman kepada penggemar film.

Edukasi disampaikan pada roadshow bertajuk, ‘Road to JAFF 18 th: Roadshow Medan’ yang digelar di Kafe Tengah People & Place, Medan, Sabtu 21 Oktober 2023.

Head of Content Bioskop Online, Ivan Makhsara mengungkapkan, Bioskop Online merupakan layanan video yang menghadirkan konten lokal berkualitas dan film original karya anak bangsa.

Bioskop Online memberikan pengalaman menonton yang relatif baru serta konten menarik bagi penggemar film di Indonesia. Platform ini menjadi Rumah Sinema Indonesia.

“Melalui metode pembayaran pay per-view dan harga yang terjangkau, Bioskop Online memberikan pengalaman menonton yang relatif baru serta konten menarik bagi penggemar film di Indonesia.

Sampai saat ini, pasar terbesar masih berada di Jawa dan kebanyakan penontonnya berusia 21 tahun ke atas,” ungkap Ivan saat sesi pertama.

Dia berharap, adanya kegiatan roadshow tersebut semakin meningkatkan animo penonton film di Medan untuk menonton film khususnya di Bioskop Online.

“Banyak film-film terbaik yang bisa disaksikan di platform ini. Mari dukung karya sinema anak bangsa,” pungkasnya.

Sementara itu, sutradara dan produser film, Ifa Isfansyah yang juga hadir dalam edukasi tersebut menyampaikan tentang tugas dan peran produser dalam sebuah film.

“Tanpa ada produser, produksi film tidak bisa berjalan. Produser tidak hanya bicara soal pendanaan sebuah film, ataupun manajemen. Tapi lebih dari itu,” kata Ifa saat sesi kedua.

Dia menjelaskan alur tugas produser film mulai dari ide, hingga pendistribusian. “Kalau di Indonesia produser tidak hanya memproduksi, tapi juga mendistribusikan atau memasarkan. Berbeda dengan di luar negeri,” sebutnya.

Tugas seorang produser, menurutnya, adalah memilih ide cerita dan tim yang tepat untuk diproduksi, mencari kemungkinan pendanaan agar produksi bisa berjalan, dan memastikan film yang diproduksi sesuai dengan yang direncanakan.

Tak hanya itu, seorang produser juga harus memiliki beberapa hal yakni kreatif, punya visi, finansial, dan punya nilai.

“Ada beberapa tahap untuk memulai sebuah project film. Mulai dari visi, siapa pemilik ide, menentukan budget dan target audience, berikutnya pitching ke penulis, sutradara hingga ke investor. Lalu, nilainya apakah dia single producer atau berpartner dengan lainnya hingga realisasinya,” tandasnya.

Kegiatan roadshow yang digelar Bioskop Online dan JAFF diadakan pada 4 kota di Indonesia, dan Medan merupakan kota pertama. Setelah Kota Medan, akan berlanjut ke Palembang, Makassar, dan Semarang. (*)

Editor: M Idris

Konten Terkait

Avengers Tenggelamkan Titanic, James Cameroon Angkat Topi

Editor prosumut.com

Bocoran dari Scarlett Johansson, Begini Nasib Black Widow di Avengers: End Game

Editor prosumut.com

Merasa Karyanya Tak Dihargai, “Jurnal Risa” Bakal Berhenti Tayang

Editor prosumut.com