Prosumut
PilegPolitik

Suaranya Dicuri, Ketua Demokrat Sumut akan Lapor Polisi

PROSUMUT – H M Lokot Nasution ST, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumatera Utara (Sumut) akan melaporkan dugaan pemalsuan surat atau keterangan palsu ke Polres Belawan, terkait pemalsuan dokumen C1 dalam pemilihan legislatif DPR RI 2024. 

Dugaan pemalsuan dokumen ini terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 21 Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan. 

Didampingi Kuasa Hukum Ranto Sibarani SH, Lokot Nasution mengatakan formulir C1 yang asli berbeda dengan C1 fotocopy yang dilaporkan saksi kecamatan.

Terlihat jelas di dalam formulir pertama (asli) perolehan suara H M Lokot Nasution dengan nomor urut 1 berjumlah 13. Sedangkan di formulir (fotocopy) yang sampai ke kecamatan, suara H M Lokot Nasution menjadi nol.

Masih di formulir fotocopy yang di kecamatan, suara yang sebelumnya diperoleh H M Lokot Nasution malah berpindah ke Caleg nomor urut 2 atas nama Drs Hendrik H Sitompul MM. 

Lokot menjelaskan bahwa saat penghitungan suara di TPS, petugas saksi dari Lokot Nasution melihat adanya kecurangan. Bahkan satu oknum yang diduga pelaku ketika diajak berdebat soal kecurangan itu, langsung kabur dari lokasi TPS.

Sementara itu, Kuasa Hukum Lokot Nasution, Ranto Sibarani SH menyatakan bahwa pemalsuan surat tersebut harus diusut tuntas karena telah mencederai Pemilu damai yang merupakan agenda nasional.

“Kami berharap pihak Kepolisian, Gakumdu dan pihak terkait segera mengusut tuntas dugaan pemalsuan dokumen tersebut. Dengan begitu, memberikan efek jera terhadap pelaku-pelaku curang dalam penghitungan hasil suara dalam pemilu damai ini,” ujar Ranto di Kantor DPD Partai Demokrat Sumut, Jalan Sudirman, Medan, Jumat 23 Februari 2024. (*)

Editor : M Idris

Konten Terkait

Pilkada Serentak Tetap Dengan Protokol Kesehatan

admin2@prosumut

PSI Sumut Salurkan Bingkisan ke Pos Pengamanan Ketupat Toba

Editor prosumut.com

Demokrat & PKS Berkoalisi di Pilkada Medan 2020?

admin2@prosumut