Prosumut
Ekonomi

LPS Hadirkan Kantor Perwakilan di Medan, Optimalkan Pelayanan Kepada Masyarakat

PROSUMUT – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mendirikan kantor perwakilan di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Kantor Perwakilan LPS I Medan ini hadir diharapkan mengoptimalkan pelayanan LPS kepada masyarakat di wilayah Sumatera, khususnya di Medan.

Kepala Kantor Persiapan Penyelenggaraan Program Restrukturisasi Perbankan (PPRP) dan Hubungan Lembaga LPS, Hermawan Setyo Wibowo menjelaskan, dipilihnya Kota Medan menjadi tempat Kantor Perwakilan LPS di wilayah Sumatera tentunya memiliki pertimbangan. Sebab, semula kantor perwakilan di wilayah Sumatera ini diusulkan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) lantaran memiliki jumlah dan masalah yang banyak terkait Bank Perekonomian Rakyat (BPR).

“Pertimbangan kenapa didirikan kantor perwakilan wilayah Sumatera di Medan, karena pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara jauh lebih tinggi dibandingkan di Sumatera Barat. Apalagi tugas utama LPS terkait stabilitas sistem keuangan, yaitu pencegahan penanganan sistem keuangan.

Di sisi lain, kantor regional Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berlokasi di Medan,” terang Hermawan didampingi Kepala Kantor Perwakilan LPS I Medan, Muhamad Yusron saat acara Temu Media dengan jurnalis di Medan, Kamis 25 April 2024.

Hermawan menuturkan, Kantor Perwakilan LPS I Medan ini nantinya akan mencakup seluruh wilayah Sumatera. “Wilayah operasional Kantor Perwakilan LPS I Medan ini mirip dengan OJK Kantor Regional 5 Sumbagut, yang membawahi sejumlah provinsi di Sumatera.

Akan tetapi, karena baru tahun pertama maka difokuskan hanya wilayah Medan atau Sumut saja. Selanjutnya, akan ekspansi ke wilayah Sumatera lain seperti Aceh, Sumatera Barat dan sebagainya,” tuturnya.

Ia menyebutkan, selain di Medan, Kantor Perwakilan LPS juga hadir di Surabaya dan Makassar. Kehadiran LPS di berbagai daerah diharapkan pula dapat meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat mengenai program penjaminan, baik perbankan maupun asuransi. Dengan begitu, kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan semakin bertambah.

Menurut Hermawan, pembukaan Kantor Perwakilan LPS I Medan adalah salah satu implementasi dari mandat LPS sesuai dengan UU Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK).

Sejak UU P2SK diterbitkan, maka LPS akan mengemban kewenangan dan tanggung jawab baru. Selain fungsi penjaminan dan fungsi memelihara stabilitas sistem perbankan, LPS juga akan menjalankan fungsi atau program penjaminan polis asuransi sesuai dengan kewenangannya.

“Dengan semakin luasnya mandat LPS, maka LPS membuka tiga Kantor Perwakilan di daerah yaitu di Medan, Surabaya, dan Makassar. Hal ini sekali lagi bertujuan agar LPS bisa lebih dekat dengan masyarakat dalam menghadirkan layanan, edukasi dan penjaminan kepada nasabah di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan LPS I Medan, Muhamad Yusron mengatakan, Kantor Perwakilan LPS I Medan direncanakan akan diresmikan oleh Penjabat Gubernur Sumut Hassanudin pada 3 Mei 2024 mendatang. Nantinya, Kantor Perwakilan LPS I Medan ini berlokasi di Gedung Sinarmas Plaza Medan, Jalan Diponegoro.

Lebih lanjut Yusron mengatakan, Sumut merupakan salah satu daerah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia. Hal ini terlihat dari pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun lalu yang mencapai 5,01 persen.

Pertumbuhan ekonomi Sumut tersebut berbanding lurus dengan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan likuiditas perbankan di Sumatera Utara. Hingga Februari 2024, perbankan Sumut tumbuh 6,31 persen secara year on year (yoy) dengan total DPK mencapai Rp320,30 triliun atau tumbuh sebesar 2,83 persen yoy.

“Dengan pertumbuhan ekonomi yang relatif stabil, Sumatera Utara menjadi salah satu daerah penyokong pertumbuhan ekonomi Sumatera secara umum. Untuk itu, kami merasa perlu hadir lebih dekat ke masyarakat guna meningkatkan edukasi keuangan (literasi finansial) agar layanan keuangan dapat benar-benar dirasakan masyarakat khususnya nasabah perbankan,” ujar Yusron.

Dia menambahkan, sebagai rangkaian perkenalan Kantor Perwakilan LPS I Medan, LPS akan menyelenggarakan kegiatan Run The City pada Minggu 5 Mei 2024. Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan LPS kepada masyarakat Sumatera Utara. “Kegiatan tersebut direncanakan akan diselenggarakan di Lapangan Benteng serta ditargetkan akan diikuti sekitar 1.000 peserta,” pungkasnya. (*)

Reporter: M Idris

Editor: M Idris

Teks foto: Kepala Kantor Persiapan PPRP dan Hubungan Lembaga LPS, Hermawan Setyo Wibowo (tengah) bersama Kepala Kantor Perwakilan LPS I Medan, Muhamad Yusron (kanan) saat acara Temu Media di Medan. (M Idris)

Konten Terkait

Ayo Segera, Ratifikasi 7 Perjanjian Dagang Internasional

Val Vasco Venedict

Telkomsel Hadirkan Paket Internet Roaming Asia Tenggara

Editor prosumut.com

Hindari Risiko, Masyarakat Harus Paham Redenominasi

admin2@prosumut