Prosumut
Lifestyle

Begini Tips Buat Vlog A Day in My Life dengan Samsung Galaxy M54 5G

PROSUMUT – Geliat media sosial memunculkan tren-tren baru oleh para content creator, salah satunya adalah tren A Day in My Life. Dalam konten ini, si content creator akan membagikan berbagai aktivitasnya selama seharian.

Konten semacam ini ternyata menarik banyak perhatian. Di platform TikTok saja, baru-baru ini konten semacam itu telah mendapat lebih dari 17 juta penayangan. Di aplikasi video editing CapCut, terdapat 25 template A Day in My Life dan sudah digunakan 3 juta kali lebih.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ilham Indrawan mengungkapkan, Samsung telah memperkenalkan smartphone baru Galaxy M54 5G, yang mampu memenuhi kebutuhan generasi muda untuk membuat berbagai konten kekinian, termasuk vlog A Day in My Life itu.

“Gen Z ini membutuhkan perangkat yang membuat mereka tetap kekinian dan ikut atau bahkan menciptakan trennya sendiri. Galaxy M54 5G yang #GakAdaMatinya bisa menjadi sobat mereka untuk mengekspresikan diri,” ungkap Ilham dalam siaran pers yang diterima, Kamis 30 November 2023.

Samsung Galaxy M54 5G dilengkapi dengan kamera 108MP, diperkuat OIS untuk mengambil konten terbaik, baterai 6.000mAh, dan layar luas 6,7 inci FHD+ Super AMOLED+ sehingga tampilan gambar yang jernih.

“Membuat dan menikmati konten serta bermacam aktivitas lainnya, Galaxy M54 5G siap menemani keseharian para Gen Z yang inspiratif,” sambung Ilham.

Bagi yang ingin bikin vlog A Day in My Life, bisa mencoba inspirasi outline konten vlog dengan Galaxy M54 5G.

Pertama, dimulai dari saat bangun tidur dan mengawali rutinitas pagi hari di rumah, apartemen, atau kos. Sampaikan perkenalan singkat.

Bebas mau pakai kamera belakang Galaxy M54 5G yang memiliki formasi triple camera dengan lensa utama 108MP, lensa ultra-wide 8MP, dan lensa makro 2MP. Atau menggunakan kamera depan 32MP yang juga mampu menghasilkan video yang jernih, tajam, dan warna-warna yang kaya.

Gunakan fitur hyperlapse yang ada di Galaxy M54 5G untuk merekam beberapa kegiatan mengawali hari, seperti saat bangun tidur, merapikan tempat tidur, juga momen-momen seperti mempersiapkan sarapan dan menikmatinya di meja makan.

Bahkan bisa ditambahkan cerita tentang rencana hari ini. Bereksperimen lah dengan angle-angle yang berbeda dan komposisi untuk memberikan elemen visual yang menarik dalam vlog.

Kedua, aktivitas di kampus atau kantor, bisa merekam perjalanan ke kampus atau ke kantor. Rekam apa yang terjadi saat naik turun public transport, beli kopi kekinian sebelum masuk kelas atau ruang kerja. Hingga akhirnya memulai kelas atau aktivitas pekerjaan.

Supaya lebih inspiratif, bisa berikan insight sedikit tentang apa yang dikerjakan sehari-hari. Boleh juga tambahkan tips singkat yang relate dengan perkuliahan, bidang studi, atau yang terkait dengan profesi maupun pekerjaan sehari-hari.

Tepat pukul 12 siang, saatnya untuk makan siang. Ceritakan ke mana makan siang hari ini, dengan siapa ke sana? Libatkan teman makan siang dalam vlog. Tampilkan menu makan siang dan interaksi dengan teman-teman.

Untuk membantu merekam gambar dengan komposisi yang pas, bisa memanfaatkan fitur Shot Suggestion. Saat diaktifkan, fitur ini akan menampilkan panduan berupa lingkaran kecil di layar Galaxy M54 5G yang akan mengarahkan menghasilkan foto dengan komposisi yang ideal.

Cara mengaktifkannya, buka kamera, tap Settings. Lalu geser tombol Shot Suggestion ke kanan untuk mengaktifkan.

Ketiga, sekembalinya dari makan siang, bisa kembali ke kampus untuk mengikuti kelas atau kembali ke kantor untuk melanjutkan pekerjaan rutin. Di sini bisa merekam kembali aktivitas saat mengikuti kelas, mendengarkan dosen, mengajukan pertanyaan, dan sebagainya. Bahkan bisa memberikan penjelasan singkat tentang mata kuliah yang sedang diikuti.

Sedangkan jika kembali ke kantor, rekam lah saat mengerjakan tugas-tugas rutin, atau saat berinteraksi dengan teman-teman kantor. Ceritakan beberapa budaya kerja yang unik dan menarik di kantor, dan mengapa bekerja di sana itu menarik?

Mungkin ada jeda waktu di antara kelas atau dalam pekerjaan rutin. Jeda waktu ini bisa dipakai untuk melakukan review sedikit terhadap hasil foto maupun klip yang sudah direkam sejauh ini.

Layar 6,7 inci FHD+ Super AMOLED+ yang ada di Galaxy M54 5G yang canggih dapat menampilkan visual yang hidup serta kaya warna. Karena itu, foto-foto maupun klip-klip yang sudah direkam bisa ditampilkan kembali dalam kualitas terbaik.

Layar smartphone ini juga sudah mendukung refresh rate 120Hz, sehingga setiap transisi di layar terlihat smooth dan lebih nyaman di mata, saat bernavigasi di galeri.

Keempat, sepulang kuliah atau kerja, pergilah makan malam lalu bersantai dengan teman atau pasangan untuk menikmati senja. Rekam lah kegiatan saat berburu street food, nongkrong di kafe atau resto yang lagi hype, atau duduk-duduk di taman outdoor bertabur lampu dengan pemandangan yang scenic.

Kamera di Galaxy M54 5G sangat mumpuni untuk merekam foto dan video, sebab lensa utama smartphone ini sudah didukung OIS dan Video Digital Image Stabilization (VDIS).

OIS secara mekanis akan merespons guncangan yang terdeteksi pada smartphone, sehingga kamera akan merekam foto dengan lebih tajam dan stabil. Sedangkan VDIS yang telah disempurnakan secara digital akan mengurangi tingkat keburaman (blurring) atau distorsi dalam video supaya hasilnya lebih stabil.

Manfaatkan fitur zoom untuk mendekatkan plang nama kafe kekinian yang menjadi tujuan atau kios-kios street food yang dincar. Smartphone ini sudah diperkuat Hybrid Optic zoom 3x untuk merekam objek yang jauh dengan gambar-gambar tajam dan mendetail.

Jangan lupa rekam klip-klip kecil atau gambar-gambar close-up, seperti ekspresi abang penjual, ekspresi teman-teman, dan sebagainya, yang akan memperkaya informasi dan visual dalam vlog. Simpan semua file foto dan video di smartphone ini tanpa khawatir kehabisan tempat. Sebab, Galaxy M54 5G ini sudah dibekali internal storage 256GB dan bisa ditambah dengan kartu memori eksternal microSD hingga 1TB.

Terakhir, saatnya pulang. Setelah beres-beres dan bersih-bersih, waktunya melanjutkan vlog. Bisa menyampaikan apa yang menjadi refleksi dari kegiatan hari ini, seperti hal-hal yang sudah dicapai, atau pembelajaran apapun yang didapatkan.

Tunjukkan aktivitas yang biasa dilakukan sebelum tidur. Baca buku, streaming film atau scrolling medsos di smartphone. Lalu akhiri vlog dengan sedikit ringkasan dan di paling akhir, tutup dengan ucapan terima kasih dan ajakan untuk memberikan like, komentar, atau share.

Sebelum posting tentunya perlu mengedit semua foto dan klip-klip menjadi satu kesatuan konten. Gunakan apps editing video favorit, pangkas bagian yang tidak perlu dan atur rekaman secara kronologis untuk menciptakan alur cerita yang koheren. Gunakan transisi, musik, dan overlay text untuk meningkatkan flow dan daya tarik visual di vlog.

Agar menyempurnakan konten dapat melakukan koreksi menggunakan fitur Object Eraser untuk menghapus bayangan dan pantulan, atau hal-hal yang mengganggu dalam fotomu. Caranya, buka apps Gallery, lalu pilih foto. Tap pada gambar pencil di menu yang ada di bawah foto. Lalu tap pada ikon titik tiga vertical di pojok kanan bawah, pilih Object eraser. Pilih area yang hendak dihapus. Lalu tap Erase. Kalau ok, pilih Done.

Itulah inspirasi vlog A day in My Life yang bisa dicoba dengan Samsung Galaxy M54 5G yang canggih. Tak perlu khawatir menggunakan Galaxy M54 5G untuk konten seharian karena performanya benar-benar bisa diandalkan.

Smartphone ini sudah menggunakan prosesor Exynos 1380 dengan peningkatan kinerja CPU hingga 12 persen lebih dan GPU hingga 18 persen lebih dibandingkan pendahulunya. Dengan performa sebesar itu dan didukung oleh RAM 8GB, membuat, mereview, menikmati konten, dan beraktivitas lainnya pasti lancar.

Samsung Galaxy M54 5G hadir dalam dua pilihan warna, yakni elegan Dark Blue dan Silver. Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 6.499.000 di toko daring dan gerai retail Samsung terdekat, atau juga via aplikasi Samsung Shop. (*)

Editor: M Idris

Konten Terkait

Hadir di Medan, Siti Badriah: Glafidsya Medika Tetap Nomor Satu

Editor Prosumut.com

Batik Medan Pesona Pengunjung Pekan Inovasi dan Investasi Sumut 2019

Ridwan Syamsuri

Tips Bikin Konten Food Vlogging Lebih Epic Pakai Samsung Galaxy S21 FE 5G

Editor prosumut.com