Prosumut
Lingkungan

Ustaz Sahabat Ganjar Tanam Ratusan Bibit Mangrove di Desa Selotong

PROSUMUT – Simpatisan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar terus memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat, salah satunya upaya konservasi lingkungan dengan penanaman bibit mangrove guna memitigasi terjadinya abrasi di wilayah pesisir.

Kurang lebih ada ratusan bibit tanaman mangrove yang diserahkan untuk ditanam bersama masyarakat di Desa Selotong, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sumut, pada Jumat 20 Oktober 2023.

Koorda Usbat Ganjar Kabupaten Langkat, Muhammad Rizki mengungkapkan, aksi ini merupakan tindak lanjut dari aspirasi masyarakat yang resah atas terjadinya abrasi di wilayah tersebut setiap beberapa bulan sekali.

“Kegiatan ini permintaan dari masyarakat karena kejadian-kejadian yang selama ini telah terjadi baik itu abrasi dan juga banjir sehingga datang masyarakat ke kami bagaimana edukasi Penanaman mangrove ini bisa dilaksanakan di desa ini karena kejadian-kejadian tersebut,” kata Rizki dalam siaran pers yang diterima, Sabtu 21 Oktober 2023.

Momentum kebersamaan itu menciptakan suasana kekeluargaan dan keakraban diantara mereka.

Semangat untuk merawat kelestarian lingkungan alam diperlihatkan dengan aksi penanaman bersama kali ini.

Pohon mangrove atau juga dikenal juga dengan bakau adalah jenis tanaman yang tumbuh di semak-semak atau hutan lebat di muara, rawa, atau pantai.

Penanaman mangrove berguna untuk membantu menstabilkan ekosistem dan mencegah abrasi. Selain menanam bersama, Usbat Ganjar Sumut juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait budidaya tanaman mangrove tersebut.

“Harapan kami bagaimana kegiatan ini mampu untuk menahan dan memperbaiki ekosistem di daerah pesisir pantai khususnya di desa kita ini di Selotong dan juga menahan-nahan abrasi dan juga banjir yang ada di daerah pesisir pantai,” pungkas dia.

Tokoh masyarakat Desa Selotong, Syahril Al Habil (47) menjelaskan, setiap enam bulan sekali wilayah setempat merasakan terjadinya abrasi atau pengikisan tanah.

Ia berharap dengan adanya aksi penanaman, bantuan bibit mangrove, dan edukasi dari Usbat Ganjar mampu mencegah terjadinya abrasi.

“Kami ucapkan beribu terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan mangrove di desa kami. Di mana kiranya mudah-mudahan bantuan ini sangat bermanfaat yang kami harapkan dari dulu, kiranya dapat lebih baik lagi yang namanya hutan yang ada di wilayah sekitar kami,” ujarnya. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

Konten Terkait

Anggota DPRD Medan Minta Pemko Sikapi Keluhan Warga Terdampak Krisis Air Bersih

Editor prosumut.com

Yayasan Mahija Parahita Nusantara & Frestea Lanjutkan Komitmen Dukung Pahlawan Daur Ulang

Editor prosumut.com

Dirjen KLHK Dukung TPL Jaga Konsistensi Penyerapan Karbon di Areal Konsesi

Editor prosumut.com