Prosumut
Lingkungan

Lestarikan Lingkungan Belawan, Pertagas ONSA Tanam 500 Mangrove

PROSUMUT – PT Pertamina Gas (Pertagas) yang merupakan Afiliasi Sub Holding Gas Pertamina melakukan langkah pelestarian lingkungan dengan menanam pohon mangrove di Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan Kota Medan beberapa waktu lalu.

Melalui unit usaha Pertagas yakni Operation North Sumatera Area (ONSA), Pertagas menanam 500 pohon mangrove jenis Rhizophora Apiculata atau yang sering dikenal dengan bakau pucuk merah.

Kegiatan penanaman pohon ini bertujuan untuk mendukung upaya melindungi area pesisir Belawan dari erosi akibat serbuan ombak. Selain itu, juga mencegah bencana banjir sekaligus mengikutsertakan masyarakat dalam melestarikan lingkungan.

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi bersama pemerintah dan kelompok tani mangrove di Kelurahan Bahari dalam upaya penyelamatan pesisir serta ekosistem lahan bakau,” kata Head of District Medan Pertagas ONSA, Emirza Wicaksono dalam keterangan tertulisnya, Jumat 29 September 2023.

Turut hadir Lurah Belawan Bahari, Kepala Lingkungan 12, Babinsa, Kelompok tani mangrove, Branch Manager Rumah Zakat selaku Pelaksana yang ditunjuk Pertagas dalam melaksanakan CSR di wilayah Medan dan Aceh.

Lurah Belawan Bahari, Daniel Simanjuntak menyambut baik kegiatan ini. “Kami berterima kasih atas upaya Pertagas dan partisipasi semua pihak yang terlibat. Semoga mangrove yang kita tanam bersama ini tumbuh dengan baik untuk melindungi lingkungan Belawan Bahari,” ujarnya.

Terpisah, Manager Communication Relation dan CSR Imam Rismanto menyampaikan penanaman pohon mangrove merupakan upaya pertagas dalam mendukung net zero emission. Pertagas berkomitmen untuk terus peduli terhadap lingkungan salah satunya dengan melakukan program penanaman mangrove.

Program CSR Pertagas sejalan dengan pengelolaan bisnis Perusahaan dengan mengedepankan Environment, Social, Governance (ESG) serta sesuai dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) dengan pilar ke-13 Penanganan Perubahan Iklim. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

Konten Terkait

Anggota DPRD Medan Minta Pemko Sikapi Keluhan Warga Terdampak Krisis Air Bersih

Editor prosumut.com

Dirjen KLHK Dukung TPL Jaga Konsistensi Penyerapan Karbon di Areal Konsesi

Editor prosumut.com

Ustaz Sahabat Ganjar Tanam Ratusan Bibit Mangrove di Desa Selotong

Editor prosumut.com