Prosumut
Pendidikan

Unpab Duduki Peringkat Teratas PTS di Sumut Versi EduRank

PROSUMUT – Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan berhasil mencetak sejarah baru dengan masuk ke urutan Top 1 Universitas Terbaik di Sumatera Utara (Sumut) tahun 2023 untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS), yang dirilis oleh lembaga pemeringkatan EduRank.

EduRank adalah peringkat berbasis metrik yang independen dan melibatkan 14.131 universitas dari 183 negara.

Lembaga pemeringkat kampus berbasis di Amerika Serikat ini, menggunakan basis data dengan indeks 44.909.300 publikasi ilmiah dan 1.237.541.960 kutipan untuk memeringkat universitas ke dalam 246 topik penelitian.

EduRank juga memiliki 3 kriteria penting dalam penilaian, 45 persen kinerja penelitian yang menggunakan database Microsoft Academic.

Kemudian, 45 persen dilihat dari keunggulan non-akademik dan kriteria yang terakhir ialah 10 perse dari skor alumni.

Indikator ini mencerminkan gabungan jumlah tampilan halaman yang dimiliki oleh lulusan universitas dan individu terafiliasi lainnya di 43 versi bahasa Wikipedia.

Rektor Unpab Dr H Muhammad Isa Indrawan SE MM menyatakan, PTS yang dipimpinnya mengalami lompatan quantum atau lompatan yang sangat luar biasa dan membanggakan. Ia pun meyakini Unpab akan semakin maju kedepannya.

Kemajuan pendidikan Unpab bisa dilihat dari kesiapan infrastruktur pendidikan yang terus ditingkatkan.

Pembangunan gedung kampus yang dilakukan Unpab sampai saat ini sudah mencapai kampus ketiga yang ada di Jalan Ayahanda, sementara kampus utamanya terletak di Jalan Gatot Subroto.

Selain itu, seluruh civitas akademika Unpab bersinergi sehingga mampu untuk fokus menjalankan program-program pendidikannya dalam rangka mencapai target World Class University (WCU) di tahun 2033.

“Masuk ke dalam PTS terbaik pertama di Sumatera Utara tentunya tidak mudah, mengingat banyaknya universitas yang ada di Sumut ini.

Namun, Unpab berhasil melakukan kerja sama dengan mitra kampus internasional sebagai langkah menuju WCU di tahun 2033, salah satunya dengan Universitas Pahang Malaysia,” ungkap Isa Indrawan, Kamis 15 Juni 2023.

Ia juga menyatakan, saat apel pagi selalu mengingatkan seluruh pegawai/dosen/struktural serta mahasiswa/i Unpab untuk selalu bersinergi dalam melakukan pembenahan program-program yang mendukung pengembangan kualitas pendidikan dan layanan akademik.

Kemajuan dan pengembangan Unpab juga dapat dilihat dari capaian prestasi yang terus diraih oleh mahasiswa/i, baik skala nasional maupun internasional.

“Harapannya, Unpab dapat segera ‘duduk’ di kancah internasional dan menjadi best of the best universitas yang ada di dunia,” harap Isa Indrawan. (*)

Editor: M Idris

Konten Terkait

Seleksi Kompetensi Sains Nasional, Kadisdik Batubara Beri Nasihat ke Siswa

admin2@prosumut

FISIP UMSU Gandeng PFI Medan Gelar Pameran Foto Multikultural Cullens Exhibition 2024

Editor prosumut.com

Sampoerna Academy Gelar STEAM Expo 2024, Dorong Lahirnya Calon Inovator Muda

Editor prosumut.com