Prosumut
Kesehatan

RSUP Haji Adam Malik Kini Bisa Operasi Transplantasi Ginjal Secara Mandiri

PROSUMUT – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP H Adam Malik) kini sudah bisa melakukan operasi transplantasi ginjal secara mandiri.

Program transplantasi ginjal secara mandiri ini bisa dilakukan, setelah berhasil melakukan operasi cangkok ginjal yang ketujuh kali.

Sejauh ini, operasi transplantasi ginjal dilakukan oleh Tim Transplantasi Ginjal RSUP H Adam Malik dengan pendampingan dari Tim Transplantasi Ginjal RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta sebagai rumah sakit pengampu nasional layanan uronefrologi.

Namun, setelah operasi transplantasi ginjal yang ketujuh ini, selanjutnya rumah sakit milik pemerintah tersebut sudah bisa mandiri.

“Hari ini kami telah menyelesaikan pengampuan di RSUP H Adam Malik, transplantasi ginjal yang ketujuh.

Alhamdulillah pada hari ini RSUP H Adam Malik sudah bisa mandiri. Mudah-mudahan atas dukungan dari manajemen, perkembangan layanan transplantasi ginjal berjalan dengan baik dan lebih cepat,” ujar Tim Transplantasi Ginjal RSCM Jakarta, Prof Dr dr Nur Rasyid SpU(K) setelah melakukan operasi pada Senin 4 Maret 2024.

Atas pencapaian ini, Direktur Utama RS Adam Malik dr Zainal Safri MKed(PD) SpPD-KKV SpJP(K) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Transplantasi Ginjal RSCM Jakarta atas bimbingannya selama ini.

Hingga saat ini, RSUP H Adam Malik sudah melakukan tujuh kali operasi transplantasi ginjal sejak tahun 2017 di bawah bimbingan tim RSCM Jakarta. Sebelumnya, sempat vakum selama pandemi Covid-19 dan aktif kembali pada akhir 2023 lalu.

“Terima kasih yang pertama sekali saya ucapkan buat tim RSCM atas bantuan yang saya rasa sudah bertahun-tahun, walaupun dipotong oleh Covid-19 tapi kita terus berkomitmen untuk melaksanakan transplantasi ginjal di RSUP H Adam Malik.

Alhamdulillah hari ini kami sudah bisa mandiri,” kata dr Zainal yang juga menegaskan bahwa layanan transplantasi ginjal ini sejalan dengan program transformasi kesehatan yang sudah dicanangkan oleh Menteri Kesehatan RI.

Operasi transplantasi ginjal yang ketujuh di RS Adam Malik ini dilakukan di ruang Kamar Bedah Emergency (KBE) Gedung Instalasi Gawat Darurat RSUP H Adam Malik sejak pukul 07.00 WIB.

Pasien resipien atau penerima donor adalah laki-laki berusia 35 tahun asal Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Sedangkan pendonor juga laki-laki, usia 31 tahun. Sebelumnya, keduanya sudah berkonsultasi dan mendapat keterangan medis dari tim dokter.

Operasi ini sendiri dilakukan oleh Tim Transplantasi Ginjal RSUP H Adam Malik yang diketuai oleh dr Alwi Thamrin Nasution SpPD-KGH. Sedangkan Tim Transplantasi Ginjal dari RSCM Jakarta selaku pengampu beranggotakan sebanyak empat dokter spesialis. Selain Prof Dr dr Nur Rasyid SpU(K), turut hadir pula dr Gerhard Reinaldi Situmorang SpU(K) PhD, Dr dr Maruhum Bonar Hasiholan Marbun SpPD-KGH, dan dr Sahat Matondang SpRad(K) secara langsung. 

Operasi cangkok ginjal ini pun menjadi yang kedua kalinya dilakukan di RSUP H Adam Malik pada tahun 2024. Terakhir kali terlaksana pada 5 Februari 2024, setelah sebelumnya pada 4 Desember 2023 menjadi operasi pertama usai vakum selama pandemi Covid-19. Saat ini, kedua pasien tersebut sudah menjalani rawat jalan dengan kondisi yang stabil. (*)

Reporter : Nastasia

Editor : M Idris

Konten Terkait

Warga Asahan Tinggal di Medan, Positif Covid-19

admin2@prosumut

Pirngadi Medan Dinobatkan Jadi Rumah Sakit Sayang Ibu

Ridwan Syamsuri

Pasca Operasi Pemisahan di RSUP HAM, Kondisi Bayi Kembar Stabil

Editor Prosumut.com