Prosumut
Ekonomi

Kuartal I 2023, Tren Belanja Online Tokopedia Meningkat

PROSUMUT – Selama kuartal I 2023, belanja online ternyata masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Hal ini sesuai dengan laporan yang menunjukkan sekitar 80 persen konsumen digital akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.

Data serupa pun tercermin di tren belanja online masyarakat di Tokopedia.

“Pada kuartal I 2023, produk seperti makanan dan minuman, perlengkapan kebersihan serta perawatan tubuh dan kecantikan menjadi beberapa produk yang paling laris di Tokopedia, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3 kali lipat, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya,” ungkap Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu 17 Mei 2023.

Pada kuartal I 2023, masyarakat melengkapi kebutuhan sehari-hari, khususnya produk makanan dan minuman di Tokopedia.

“Kami mencatat produk seperti daging dan seafood, makanan sarapan serta beras dan makanan kering (seperti beras shirataki dan kacang almond) masing-masing mengalami peningkatan transaksi lebih dari 3 lipat lipat, lebih dari 4 lipat lipat dan lebih dari 6 lipat lipat,” jelas Ekhel.

Masyarakat bisa mendapatkan berbagai bahan makanan segar dan produk kebutuhan lainnya dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran serta bebas ongkir lewat Tokopedia NOW!

Selain itu, ada pula Tokopedia NYAM! yang menyediakan flash sale mulai dari Rp10 ribu untuk berbagai pilihan menu makanan dan minuman terkurasi.

Tokopedia juga melihat adanya peningkatan transaksi pada produk perlengkapan kebersihan sebesar lebih dari 3,5 kali lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Produk seperti sabun cuci piring, pembersih kaca dan pengharum ruangan menjadi sejumlah produk perlengkapan kebersihan yang paling diburu masyarakat Indonesia.

Masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan berbagai produk perlengkapan kebersihan melalui kampanye Waktu Indonesia Bersih. Kampanye ini menawarkan promo menarik seperti diskon hingga 90 persen untuk berbagai pilihan perlengkapan kebersihan seperti cairan pembersih hingga pengharum ruangan.

“Produk perawatan tubuh dan kecantikan juga diserbu masyarakat. Kami mencatat produk perawatan tubuh dan kecantikan (seperti sampo, vitamin dan pengharum rambut) mengalami peningkatan transaksi sebesar hampir 2 kali lipat pada kuartal I 2023,” tambah Ekhel.

Dia menuturkan melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia, pihaknya berupaya untuk terus membantu pelaku usaha memanfaatkan kanal digital sebaik-baiknya.

Hal itu untuk menciptakan peluang tanpa hambatan (zero barriers) lewat berbagai inisiatif, salah satunya lewat inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal.

Di sisi lain, untuk membantu pelaku usaha menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus berpindah ke kota besar, Tokopedia menghadirkan Dilayani Tokopedia.

Layanan pemenuhan pesanan ini memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

“Data internal Tokopedia menunjukkan, pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia mengalami rata-rata peningkatan penjualan hampir 6 kali lipat,” pungkas Ekhel. (*)

Editor: M Idris

BACA JUGA:  Anggota DPRD Sumut Sebut Operasi Pasar Kurang Efektif Atasi Beras Mahal

Konten Terkait

Papan Utama Ekonomi Baru BEI, Upaya Perlindungan Investor

Editor prosumut.com

Penjualan Huawei Dibatasi AS, Cina Bikin Aksi Balasan

Editor prosumut.com

Mei 2021, Sumut Inflasi 0,22 Persen

Editor prosumut.com