Prosumut
Umum

Karya Kreatif Sumatera Utara 2024 Segera Hadir di Medan, Dimeriahkan Artis Lyodra

PROSUMUT – Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 akan segera hadir di Kota Medan. Gelaran tahunan yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) ini bakal dimeriahkan artis ibukota, Lyodra Ginting.

KKSU 2024 mengambil tema ‘Rap Pamajuhon Sumatera Utara’, yang berarti bersama-sama memajukan Sumatera Utara melalui pengembangan UMKM, peningkatan pariwisata, dan penguatan investasi.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sumatera Utara (Sumut), Yura Djalins mengatakan, KKSU 2024 merupakan bagian dari Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI).

Gerakan ini merupakan sebuah gerakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui belanja produk UMKM dan berwisata di dalam negeri.

“Pada tahun ini, Bank Indonesia ditunjuk menjadi campaign manager GBBI & GBBWI 2024 pada 3-7 Juli 2024 di Kota Medan yang diselaraskan dengan HUT Kota Medan.

Harvesting GBBI & GBWI dijadwalkan pada 3 Juli 2024 bertempat di Istana Maimun, dan dilanjutkan dengan rangkaian acara KKSU di Deli Park Mall hingga 7 Juli 2024,” ungkap Yura saat Bincang Bincang Media di Kantor Perwakilan BI Sumatera Utara, Medan, Kamis 20 Juni 2024.

BACA JUGA:  Wisuda Unpab ke 72, Teken Mou dengan Dua Yayasan Lingkungan dan Pemko Binjai

Yura menuturkan, rangkaian KKSU diharapkan dapat mengakselerasi pencapaian target Gerakan Nasional (Gernas) BBI-BBWI.

Antara lain, peningkatan jumlah UMKM onboarding dengan target 30 juta UMKM pada 2024, peningkatan transaksi penjualan UMKM dengan transaksi Rp 50 miliar per daerah.

Kemudian, aksi afirmasi belanja dengan target 95 persen belanja pemerintah untuk Produk Dalam Negeri (PDN), serta bangga berwisata di Indonesia dengan target 1,25-1,5 miliar perjalanan untuk wisatawan nusantara dan 14,3 juta perjalanan untuk wisatawan mancanegara sepanjang 2024.

“Secara umum agenda KKSU 2024 meliputi,
Harvesting Gernas BBI & BWI pada 3 Juli 2024 di Istana Maimun dengan kegiatan meliputi selebrasi program pengembangan UMKM, pariwisata dan investasi, pameran produk unggulan Sumatera Utara,” ujar Yura didampingi Kepala Divisi Implementasi KEKDA (Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah), Indra Kuspriyadi, Kepala Divisi Kelompok Perumusan KEKDA Provinsi, Wahyu Yuwana, dan Ketua BMPD (Badan Musyawarah Perbankan Daerah) Medan Run dari Bank Tabungan Negara, Andrianta Tarigan.

BACA JUGA:  Wisuda Unpab ke 72, Teken Mou dengan Dua Yayasan Lingkungan dan Pemko Binjai

Lebih lanjut Yura mengatakan, dalam event tersebut digelar juga KKSU Forum yang meliputi dua talkshow.

Yaitu, Talkshow Kopi dengan tema ‘Budaya Ngopi Mengakselerasi Industri dan Pertumbuhan Ekonomi’, serta Talkshow Pariwisata yang mengambil tema ‘Pesona Pariwisata Sumatera Utara yang Memikat Dunia’.

Selain itu, ada juga KKSU Competition seperti lomba Latte Art, lomba Signature Coffee, lomba Manual Brew V60, lomba Coffee Excellence, lomba desain ready to wear dengan tema ‘Sustainable Fashion’, lomba video reels destinasi wisata Sumut mendukung GBWI.

BACA JUGA:  Wisuda Unpab ke 72, Teken Mou dengan Dua Yayasan Lingkungan dan Pemko Binjai

Di samping itu, ada pula KKSU Fair yang meliputi pameran produk UMKM sektor kopi, kain/wastra, kerajinan, dan kuliner; fashion show UMKM binaan dan mitra, edukasi dan sosialisasi.

“Terdapat total 460 UMKM yang akan berpartisipasi dalam KKSU 2024 secara offline di Istana Maimun dan Deli Park. Sedangkan secara online, dapat dilihat melalui e-catalogue website www.karyakreatifsumut.com,” tandas Yura.

Kepala Divisi Implementasi KEKDA, Indra Kuspriyadi menyebutkan, event KKSU 2024 akan dimeriahkan oleh penampilan dari Lyodra Ginting. Selain itu, turut mengundang Osen Hutasoit, dan Lebah Begantong.

“Tahun ini kita kembali mengundang Lyodra, kita undang karena Lyodra ini asal Sumut dan istilahnya pulang kampung lah dan ini gratis untuk umum,” ucap Indra.

Lyodra akan tampil pada pembukaan KKSU pada 3 Juli 2024 bersama Lebah Begantong di Istana Maimun Medan. (*)

Reporter: M Idris

Editor: M Idris

Konten Terkait

Hari Kelima Ops Zebra Toba 2019, Ada 2.291 Kendaraan Ditilang

Editor prosumut.com

317 Polisi Akan Amankan Pilkades di Langkat

Editor prosumut.com

Tuntut Hak, Puluhan Buruh Lansia TKBM Belawan Minta Bantuan Wali Kota Medan

Editor prosumut.com