Prosumut
Ekonomi

Digelar Bersamaan NSI Day, BI Targetkan Karya Kreatif Sumatera Utara 2024 Tembus Transaksi Rp50 M

PROSUMUT – Gelaran Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2024 yang akan digelar di Kota Medan oleh Bank Indonesia (BI), digelar bersama dengan event North Sumatra Invest (NSI) Day 2024.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sumatera Utara (Sumut), Yura Djalins mengatakan, NSI Day merupakan ajang pameran investasi di Sumatera Utara.

Berbagai kegiatan NSI yang dirangkaikan, berupa pameran proyek investasi dari 13 kabupaten/kota di Sumatera Utara, selebrasi Letter of Intent (LoI) investasi terkait pariwisata dalam rangka mendukung Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), serta one-on-one meeting dengan investor potensial.

“Bank Indonesia turut mendorong investasi di daerah melalui North Sumatra Invest. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dalam menjaga perspektif positif melalui berbagai program.

BACA JUGA:  Pertamina UMK Academy 2024 Beri Energi Baru Menuju UMK Maju

Antara lain, penggalian proyek investasi strategis di daerah melalui kompetisi penyusunan dokumen peluang investasi di daerah melalui NICe (NSI Investment Challenge) yang merupakan kompetisi penyusunan dokumen investasi awal yang siap ditindaklanjuti dengan program NSI Incubator.

Kemudian, kegiatan site visit bersama Konsulat Jenderal dan Konsul Kehormatan Negara Sahabat yang berkantor di daerah berupa tinjauan langsung ke lokasi proyek investasi strategis di daerah untuk memberikan gambaran langsung status clean and clear dari suatu proyek investasi pada 25-26 Juni 2024.

Selanjutnya, melalui NSI Day yang merupakan flagship event promosi investasi setiap tahun dilaksanakan sejak tahun 2022 dimana tahun ini disinergikan dengan KKSU,” ungkap Yura saat Bincang Bincang Media di Kantor Perwakilan BI Sumatera Utara, Medan, Kamis 20 Juni 2024.

BACA JUGA:  Pertamina UMK Academy 2024 Beri Energi Baru Menuju UMK Maju

Yura menuturkan, rangkaian KKSU diharapkan dapat mengakselerasi pencapaian target Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI)-BBWI.

Antara lain, peningkatan jumlah UMKM onboarding dengan target 30 juta UMKM pada 2024, peningkatan transaksi penjualan UMKM dengan transaksi Rp50 miliar per daerah.

Kemudian, aksi afirmasi belanja dengan target 95 persen belanja pemerintah untuk Produk Dalam Negeri (PDN), serta bangga berwisata di Indonesia dengan target 1,25-1,5 miliar perjalanan untuk wisatawan nusantara dan 14,3 juta perjalanan untuk wisatawan mancanegara sepanjang 2024.

“Rangkaian KKSU dan NSI Day akan ditutup dengan BMPD Medan Run pada 7 Juli 2024 di Lapangan Benteng yang berkolaborasi bersama perbankan di Sumatera Utara

BACA JUGA:  Pertamina UMK Academy 2024 Beri Energi Baru Menuju UMK Maju

Lomba lari tersebut memiliki 2 kategori, yakni 5K dan 10K dengan biaya pendaftaran bervariasi, mulai dari Rp250 ribu rupiah,” sebut Yura didampingi Kepala Divisi Implementasi KEKDA (Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah), Indra Kuspriyadi, Kepala Divisi Kelompok Perumusan KEKDA Provinsi, Wahyu Yuwana, dan Ketua BMPD (Badan Musyawarah Perbankan Daerah) Medan Run dari Bank Tabungan Negara, Andrianta Tarigan.

Dia menambahkan, Bank Indonesia akan terus mendukung pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia sebagai langkah nyata inovasi dan sinergi dalam rangka mendorong semangat bangga produk dan wisata lokal. (*)

Reporter: M Idris

Editor: M Idris

Konten Terkait

Virus Corona Buat Nelayan Langkat Cemas, Permintaan Lobster Turun

Editor prosumut.com

Nilai Tukar AS Hari Ini Jatuh

Editor prosumut.com

Inisiatif Telkomsel Jaga Bumi, Luncurkan Program Carbon Offset

Editor prosumut.com