Prosumut
Kesehatan

RSCA Medan Hadirkan Layanan Edukasi dan Konsultasi Kesehatan Gratis

PROSUMUT – Guna meningkatkan kualitas pelayanan untuk menjadi Pusat Layanan Kesehatan kepada masyarakat Sumatera Utara khususnya Kota Medan, Rumah Sakit Columbia Asia (RSCA) Medan menghadirkan layanan edukasi dan konsultasi kesehatan kepada masyarakat.

Layanan tersebut dapat digunakan melalui fasilitas dan pelayanan Education and Advisory Centre (EAC) RSCA Medan, yang terletak di lantai dasar.

General Manager RSCA Medan, Deny Hidayat menjelaskan layanan EAC ini bertujuan untuk menjadi media bagi masyarakat Kota Medan yang ingin mendapatkan informasi kesehatan secara lengkap, seperti berkonsultasi dengan dokter serta mendapatkan informasi pilihan dokter yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pasien.

Informasi layanan kesehatan yang lainnya juga bisa didapatkan di EAC dan layanan ini didapatkan secara gratis.

“Layanan dibuka pada Senin sampai dengan Sabtu, mulai pukul 10.00 hingga 19.00 WIB,” ungkap Deny dalam temu pers dengan wartawan, Rabu 10 Mei 2023.

Deny menyebut pada layanan ini terdapat seorang dokter umum dan perawat. Mereka akan memberikan edukasi kepada pasien, siapa saja secara gratis.

“Pasien tinggal datang saja, nanti akan diberikan edukasi dan konsultasi tentang masalah kesehatan pasien.

Dalam layanan ini pasien tidak melulu untuk diarahkan ke layanan RSCA saja, nantinya disarankan berobat ke rumah sakit lain yang bisa menangani masalah kesehatan pasien,” sebut Deny didampingi Direktur RSCA Prof Dr dr Sutomo Kasiman SpPD SpJP (K), Medical Service Manager, dr Sabar Petrus Sembiring, Kepala Keperawatan, Eva Sri Dewi, dan Operation Manager, Natalina Rumapea.

Menurut Deny, hadirnya layanan EAC tersebut, mungkin satu-satunya rumah sakit di Indonesia yang memiliki layanan edukasi dan konsultasi kesehatan secara gratis.

Hanya saja, dalam edukasi itu tidak boleh mengeluarkan resep obat. Artinya, hanya mengedukasi, memberitahu kepada pasien penyakitnya apa. Kemudian, baiknya berobat ke dokter mana? Lalu, sebaiknya melakukan treatment atau operasi?

“Semoga layanan ini bisa memberikan pemahaman lebih kepada masyarakat tentang kesehatan, sehingga dapat mengefisienkan waktu dan biaya,” ucapnya.

Lebih lanjut Deny menyampaikan layanan kesehatan RSCA Medan yang tidak kalah pentingnya juga adalah Layanan Sunday dan Holiday Clinic.

“Layanan ini memang sudah berjalan selama ini. Akan tetapi, sejak April 2023, Layanan Sunday dan Holiday Clinic yang tadinya hanya melayani pada 1 sesi saja yaitu pagi hari pukul 09.00-13.00 WIB.

Namun, saat ini sudah dikembangkan menjadi 2 sesi, yaitu sesi pagi pukul 09.00-13.00 WIB dan sesi siang 13.00-17.00 WIB,” terang Deny.

Selain itu, untuk memaksimalkan layanan fisioterapi, pihaknya juga menambah jam operasional di hari Minggu.

Awalnya beroperasional pukul 08.00-12.00
WIB, namun saat ini menjadi pukul 08.00-17.00 WIB dan ditargetkan pada bulan Juli 2023 akan beroperasional sampai pukul 21.00 WIB.

“Tak hanya penambahan jam operasional, dalam waktu dekat akan dilakukan penambahan jumlah bed agar semakin mengoptimalkan layanan kepada pasien,” sambung Deny.

Dia menuturkan bagi masyarakat Kota Medan yang ingin melakukan pemeriksaan di Radiologi RSCA Medan, tidak perlu khawatir lagi karena layanan tersebut siap melayani pasien 24 jam khususnya pada
pemeriksaan MRI dan CT-Scan. Para tim radiologi dan dokter selalu siap dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pasien.

“Penambahan layanan baru yang akan di-launching oleh Rumah Sakit Columbia Asia Medan adalah Mini Surgery. Layanan ini bertujuan agar pasien yang akan melakukan tindakan operasi kecil tidak harus
dilakukan di ruang operasi namun dapat dilakukan di layanan Mini Surgery.

Pada layanan tersebut nantinya akan ditangani langsung oleh dokter spesialis bedah umum yang selalu siap melayani pasien Rumah Sakit Columbia Asia Medan.

Layanan ini kita kembangkan untuk mempermudah masyarakat Medan mendapatkan layanan kesehatan serta
diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat Rumah Sakit Columbia Asia Medan,” pungkas Deny.

Direktur RSCA Prof Dr dr Sutomo Kasiman menambahkan masyarakat yang melakukan konsultasi tidak harus melakukan perawatan di RSCA Medan.

“Setelah konsultasi, pasien tidak harus dirawat di sini. Tapi tentu nanti tim kita akan menginformasikan berbagai pelayanan yang ada di Rumah Sakit Columbia Asia Medan, menganjurkan pasien sekurang-kurangnya bisa menggunakan layanan poliklinik.

Namun, seandainya kita tidak memiliki keahliahan seperti yang diduga sakitnya calon pasien ini, maka kita akan senang hati merujukkan ke rumah sakit yang lain sehingga mendapatkan pelayanan yang terbaik,” ujarnya. (*)

Editor: M Idris

Konten Terkait

Kadis DLH Labuhanbatu Tolak Hasil Swab Covid-19 

Editor Prosumut.com

Covid-19 di Sumut Capai 2.693 Orang

admin2@prosumut

Cegah Penyebaran Covid-19, Satlantas Polrestabes Medan Bersih-bersih

admin2@prosumut