Prosumut
Kesehatan

Pengurus PDEI Sumut Dilantik, Pelayanan Emergensi Jadi Wajah Rumah Sakit

PROSUMUT – Pengurus Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) Sumut resmi dilantik, Minggu 16 April 2023.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua IDI Sumut dr Ramlan Sitompul, dan dr Rizky Ardiansyah terpilih sebagai Ketua PDEI Sumut.

Para pengurus PDEI Sumut yang dilantik, terdiri dari kalangan dokter spesialis dan dokter umum.

“Tidak semua dokter spesialis yang berminat emergensi. Gitu juga dengan dokter umum gak semuanya berminat ini. Tapi kita yang berminat emergensi menargetkan kualitas pelayanan emergensi,” kata dr Rizky Ardiansyah saat diwawancara usai pelantikan.

Menurutnya, penanganan pasien darurat di rumah sakit harus ditingkatkan mutu layanan. Ke depannya, PDEI akan memberi masukan ke rumah sakit agar dokter-dokternya dilatih.

“Jangan hanya tahu ada dokter tetapi gak dilatih dokternya untuk penanganan emergensi, itukan penting sekali. Wajahnya rumah sakit terlihat di emergensi. Kalau penanganan di IGD bagus pelayanannya, pasti rumah sakitnya dinilai bagus sama masyarakat,” ujarnya

Program awal, ke depannya akan membuat rapat kerja, konsolidasi dan mengusulkan ke pemerintah bagaimana membuat pelatihan ke dokter-dokter yang bekerja di rumah sakit.

“Mungkin semua tim di rumah sakit tidak hanya dokter saja. Kalau bisa IGD nya itu ada standarisasi. Dokternya itu misalnya dia dokter umum dia sudah bisa apa ya kan. Dokter umum atau bisa diganti lagi. Ada penyegaran lah,” ungkapnya.

Saat ini ditanyakan bagaimana pelayanan emergensi di Sumut, ia mengungkapkan tidak ada pembanding. Namun, harapan masyarakat sangat banyak agar pelayanan emergensi itu ditangani dengan baik dan pasien tidak ditolak.

“Jadi ada satu penanganan emergensi yang dilakukan kalau memang keadaan emergensi ditangani dijelaskan kepada keluarga. Kalau memang masalahnya sarana prasarana karena ICU penuh, PICU penuh atau segala macam, maka diambil solusi bagaimana komunikasi antar rumah sakit. Sehingga pasien ini tidak merasa pasien ditolak. Padahal kalau dijelaskan dan kalau dia dapat penanganan emergensi pasti sudah tenang,” tuturnya.

Selain itu, salah satu pelayanan emergensi yang misalnya ICU penuh tanggung jawabnya seperti apa. “Seharusnya rumah sakit yang mencari ICU itu, bukan pasien ya. Seharusnya. Cuma kadang-kadang ada pasien yang tidak sabar sehingga mencari sendiri,” pungkasnya. (*)

Editor: M Idris

BACA JUGA:  Fasilitas Tower A RSU Haji Medan Sudah Terisi 30 Persen

Konten Terkait

Sempat Dikabarkan Meninggal, Pasien Covid-19 Asahan Masih Dirawat

admin2@prosumut

RSUP HAM Gandeng Bank Mandiri Gelar Donor Darah Mobile

Editor prosumut.com

Bayi Kembar Siam, Adam dan Aris Sudah Makan Bubur

Editor Prosumut.com