Prosumut
Peristiwa

Pengibaran Bendera Merah Putih di Parlilitan Berlangsung Lancar

PROSUMUT – Pelaksanaan upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 dipusatkan di Lapangan Utama Parlilitan, Jalan Pendidikan, Kecamatan Parlilitan, Kamis 17 Agustus 2023.

Tampil sebagai inspektur dalam upacara tersebut, Camat Parlilitan Darmo Hasugian. Sedangkan komandan upacara, Sertu Mardan Saputra anggota Koramil 11 Kecamatan Parlilitan.

Dalam amanatnya Camat Parlilitan mengatakan, upacara pengibaran bendera merah putih ini untuk memberikan penghormatan dan penghargaan atas nilai-nilai kejuangan dan perjuangan para pahlawan kusuma bangsa dalam merebut dan menegakkan Kemerdekaan.

“Kita bersyukur tahun ini kita sudah bebas dari pandemi global Covid-19. Tentunya hal ini mengajarkan kita semua bahwa kebersamaan, persatuan, dan semangat gotong royong dapat menjadikan bangsa kita terbebas dari pandemi Covid-19,” kata Darmo.

Semangat perjuangan dan pengorbanan menjadi warisan luhur sejarah yang tak kenal padam di tengah hantaman perubahan zaman.

“Sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil sikap dan keputusan masa depan bangsa dan tanah air di dalam tangan kita sendiri,” ujar Darmo.

Humbang Hasundutan yang unggul, kata Darmo, merupakan harapan yang harus diwujudkan bersama melalui kerjasama, kerja cerdas, gotong royong, saling membahu sehingga mencapai masyarakat Parlilitan yang makmur dan sejahtera.

Dengan tema hari kemerdekaan ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’ mencerminkan semangat dan tekad bangsa Indonesia yang senantiasa membara dalam menghadapi tantangan masa depan.

“Tema ini tentunya juga mengajak semangat estafet, yaitu saling bekerja sama, berkolaborasi, dan bersinergi untuk mencapai tujuan bersama,” ungkapnya.

Dengan tema ini juga menunjukkan bahwa Indonesia telah mencapai banyak prestasi. “Demikian juga dengan Kabupaten Humbang Hasundutan yang senantiasa terus bekerja aktif dan cepat, sehingga Kabupaten Humbang Hasundutan dapat meraih capaian yang membanggakan dan banyak mendapatkan penghargaan,” pungkas Darmo.

Pengibaran bendera merah putih di Parlilitan berlangsung hikmat dan lancar. Hadir dalam upacara, Koramil 11 Parlilitan Peltu Doharman Situmorang Serda Buntora Mahulae, Koptu Erikson Barutu.

Kemudian, Polsek Parlilitan, veteran, kepala desa se Kecamatan Parlilitan, para lansia, tokoh agama, tokoh masyarakat, anggota DPRD, para pelajar SD, SMP, SMA/SMK se Kecamatan Parlilitan.

Bahkan, hampir seluruh masyarakat Parlilitan membanjiri Lapangan Utama Parlilitan. (*)

Reporter : Vernando Nahampun

Editor : M Idris

Konten Terkait

Ketua DPRD Medan Terima Kunjungan Komnas Anti Kekerasan Perempuan

Editor prosumut.com

Parah! 7 Jam Lebih PLN Area Galang Padamkan Listrik, Warga Kesal

Editor prosumut.com

PLN Bagikan Bantuan Kepada Masyarakat Sekitar Jaringan SUTET

Editor prosumut.com