Prosumut
Kesehatan

HKN ke-59, RSU Haji Medan Adakan Berbagai Kegiatan Pengabdian Masyarakat

PROSUMUT – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59, Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan melaksanakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat.

Kegiatan tersebut mulai dari pengobatan gratis, khitanan massal, donor darah, senam diabetes dan jantung, penyuluhan kesehatan, pembagian paket kepada anak pesantren hingga ada seminar kesehatan dan pertandingan olahraga.

“Seluruh rangkaian kegiatan HKN tahun ini mengikuti arahan dari Kemenkes RI dengan mengangkat tema ‘Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju’,” ujar Kabag Umum RSU Haji Medan dr Aria Novita Pasaribu didampingi Ketua Panitia HKN RSU Haji Medan drg Anda Siregar, Selasa 14 November 2023.

Novita menuturkan, kegiatan pengobatan gratis dan khitanan massal telah dilaksanakan di Aula Kantor Kepala Desa Lau Dendang dengan target 150 orang pada hari ini.

“Pada hari yang sama juga diadakan screening Penyakit Tidak Menular (PTM) oleh Dinkes Sumut. Kegiatan ini dipusatkan di Kecamatan Percut Sei Tuan, sesuai dengan arahan dari Direktur RSU Haji agar RSU Haji dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat sekitar,” tuturnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat lainnya juga dilakukan dengan mengajak masyarakat sekitar RSU Haji Medan mengikuti senam diabetes dan senam jantung sehat.

“Kita juga adakan senam diabetes dan jantung yang telah kami lakukan pada Senin, 13 November lalu di Halaman Gedung RSU Haji Medan. Dalam acara itu, sekalian juga ada penyuluhan kesehatan,” sambung Novita.

Di samping itu, lanjut dia, pihaknya juga akan mengirimkan pegawai RSU Haji Medan untuk mengikuti pertandingan olahraga yg diadakan oleh Dinkes Sumut. Kompetisi itu diantaranya badminton, futsal, e-sport, dan tenis meja.

“Kegiatan lainnya yang tak kalah penting yaitu ada seminar kesehatan mengenai diabetes kepada masyarakat dan seminar mengenai perawatan luka bagi tenaga kesehatan.

Acara seminar ini akan diadakan di Lobby Manajemen RSU Haji Medan pada Rabu 15 November 2023. Dalam seminar ini, akan ada pembicara diantaranya Ns Asrizal MKep, dr Lita Septiana SpPD dan dr Dewi Fibrini SpPBRE (K),” tandasnya. (*)

Editor: M Idris

Konten Terkait

BPJS Kesehatan Cabang Medan Dorong Faskes Tingkatkan Mutu Layanan

Editor prosumut.com

IDI Medan Gandeng Bank Sumut, Beri Kemudahan Pembiayaan Fasilitas Kesehatan

Editor prosumut.com

Kota Medan Banyak Berkeliaran ODGJ, Ini Penyebabnya

Editor prosumut.com