Prosumut
Ekonomi

Telkomsel & PNM Akselerasikan Digitalisasi Pelaku Usaha Ultra Mikro

PROSUMUT – Telkomsel berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam memperkuat digitalisasi Program PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). Hal ini guna mengakselerasi pemberdayaan perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro.

Vice President Corporate Account Management Telkomsel, Cheppy Djakaria mengatakan, kolaborasi ini sejalan dengan peran terdepan Telkomsel sebagai penggerak ekosistem digital yang secara konsisten menghadirkan ragam solusi inovatif bagi para pelaku UMKM.

Kali ini, diwujudkan melalui produk dan layanan unggulan Telkomsel Enterprise, yakni paket Device Bundling, Mobile Device Management dan Seamless Mobile Authentication sebagai solusi untuk meningkatkan produktivitas dan taraf hidup perempuan prasejahtera pelaku usaha.

Selain itu, Telkomsel juga menyediakan paket komunikasi baik untuk account officer, ketua kelompok, maupun nasabah PNM untuk membantu berkoordinasi di lapangan dan meningkatkan produktivitas.

“Berdasarkan data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 64 persen dari total pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan dengan kontribusi terhadap PDB nasional mencapai 61 persen.

Tantangan UMKM bagi perempuan dalam mengembangkan usahanya masih cukup besar seperti penetrasi digital dan eksistensi di pasar berbasis digital yang terus mengalami tren peningkatan.

Kolaborasi kami bersama PNM melalui pemanfaatan solusi teknologi, selaras dengan semangat Telkomsel yang terinspirasi dari Semangat Indonesia untuk bergotong royong menggerakkan kemajuan bangsa, dengan mendorong pemberdayaan perempuan prasejahtera agar lebih berdaya dan dapat mengatasi permasalahan sosial ekonomi.

Kami berharap kolaborasi yang merupakan bagian dari komitmen implementasi ESG ini dapat meningkatkan kesejahteraan para perempuan yang nantinya dapat turut mendukung perekonomian bangsa melalui sektor UMKM dan ultra mikro,” ungkap Cheppy dalam siaran pers yang diterima, Rabu 15 November 2023.

Telkomsel Enterprise merupakan bagian dari Telkomsel yang menjadi penyedia solusi digital berbasis teknologi terbesar di Indonesia. Telkomsel Enterprise merupakan mitra bisnis untuk bertransformasi dan mengakselerasi pertumbuhan puluhan ribu bisnis nasional maupun multinasional, termasuk UMKM dan perusahaan rintisan, melalui ragam solusi unggulan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Melalui kolaborasi ini, lanjut Cheppy, Telkomsel menghadirkan pemanfaatan solusi digital, yakni paket Device Bundling, yang memberikan kemudahan dalam pembelian beragam pilihan perangkat dan paket konektivitas dengan harga terjangkau sesuai kebutuhan pelanggan.

Kemudian menghadirkan solusi Mobile Device Management, yang memberikan perlindungan perangkat dan aplikasi dari pelanggaran data, menghindari kerugian finansial akibat kebocoran data, serta konfigurasi penggunaan aplikasi harian secara lebih mudah.

Serta, solusi Seamless Mobile Authentication, yang dapat mendukung keamanan aplikasi dari penyalahgunaan kode OTP dan pengambilalihan akun oleh pihak yang tidak bertanggung jawab secara seamless dengan kemudahan autentikasi otomatis, sehingga memungkinkan pelanggan mengintegrasikan fitur Seamless Mobile Authentication dengan solusi autentikasi lainnya.

Sedangkan paket komunikasi yang ditawarkan memungkinkan bebas telepon ke sesama grup, akses ke aplikasi PNM, untuk melengkapi paket telepon dan data.

Corporate Secretary PT Permodalan Nasional Madani (Persero), L Dodot Patria menjelaskan, PNM berkomitmen menjadi lembaga pembiayaan group lending yang terkemuka dan terbesar di dunia dalam meningkatkan nilai tambah secara berkelanjutan bagi sektor ultra mikro.

Kolaborasi dengan pemanfaatan solusi digital Telkomsel, program PNM Mekaar dapat semakin meningkatkan produktivitas para pelaku usaha ultra mikro, khususnya perempuan melalui transformasi digital.

“Kolaborasi ini juga turut meningkatkan efisiensi proses pinjaman mikro secara signifikan, meningkatkan jumlah nasabah PNM dan kemudahan akses permodalan, serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui peningkatan kemampuan pengelolaan keuangan, pembiayaan modal tanpa agunan, serta kompetensi dalam kewirausahaan dan pengembangan bisnis,” ujarnya.

Patria menambahkan, PNM memberikan dukungan bagi pemberdayaan para nasabahnya melalui 3 pilar modal, yaitu Modal Finansial, Modal Intelektual, dan Modal Sosial. PNM Mekaar merupakan layanan pinjaman modal bagi perempuan prasejahtera pelaku sektor ultra mikro yang diluncurkan pada 2015.

PNM Mekaar difokuskan kepada perempuan pelaku usaha ultra mikro dengan kondisi keluarga yang memiliki indeks pendapatan per kapita maksimal USD 1,99 per hari atau Rp 800 ribu per bulan serta memenuhi indeks rumah (Cashpoor Index House).

Untuk dapat membantu pelaku usaha ultra mikro, PNM bersinergi bersama dengan BRI dan Pegadaian dalam membentuk Holding Ultra Mikro untuk mewujudkan layanan keuangan yang lengkap, terintegrasi, dan memenuhi kebutuhan pelaku usaha.

Di samping itu juga, dalam rangka merespons kebutuhan pasar, PNM Mekaar menghadirkan PNM Mekaar Syariah pada akhir 2018 di beberapa cabang PNM Mekaar seperti Aceh, Padang, dan Nusa Tenggara Barat. Hingga akhir Oktober 2023, PNM Mekaar Syariah telah memiliki 11,0 juta nasabah atau 73,7 persen dari total 14,9 juta jumlah akun nasabah PNM Mekaar. Informasi lebih lanjut terkait PNM dapat di akses melalui https://www.pnm.co.id/. (*)

Editor: M Idris

Konten Terkait

Omset Jet Commerce Berlipat Ganda

Val Vasco Venedict

Oktober 2019, Sumut Diperkirakan Deflasi

Editor prosumut.com

Membangkang?, Kemendag Segel Kembali Pelaku Usaha Robot Trading

Editor prosumut.com