Prosumut
Ekonomi

Fesyar Sumatera 2023, Bank Indonesia Buka Pekan Syariah di Medan Hingga 6 Minggu

PROSUMUT – Dalam rangka Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Sumatera 2023, Bank Indonesia membuka Pekan Syariah di Kota Medan selama 6 minggu.

Pekan Syariah Bank Indonesia yang digelar di area car free day seputaran Lapangan Merdeka Medan ini, dibuka mulai Minggu 11 Juni sampai 16 Juli 2023 pada pukul 6 pagi hingga 10 siang.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut, Ibrahim mengatakan kegiatan Pekan Syariah ini merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Ekonomi Syariah Sumatera 2023 yang puncaknya akan dilaksanakan pada 20-23 Juli 2023 mendatang di 3 titik strategis Kota Medan secara serentak yaitu, halaman Istana Maimun, area Jalan Masjid Raya, dan Plaza Medan Fair Mall.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi Sumatera Utara bahwa tahun 2023 ini menjadi tuan rumah penyelenggaran Fesyar
Sumatera 2023.

Momentum ini perlu kita manfaatkan dengan
sebaiknya untuk saling berkolaborasi dalam penguatan dan percepatan pengembangan perekonomian Syariah di Sumatera Utara
khususnya bagi Pemerintah Daerah, instansi, asosiasi, pelaku UMKM, dan para penggiat ekonomi syariah,” kata Ibrahim saat launching kegiatan tersebut.

Ibrahim menjelaskan, secara umum program Fesyar mengusung 3 agenda utama yaitu
Sharia Competition, Sharia Forum, dan Sharia Fair.

Sharia competition terdiri dari berbagai perlombaan syariah untuk mengeksplore talenta-talenta muda guna penguatan bidang ekonomi syariah, seperti Modest Young Designer Competition, lomba konten ekonomi dan keuangan syariah, lomba dakwah ekonomi syariah antar pesantren, dan lainnya.

Sedangkan sharia forum, yakni rangkaian kegiatan forum dan webinar pada perhelatan Fesyar Sumatera 2023, antara lain tablig akbar oleh Ustaz Muhammad Jaber yang rencananya akan dilaksanakan di Istana Maimun pada Kamis 20 Juli 2023.

Selanjutnya, seminar model pemberdayaan usaha syariah, seminar model pemberdayaan ekonomi produktif melalui Optimalisasi Dana ZISWAF hingga beberapa talk show dan berbagai forum lainnya kolaborasi dengan mitra stakeholder.

Sementara Sharia fair, yaitu wadah yang disediakan bagi pelaku usaha industri halal, UMKM, pesantren, asosiasi, komunitas, lembaga terkait lainnya termasuk pemerintah daerah, dengan rangkaian program antara lain showcasing produk UMKM atau bazaar UMKM sektor fashion, coffee, craft, food and beverages berlokasi di Istana Maimun, Jalan Mesjid Raya, dan Plaza Medan Fair Mall.

Kemudian, fashion show, business matching perdagangan dan/atau pembiayaan termasuk ekspor UMKM, sertifikasi halal gratis (self declare) program sehati kolaborasi dengan BPJPH Sumut serta Pemerintah Kota Medan (Kemenag, MUI, dan Baznaz Kota Medan).

Selain itu, bantuan beasiswa yatim dan dhuafa mendukung Medan Cerdas kolaborasi dengan Baznas Kota Medan, dan lain sebagainya.

“Melalui berbagai kolaborasi program yang telah kami sebutkan tersebut, penyelenggaraan Fesyar Sumatera 2023 diharapkan dapat menjadi stimulus untuk mendukung akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Sumatera yang inklusif serta mendukung visi Indonesia sebagai pusat halal dunia,” harap Ibrahim.

Namun begitu, tentunya hal ini tak lepas dari dukungan, kontribusi, dan partisipasi aktif seluruh pihak khususnya mitra stakeholder dan masyarakat Sumatera Utara untuk turut menyukseskan Fesyar Sumatera 2023. (*)

Editor: M Idris

Konten Terkait

Sequis Berbagi Tips Pilih Asuransi Kecelakaan yang Tepat, 4 Hal Ini Penting Diperhatikan

Editor prosumut.com

Rupiah Terus Tertekan

Editor prosumut.com

Pandemi, OJK Sebut Sektor Perbankan Sumut Stabil dan Tumbuh Positif

Editor Prosumut.com