Prosumut
Rilis & Seremoni

Dorong Misi Kemanusiaan, Human Initiative ‘Sebar Qurban’

PROSUMUT – Human Initiative luncurkan program qurban tahunan yaitu Sebar Qurban di kantor RRI, Jakarta Pusat.

Mengambil tema Qurban Penuh Manfaat, Human Initiative targetkan manfaat qurban bagi para penerima manfaat, peternak lokal, juga terhadap mereka yang berkurban itu sendiri.

“Sejatinya, qurban merupakan syariat ibadah bagi umat muslim. Namun, jika kita melihat lebih dalam esensi qurban, manfaat yang dirasakan tidak hanya bagi yang berkurban saja.

Manfaat juga dirasakan oleh orang lain yang menerima daging qurban, bahkan hingga peternak lokal yang akhirnya juga turut diberdayakan ekonominya,” kata Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati dalam siaran persnya baru-baru ini.

Tomy menjelaskan filosofi di balik tema qurban tahun ini. Bagi para penerima manfaat, Human Initiative berupaya distribusikan qurban secara merata hingga pelosok negeri bahkan ke mancanegara.

“Human Initiative targetkan penerima manfaat program qurban 2023 hingga 329.724 jiwa.

Jumlah penerima manfaat ini ditargetkan akan terdistribusi di 171 kabupaten yang berada di 21 provinsi di Indonesia,” sebutnya.

Ia menuturkan, untuk kriteria penerima manfaat di antaranya yaitu di wilayah dengan angka konsumsi daging rendah, wilayah marjinal, wilayah dengan angka stunting tinggi, dan juga ke wilayah terdampak bencana.

“Selain itu, Human Initiative juga targetkan distribusi ke tujuh negara di antaranya Somalia, Uganda, Kenya, Tanzania, Bosnia, Myanmar, dan Turki,” ujarnya.

Lebih lanjut Tommy mengatakan, peningkatan ekonomi peternak lokal juga menjadi fokus Human Initiative dalam menyebarkan manfaat qurban tahun ini.

Human Initiative berupaya untuk berkolaborasi dengan lebih banyak peternak lokal dalam penyediaan hewan hingga pengiriman ke lokasi-lokasi para penerima manfaat qurban.88

Sementara untuk mereka yang berqurban, Human Initiative fokus menyalurkan manfaat kemudahan beribadah melalui penyediaan hewan yang sesuai syariat dan berkualitas.

Sejak berkolaborasi dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), Human Initiative turut terapkan standar hewan sehat sesuai ketentuan penyembelihan sebagai upaya menjaga kualitas hewan mereka yang berqurban. Di sisi lain, juga targetkan laporan cepat dan transparan.

“Laporan setidaknya 14 hari setelah pemotongan kami targetkan sudah diterima oleh mereka yang berkurban,” ucap Tomy.

Kampanye qurban Human Initiative tahun ini resmi mengangkat 3 tipe produk yang dijual di pasaran.

Tipe A adalah qurban 1/7 sapi untuk wilayah Indonesia Timur dan Afrika.

Tipe B adalah qurban 1/7 sapi untuk wilayah Indonesia Timur, Indonesia Barat, dan Myanmar.

Tipe C adalah qurban 1 kambing atau domba untuk wilayah distribusi di Indonesia Barat dan Indonesia Timur.

Tidak hanya itu, Human Initiative juga lakukan program Jemput Qurban untuk memberikan fasilitas layanan maksimal pada orang yang berqurban karena ingin menunaikan ibadah tahunannya.

“ada 3 nilai utama yang dibawa oleh Human Initiative dalam program Sebar Qurban yakni qurban sesuai syariat, berdampak luas, serta laporan cepat.

Human Initiative juga berkolaborasi dengan berbagai pihak, di antaranya yaitu perusahaan swasta, NGO dalam dan luar negeri, komunitas, serta media.

Pelibatan relawan Human Initiative yang tergabung dalam komunitas Human Initiative Volunteer Energy (HIVE) juga turut hadir di 21 provinsi di Indonesia dan 8 negara di luar negeri yang akan menjadi wilayah distribusi qurban tahun ini,” paparnya.

Selain itu, Human Initiative juga turut gandeng Chef Haryo untuk kolaborasi konten edukasi masyarakat.

“Kami berharap kampanye kebaikan ini dapat memberikan manfaat besar kepada semua pihak terlibat, dan menjadi kontribusi kita bersama dalam gerakan kemanusiaan,” tutup Tomy.

Jika masyarakat yang ingin berqurban dapat datang langsung ke kantor Cabang Human Initiative Sumatera Utara di Jalan Kenanga Raya Nomor 22, Tanjung Sari, Medan Selayang atau dapat menghubungi kami di no hotline Hi Sumut +62 852-6222-9987. (*)

Editor: M Idris

Konten Terkait

Pemprov Sumut Segera Tindaklanjuti Hasil Pemeriksaan dan Pemantauan BPK

Editor prosumut.com

Resmikan 3 Inovasi Terbaru, Soekirman Apresiasi ASN Peserta PIM III

Editor prosumut.com

KBPP Polri Resort Langkat Gelar Musres IV

Editor prosumut.com