Prosumut
Politik

Diskusi dengan Jurnalis, KPU Sumut Harapkan Peran Aktif Media pada Pilgubsu 2024

Ketua KPU Sumut Agus Arifin bersama Komisioner KPU Sumut dan Ketua PWI Sumut saat diskusi dengan para jurnalis.

PROSUMUT – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara (KPU Sumut) mengadakan diskusi dengan para jurnalis dari media cetak, elektronik dan online dengan tema ‘Partisipasi dan Peningkatan Kapasitas Media Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2024’ di Hotel JW Marriot Medan, Selasa 25 Juni 2024.

Hadir dalam diskusi tersebut, Ketua KPU Sumut Agus Arifin, Komisioner KPU Sumut Sitori Mendrofa dan El Suhaimi serta jajaran KPU Sumut. Selain itu, hadir juga Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik sebagai narasumber.

Ketua KPU Sumut Agus Arifin menyampaikan, pihaknya begitu yakin bahwa peran media tentu sangat menentukan. Kalau ada tagline ‘Rakyat Memilih, Rakyat Menentukan’, maka turunannya adalah ‘Media Memberitakan, Media Menentukan’.

BACA JUGA:  El Adrian Shah Kembalikan Formulir ke PKS: Semoga Berjodoh di Pilkada Medan 2024

“Kami berharap peran aktif media dalam menyukseskan penyelenggaraan Pilgubsu tahun 2024 ini,” ucap Agus Arifin.

Lantaran peran media sangat menentukan, lanjut dia, karenanya KPU Sumut berharap berita yang akan dimuat media adalah berita yang menyejukkan, benar, lurus, bahkan membangun opini seimbang terkait dengan tahapan Pilgubsu 2024 dan Pilkada serentak di 33 kabupaten/kota se-Sumut.

“Kami juga berharap, kerja sama dengan media ini tentunya dapat membantu KPU Sumut untuk menyosialisasikan kepada masyarakat terkait berbagai tahapan, jadwal, hingga pelaksanaan pemungutan suara pada 27 November mendatang. Dengan begitu, terjadi peningkatan yang signifikan terhadap partisipasi pemilih

BACA JUGA:  El Adrian Shah Kembalikan Formulir ke PKS: Semoga Berjodoh di Pilkada Medan 2024

Kami menargetkan 80 persen tingkat partisipasi pemilih pada Pilgubsu 2024 nantinya. Karena itulah, kolaborasi dengan para jurnalis terus dibangun dan dijalin dengan baik,” jelas Agus Arifin.

Lebih lanjut dia menyampaikan, selain menggandeng insan media, dalam meningkatkan partisipasi pemilih, KPU Sumut juga melakukan kegiatan tatap muka di semua segmen. Termasuk dengan kaum disabilitas dan pemilih pemula, serta memaksimalkan platform media sosial.

“Saat ini tahapan Pilgubsu 2024 sudah memasuki proses pemutakhiran data pemilih atau coklit (pencocokan dan penelitian) yang berlangsung sekitar satu bulan. Mudah-mudahan proses coklit ini menghasilkan data pemilih yang akurat dan valid.

BACA JUGA:  El Adrian Shah Kembalikan Formulir ke PKS: Semoga Berjodoh di Pilkada Medan 2024

Setelah coklit, selanjutnya masuk ke tahapan pendaftaran pasangan calon pada 27-29 Agustus. Kemudian, tahapan penetapan pasangan calon pada September, kampanye dan tahapan berikutnya,” tandas Agus Arifin.

Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik menyampaikan, bahwa media memiliki peranan sangat penting khususnya pada Pilgubsu 2024 ini. “Media memiliki peranan penting untuk sosialisasi, edukasi, hingga kontrol sosial dalam menyukseskan penyelenggaraan Pilgubsu 2024,” ujarnya. (*)

Editor: M Idris

Konten Terkait

Sudah Dua Bakal Paslon Perseorangan Daftar ke Operator Silon

Editor prosumut.com

Logistik Terlambat, 143 TPS di Nisel Lakukan Pemungutan Suara Senin Ini

Editor prosumut.com

N4J dan YSKI Bantu Masyarakat Pinggiran Rel KA Mandala

Editor Prosumut.com