Prosumut
Ekonomi

Usia Muda Bisa Terkena Osteoporosis, Super You by Sequis Ingatkan Pentingnya Asuransi

PROSUMUT – Osteoporosis merupakan penyakit sistemik pada tulang yang dicirikan dengan beberapa hal.

Seperti, penurunan massa tulang, kehilangan kekuatan tulang, perubahan struktural tulang, serta gangguan pada integritas tulang yang dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh dan patah/fraktur.

Selain itu, postur tubuh penderita osteoporosis terlihat membungkuk dan terasa nyeri pada tulang yang mengalami kelainan (ruas tulang belakang).

Kepadatan tulang manusia mencapai puncaknya pada usia 35 tahun. Kemudian, di atas 40 tahun penyerapan tulang akan lebih cepat daripada pembentukan tulang baru.

Faktor genetik juga ikut menentukan jika memiliki riwayat keluarga yang menderita osteoporosis, penting untuk lebih waspada karena ada potensi 60-80 persen anggota keluarga lainnya akan menghadapi risiko serupa.

Ini berarti, osteoporosis tidak selalu menyerang saat usia sudah lanjut. Orang muda pun bisa terkena penyakit ini.

Bahkan 80 persen risiko terbesar pada perempuan. Jika sudah terkena osteoporosis, kesulitan akan terasa semakin berat saat usia semakin tua.

“Banyak orang muda abai akan kesehatan tulang karena menganggap osteoporosis hanya mengancam orang tua. Apalagi, hormon orang muda cenderung cukup untuk mengatur remodelasi tulang.

Osteoporosis sering disebut sebagai ‘silent disease’ karena sulit dideteksi sebelum patah tulang. Nanti baru terasa saat usia lanjut.

Namun, bukan berarti orang muda tidak bisa terkena osteoporosis karena ada faktor lain yang dapat memicu penyakit ini, yakni gaya hidup yang buruk,” ungkap Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, dr Troydimas Panjaitan SpOT (K), Selasa 31 Oktober 2023.

Hal itu disampaikannya pada acara seminar kesehatan untuk karyawan Sequis yang berusia milenial dan Gen Z dengan tema, ‘Anak Muda Rentan Terkena Osteoporosis’ yang digelar di Town Hall, Sequis Tower, Jakarta.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Sumut Sebut Operasi Pasar Kurang Efektif Atasi Beras Mahal

Seminar tersebut digagas Sequis dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Osteoporosis Sedunia demi mengingatkan para milenial, agar melakukan mitigasi risiko finansial dan kesehatannya dari gangguan osteoporosis.

Menurut dr Troydimas, gaya hidup menjadi faktor penting untuk memicu risiko osteoporosis dan juga faktor penting untuk menghindari penyakit ini.

Karenanya, dia mengajak orang muda di Indonesia untuk aktif menyuarakan gaya hidup sehat kepada sesama orang muda.

Mulailah dari hal sederhana, seperti hindari gaya hidup ‘rebahan,’ dan rutin berolahraga karena seiring dengan bertambahnya usia, kelak otot melemah dan meningkatkan risiko patah tulang.

“Kurangi juga konsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol serta merokok karena dapat merusak kepadatan tulang sebagai penyebab osteoporosis,“ sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Digital Operation & Process Improvement Manager Super You by Sequis, Febrianto Saputra ikut mengajak anak muda untuk mengadopsi gaya hidup sehat sejak usia muda. Sebab jika ingin berasuransi, syarat utama haruslah sehat dan tidak ada penyakit penyerta.

Febrianto menuturkan, mengetahui kenyataan bahwa osteoporosis sebagai silent disease, Super You by Sequis menggarisbawahi pentingnya orang muda segera memiliki asuransi kesehatan. Hal itu agar jika terkena risiko sakit termasuk penyakit osteoporosis dapat segera mendapat perawatan medis.

“Asuransi kesehatan pada umumnya akan memberikan jaminan kepada tertanggung untuk mengganti biaya pengobatan, yang meliputi biaya perawatan di rumah sakit, biaya pembedahan dan biaya obat-obatan selama sesuai dengan manfaat yang tercantum pada polis dan tidak masuk dalam pengecualian.

Yakni, bukan merupakan penyakit bawaan atau tidak sedang diderita saat masa tunggu maka akan ditanggung oleh produk asuransi kesehatan tersebut. Hal ini juga berlaku untuk perawatan penyakit osteoporosis,” jelas Febrianto.

Lebih lanjut dia menyampaikan, Super You sendiri juga menyediakan asuransi kesehatan Super Easy Health Protection yang dapat dimanfaatkan jika nasabah terkena osteoporosis.

Produk asuransi ini menanggung segala risiko sakit tanpa spesifikasi penyakit tertentu dengan batas tahunan hingga Rp 1 miliar.

Jadi, bisa juga dimanfaatkan untuk pengobatan osteoporosis bila diharuskan oleh dokter untuk rawat inap di rumah sakit dan rawat jalan pasca rawat inap.

“Preminya murah, mulai dari Rp135 ribu yang memungkinkan untuk dijangkau oleh para milenial yang baru berkarir, keluarga muda, atau yang memiliki pendapatan terbatas,” tambah Febrianto.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, sebagaimana Super You yang menyediakan produk asuransi kesehatan Super Easy Health Protection ini, maka orang muda tidak perlu khawatir soal urusan biaya kesehatan bilamana terkena osteoporosis atau gangguan tulang lainnya

Malahan, dengan memiliki asuransi kesehatan, orang muda akan lebih banyak memiliki kesempatan untuk mengembangkan bakat, kemampuan, dan pengalamannya karena finansial nya sudah terjaga oleh asuransi dari risiko pengeluaran medis yang cukup besar. (*)

Editor: M Idris

BACA JUGA:  JFX Jalin Kerjasama dengan MCX India

Teks foto: Digital Operation & Process Improvement Manager Super You by Sequis, Febrianto Saputra (kiri) dan Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, dr Troydimas Panjaitan (tengah) saat menjadi pembicara pada seminar. (ist)

BACA JUGA:  Anggota DPRD Sumut Sebut Operasi Pasar Kurang Efektif Atasi Beras Mahal

Konten Terkait

Rupiah Melemah di Awal Pekan

Editor prosumut.com

Stok Pangan di Bulog Sumut Aman untuk 4 Bulan

admin2@prosumut

Menanti Rilis Pertumbuhan Ekonomi, Rupiah dan IHSG Was-was

admin2@prosumut