Prosumut
Berita

Relawan Ganjar Pranowo Edukasi Masyarakat di Langkat, Manfaat Wudhu untuk Kesehatan

PROSUMUT – Sukarelawan Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar Sumatera (Sumut) kembali bergerak menebar program bermanfaatnya untuk masyarakat di Kabupaten Langkat.

Relawan pendukung Ganjar Pranowo ini mengadakan penyuluhan dan edukasi akan manfaat berwudhu untuk kesehatan serta metode untuk terapis, pada Kamis 14 September 2023.

Kegiatan yang diikuti puluhan jemaah majelis taklim dan masyarakat sekitar tersebut, sukses dihelat di Dusun I, Desa Suka Jadi, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Koordinator Daerah TGS Ganjar Kabupaten Langkat, Ronal Efendi Hasibuan mengatakan, wudu yang merupakan kegiatan menyucikan anggota badan dengan air untuk menghilangkan hadas kecil ini, juga memiliki sederet manfaat untuk kesehatan.

“Manfaat wudhu ini untuk kesehatan, yaitu menghilangkan kuman, bikin wajah segar, memperlancar peredaran darah, dan lain-lain,” ujar dia dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat 15 September 2023.

Manfaat lainnya juga meliputi mencegah kulit dari keriputan dan menghindari berbagai masalah kesehatan. Seperti mencegah mulut dari penyakit dengan berkumur.

Lebih lanjut, dia menerangkan bahwa wudu juga memiliki efek terapis pada orang yang melakukannya. Ketika mengusap kepala dengan air saat berwudhu.

Ini akan memberikan efek segar pada kepala yang membuat pikiran menjadi tenang.

“Wudhu juga bisa untuk terapis. Dia bisa memberikan efek sejuk yang bisa bikin rileks,” kata Ronal.

Sementara itu, salah satu jemaah majelis yang mengikuti penyuluhan ini, Triawan berterima kasih atas edukasi yang diberikan relawan TGS Ganjar Sumut.

Menurutnya, ilmu yang diberikan oleh para relawan pendukung Ganjar Pranowo tersebut adalah sesuatu yang baru baginya. Dia baru tahu bahwa wudhu ternyata memiliki manfaat dari segi kesehatan.

“Sangat senang ya, karena (soal) wudhu itu yang saya tahu enggak begitu banyak. Sekarang saya tahu bahwa wudhu itu banyak gunanya. Ada terapinya untuk kesehatan,” ujar Triawan.

Dia pun berharap agar relawan TGS Ganjar Sumut bisa kembali datang ke desanya untuk memberikan edukasi dalam bidang lainnya.

“Kalau diadakannya lagi, membuat kami lebih banyak menimba ilmu dari kegiatan-kegiatan Tuan Guru Sahabat Ganjar,” harapnya. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

Konten Terkait

Buka Raker Repdem, Rapidin Ingatkan Kader soal Sense of Crisis

Editor prosumut.com

Trafik Broadband Telkomsel Naik 8,4 Persen Selama Momen Pemilu Serentak 2024

Editor prosumut.com

Tim Penilai Kecamatan Tingkat Provinsi Sumut Kunjungi Kecamatan Salak

Editor prosumut.com