Prosumut
Rilis & Seremoni

Alfamidi Gelar Kelas Ritel Alfamidi Class di SMK Binjai dan Balige

PROSUMUT – PT Midi Utama Indonesia Tbk (Alfamidi) menggelar.program kelas ritel Alfamidi Class yang bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Binjai – Kota Binjai dan SMK 2 Balige – Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut).

Peluncuran kerja sama tersebut juga menjadi yang pertama untuk Alfamidi Class di Sumut.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 2 Sumut, Syafruddin mengapresiasi serta mendukung program Alfamidi Class agar lebih tersebar.

“Kami sangat berterima kasih kepada Alfamidi dan tentunya berharap sekolah kejuruan lain ikut kerja sama dengan Alfamidi ini untuk menunjang SDM yang lebih baik,” katanya dalam sambutan saat peluncuran Alfamidi Class di SMK Negeri 1 Binjai pada Kamis 20 Juli 2023.

Alfamidi Class merupakan program pendidikan vokasi yang kurikulumnya sudah diakui dan mengacu pada peraturan dan ketentuan pendidikan nasional.

Program ini berfokus dalam menyiapkan bekal keterampilan di industri ritel bagi siswa SMK.

Alfamidi Class diharapkan mampu menciptakan lulusan-lulusan yang siap bekerja di sektor ritel dengan kompetensi pada bidang marketing, perencanaan bisnis, komunikasi bisnis, penataan produk, bisnis daring, pengelolaan hingga administrasi transaksinya.

Dalam program Alfamidi Class, Alfamidi turut menghibahkan business center yang merupakan ruang simulasi dengan desain menyerupai toko Alfamidi untuk digunakan siswa untuk praktik.

Setelah lulus, siswa Alfamidi Class memiliki hak istimewa diterima bekerja di Alfamidi tanpa melalui tes.

General Manager Human Capital Alfamidi Christiana Windarsih mengatakan program Alfamidi Class menjadi komitmen sekaligus tanggung jawab perusahaan di bidang pendidikan vokasi.

“Benefit dari program ini adalah sekolah akan mendapatkan siswa yang secara kompetensi lulusan sesuai dengan kebutuhan industri, penyelerasan sarana dan prasarana pembelajaran, dan siswa lulusan SMK akan dijamin terserap di Alfamidi dengan level atau grading lebih tinggi dari siswa lulusan SMK yang bergabung dengan Alfamidi melalui jalur regular,” jelas Christiana.

Christina menambahkan, program ini diharapkan bisa menjadi solusi yang menguntungkan bagi berbagai pihak.

“Di satu sisi kami membantu menyediakan lapangan kerja bagi lulusan SMK, di sisi lain kami juga memperoleh tenaga kerja yang kompeten dan mampu menjawab kebutuhan perusahaan,” tuturnya.

Hingga saat ini, Alfamidi Class telah hadir di 15 Provinsi di Indonesia bekerja sama dengan 41 SMK di seluruh Indonesia.

Di sepanjang tahun 2022 program tersebut telah meluluskan 577 siswa. Dari jumlah tersebut sebanyak 292 siswa memilih berkarir di Alfamidi. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

BACA JUGA:  Berbagi Berkah, PLN Bagikan Bantuan Kepada Masyarakat Sekitar Jaringan SUTET

Konten Terkait

Akhyar Apresiasi Buku Antologi Puisi “Sajak Ulat Bulu”

Editor Prosumut.com

DWP Langkat Baksos di SDN Pulau Kampai

Editor prosumut.com

Pabrik Gula PTPN II Sei Semayang Operasi Lagi, Ini Harapan Wagub

Editor prosumut.com