Prosumut
Kesehatan

Sambut HKN 2023, Dinkes Sumut Gelar Pelayanan BKB dan Ragam Kegiatan

PROSUMUT – Menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 November, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Dinkes Sumut) menggelar pelayanan Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) dan berbagai kegiatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan HKN Tahun 2023 adalah momentum untuk menggerakkan seluruh potensi masyarakat dalam mendukung transformasi kesehatan.

“Transformasi kesehatan adalah agenda besar Kementerian Kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat Indonesia. Untuk itu, harus kita dukung bersama dalam pelaksanaannya,” ujar Alwi, Senin 30 Oktober 2023.

Dijelaskannya, pelayanan BKB dilakukan untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan kesehatan ini telah diselenggarakan pada acara Road Show Bus KPK yang dipusatkan di Area Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) pada tanggal 26-27 Oktober 2023.

“Dari pelaksanaan kegiatan tersebut, tercatat dilakukan pelayanan khitanan kepada 147 anak, pengobatan spesialistik penyakit dalam kepada 102 orang, pemeriksaan laboratorium sederhana kepada 197 orang dan pelayanan obat kepada 100 orang,” ungkap Alwi.

Ia melanjutkan, untuk ragam kegiatan yang akan digelar dalam menyambut HKN 2023, seperti Aksi Bergizi, Skrining Massal Kesehatan Pekerja Informal, Skrining TBC, Donor Darah, Anjangsana Panti Sosial/Jompo bersama DWP Unit Dinkes Sumut, berbagai perlombaan dan diakhiri dengan Festival Ayo Sehat.

“Tujuan dilaksanakan peringatan HKN Tahun 2023 adalah untuk mengakselerasi program kemitraan institusi kesehatan dengan lintas organisasi pemerintah, profesi, dan masyarakat dalam rangka mendukung transformasi kesehatan.

Selain itu, diharapkan juga HKN ini dapat mendukung gaya hidup sehat pada setiap siklus hidup melalui kolaborasi lintas sektor untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat,” pungkasnya. (*)

Editor: M Idris

Konten Terkait

Penyebaran Virus Corona Terus Meningkat, IDI Medan Desak Karantina Wilayah

admin2@prosumut

Pro Sumut

Waspadai Gelombang Ketiga Covid-19, Ini Kata Pemprov Sumut

Editor prosumut.com