Prosumut
Ekonomi

PRSU Segera Dibuka Kembali, Hadirkan Ragam Hiburan dan UMKM

PROSUMUT – Setelah sempat vakum beberapa tahun karena dilanda pandemi Covid-19, Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) akan kembali dibuka.

Kini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) tengah melakukan persiapan akhir untuk pembukaan PRSU ke-49, pada 16 Juni 2023 mendatang.

Mengangkat tema ‘Berikan Cerita Terbaikmu’, PRSU tahun ini mengajak masyarakat kembali bernostalgia dengan event regular yang telah memiliki histori panjang di Sumatera Utara (Sumut) tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumut Naslindo Sirait saat temu pers yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) di Komplek PRSU Jalan Gatot Subroto Medan, Selasa 13 Juni 2023.

“ini adalah ajang sebuah festival yang disuguhkan dengan tema ‘Berikan Cerita Terbaikmu’. Jadi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengajak semua stakeholder untuk memberikan cerita terbaiknya, tentang apa yang telah dilakukan untuk membawa Sumatera Utara yang lebih bermartabat,” ujar Naslindo.

Dia menambahkan, PRSU tahun ini juga akan mengajak seluruh pihak, baik lembaga swasta maupun berbagai perguruan tinggi di Sumut, maupun di luar Sumut, untuk memberikan cerita terbaiknya mengenai berbagai inovasi, pusat keunggulan dan kreasi yang ada.

“Ini juga akan menarik, karena menyuguhkan potensi unggulan UMKM kita yang akan memberikan informasi yang luas bagi investor, sehingga menjadikan ajang ini sebagai pertemuan bisnis,” kata Naslindo.

Karena itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkunjung ke PRSU dari 16 Juni hingga 17 Juli mendatang. “Bertepatan juga libur sekolah, mari jadikan ajang ini sebagai arena wisata bagi keluarga kita,” ucapnya.

Kepada para wartawan yang hadir di kesempatan itu dan juga seluruh masyarakat, Kepala Diskominfo Sumut Ilyas Sitorus mengajak untuk turut menyebarluaskan informasi mengenai PRSU tahun ini. Menurut Ilyas, sukses atau tidaknya PRSU ini akan sangat bergantung pada informasi yang sampai ke masyarakat, mengenai kegiatan tersebut

“Mari ceritakan kisah terbaik kita tentang Sumatera Utara, sama-sama kita menyampaikan informasi terbaik tentang Pekan Raya Sumatera Utara ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PRSU ke-49 Ichwan Adam menginformasikan, bahwa pembukaan PRSU tahun ini akan dimulai dengan parade keliling Kota Medan oleh seluruh pengisi acara, komunitas dan para seniman sebagai ajakan kepada masyarakat untuk berkunjung ke PRSU.

Selama 30 hari gelaran, pengunjung akan disuguhkan berbagai acara hiburan dan juga edukasi sebagai magnet bagi masyarakat untuk berkunjung. “Akan ada hiburan yang diisi 16 artis ibukota Juga 35 seniman lokal di setiap malam Sabtu, malam Minggu dan malam Senin,” kata Ichwan.

PRSU tahun ini juga akan mengkolaborasikan kegiatan hiburan dengan pelayanan sosial. Di antaranya sunatan massal, operasi bibir sumbing, pembagian kacamata gratis dan juga pemeriksaan kesehatan gratis, serta pembagian sembako dan santunan dalam bentuk CSR swasta dan NGO.

Selain itu, PRSU tahun ini menggelar berbagai perlombaan kreasi, seperti idol dan band bagi anak muda yang ingin menunjukkan bakatnya.

Terkait keamanan pengunjung, Ichwan memastikan bahwa penyelenggara telah menyiapkan berbagai skenario pengamanan dengan melibatkan TNI/Polri.

Tidak hanya itu, juga skenario menghadapi ancaman kedaruratan dengan menyediakan pemadam kebakaran, emergency exit dan fasilitas Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan rumah sakit terdekat. (*)

Editor: M Idris

Konten Terkait

IM3 ‘Nyatakan Silaturahmi dengan Freedom Internet’

Editor prosumut.com

Tips Strategi Investasi Saham Akhir Tahun

Editor prosumut.com

Harga Daging Bertahan Mahal, Ini Penyebabnya

Editor Prosumut.com