Prosumut
BeritaEkonomi

Lion Parcel Fokus Dukung UMKM, Volume Pengiriman Tumbuh Fantastis di Medan

PROSUMUT – Lion Parcel (PT. Lion Express), perusahaan jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia, mencatat terjadinya peningkatan lebih dari 50% volume pengiriman di Kota Medan sepanjang Ramadan 2023. Adanya peningkatan ini seiring dengan meningkatnya antusiasme belanja masyarakat di social commerce, salah satunya terkait kebutuhan Ramadan dan persiapan Lebaran.

Selain itu, perputaran ekonomi UMKM di Medan dan sekitarnya, terutama produk fashion, juga turut berkontribusi pada perkembangan ini.

Sejalan dengan peningkatan ini, pengiriman keluar negeri di Medan juga mencatatkan adanya performa positif dengan meningkatnya volume pengiriman INTERPACK sebesar lebih dari 50%sepanjang Ramadan 2023.

“Lion Parcel melihat antusiasme pelanggan yang tinggi di Medan dengan peningkatan volume pengiriman yang terjadi secara keseluruhan. Sebagaimana Medan telah menjadi salah satu fokus kota Lion Parcel, kami berkomitmen untuk terus mengembangkan bisnis kami melalui berbagai inisiatif yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan market Medan. UMKM adalah salah satunya dengan potensi besar untuk terus dikembangkan,” ungkap Kenny Kwanto, Chief Marketing Officer Lion Parcel dalam acara Silaturahmi Bersama Lion Parcel di Medan.

BACA JUGA:  Tarif Parkir Hotel Grand City Hall Medan Terlalu Mahal

UMKM sendiri diakui telah menjadi salah satu kontributor terbesar bagi perekonomian Kota Medan, di mana jumlah UMKM yang menjadi binaan Pemerintahan Kota Medan meningkatsecara signifikan dari sekitar 27.000 pada tahun 2021 menjadi lebih 90.000 di tahun 2022.

Hal ini sejalan dengan komitmen Lion Parcel untuk dapat terus mendukung para pebisnis dalam mengembangkan usahanya lewat berbagai inisiatif dan inovasi yang ada. Selain pengembangan infrastruktur dan jaringan secara berkala untuk membantu memperluas jalur distribusi barang, tentunya perluasan jumlah agen untuk meningkatkan aksesibilitas layanan dan pendekatan market secara mendalam juga dilakukan untuk membantu Lion Parcel fokus menjangkau lebih banyak pelanggan, seperti para pelaku UMKM, social commerce dan seller di Medan.

BACA JUGA:  Tarif Parkir Hotel Grand City Hall Medan Terlalu Mahal

Layanan INTERPACK juga terus dikembangkan untuk mendukung aktivitas ekspor produk-produk lokal yang kini telah menjangkau hingga 46 negara di 5 benua dunia.

“Bagi Lion Parcel, melakukan pendekatan spesifik pada masing-masing market merupakan hal yang penting dilakukan agar dapat menyiapkan solusi atas kebutuhan yang tepat sasaran. Medan sendiri merupakan daerah dengan perputaran produk fashion yang tinggi, seperti pakaian dan tas, dengan berat paket yang cenderung lebih ringan. Oleh karena itu, sejak awal tahun 2023, Lion Parcel menghadirkan program Diskon 20% untuk pengiriman barang di bawah 1 kg. Hal ini menjadi salah satu usaha Lion Parcel untuk menawarkan added-value dalam layanannya kepada para pelanggan, terutama para seller dan UMKM yang melakukan pengiriman lewat agen Lion Parcel di seluruh Indonesia, khususnya Medan dan sekitarnya,” tambah Adwina Marisa, Chief Retail Officer Lion Parcel.

BACA JUGA:  Tarif Parkir Hotel Grand City Hall Medan Terlalu Mahal

Selain itu, Lion Parcel juga terus mendengarkan kebutuhan masyarakat dan secara aktif memperkenalkan program-program terbaru sebagai bentuk apresiasinya kepada pelanggan setia. Salah satunya adalah loyalty program PARCEL POIN, di mana para pelanggan dapat mengumpulkan poin dari setiap transaksi pengiriman paketnya di Lion Parcel lewat agen, marketplace, atau aplikasi. Poin yang telah dikumpulkan dapat ditukarkan menjadi potongan ongkos kirim pengiriman atau berbagai e-voucher untuk belanja fashion, food & beverages, dan masih banyak lagi lewat aplikasi Lion Parcel.

“Kami yakin seluruh inisiatif dan program kami dapat terus mendukung kebutuhan pengiriman masyarakat di Medan dan sekitarnya, meningkatkan proses distribusi barang di seluruh penjuru Tanah Air dan internasional, serta mewujudkan target peningkatan volume pengiriman Lion Parcel hingga 45% pada akhir tahun 2023,” tutup Kenny. (*)

Editor: Val Vasco Venedict 

Konten Terkait

HUT ke-28 BEI, Diharapkan Memajukan Industri Pasar Modal

admin2@prosumut

Harga Cabai Tinggi di Pasar, Pemerintah Diminta Jaga Harga Pupuk

Editor prosumut.com

Natal Bersama di Nias Semarak, Rapidin Apresiasi Penampilan Budaya Lokal

Editor prosumut.com