Prosumut
Kesehatan

RSUP HAM Dipercaya Pusat Rujukan Utama Event Internasional Aquabike

PROSUMUT – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) dipercaya sebagai pusat rujukan utama event internasional Aquabike Jetski World Championship 2023 di kawasan Danau Toba, pada 22-26 November 2023.

Rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan utama untuk membantu penanganan medis selama kegiatan Aquabike World Championship pertama di Indonesia tersebut.

Untuk memberikan dukungan medis dalam even Aquabike Jetski World Championship 2023 tersebut, RSUP HAM sudah mengirimkan tim kesehatan yang akan bertugas selama pelaksanaan kegiatan di kawasan Danau Toba.

“Tim kita beranggotakan sebanyak 33 orang, terdiri atas dokter spesialis dan paramedis,” jelas Ketua Tim Kesehatan RSUP HAM Dr dr Kamal Basri Siregar MKed(Surg) SpB(K)Onk FICS dalam siaran pers yang diterima, Kamis 23 November 2023.

Tim Kesehatan RSUP HAM dalam event internasional ini terbagi atas Tim ICU VVIP, Tim Trauma Center, dan Tim Helipad. Tim ini terdiri atas dokter spesialis, dokter umum, perawat, petugas farmasi, teknisi alat medis, dan staf pendukung.

Untuk dokter ahli yang bertugas terdiri atas lima spesialisasi, yaitu, spesialis anastesi, spesialis bedah syaraf, spesialis bedah thoraks dan kardiovaskular, spesialis ortopedi, dan spesialis penyakit dalam.

Selain mengirim petugas medis, rumah sakit Tipe A ini juga memberangkatkan ambulans khusus untuk pelayanan medis bagi tamu VVIP, termasuk Presiden RI dan keluarga selama acara berlangsung.

Ambulans VVIP ini sendiri dilengkapi dengan instalasi mini ICU (Intensive Care Unit) yang dioperasikan oleh dokter spesialis dan perawat ahli. Kemudian, dilengkapi pula dengan obat-obatan dan alat medis pendukung lainnya.

“Obat obatan dan alat medis sudah siap mendukung dan mensukseskan kegiatan ini. Selain itu, trauma center kita juga sudah standar sesuai persyaratan internasional untuk even ini,” kata dr Kamal yang juga merupakan Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUP HAM.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan RI menunjuk langsung RSUP HAM sebagai rumah sakit rujukan utama pada even internasional Aquabike Jetski World Championship 2023 yang akan berlangsung dalam wilayah Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Toba pada 22-26 November 2023 tersebut.

“Kami menunjuk RSUP HAM sebagai Rumah Sakit Rujukan Utama pada even tersebut, serta menyiapkan SDM, obat-obatan dan peralatan untuk Tim Medis, Ambulans VVIP dan Trauma Center baik di lokasi even maupun di RSUP HAM Medan,” demikian tertulis dalam surat yang disampaikan oleh Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan dr Sunarto MKes tertanggal 8 November 2023. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

Konten Terkait

Alamak, 230.000 Data Tes Covid-19 Dijual di Pasar Gelap

valdesz

Punya Riwayat Penyakit Pernafasan, Seorang PDP Dimakamkan dengan Standar Covid-19

admin2@prosumut

Pesan Berantai Medan Sebagai Zona Kuning Virus Corona, Dinkes Sumut Pastikan Hoaks!

Editor prosumut.com