Prosumut
Kesehatan

RSUP HAM Jalani Supervisi Penyedia Pemeriksaan VL HIV Terbaik

PROSUMUT – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) menjalani supervisi sebagai salah satu penyedia layanan pemeriksaan Viral Load (VL) HIV terbaik.

Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bersama Yayasan KNCV Indonesia sekaligus mewakili Tim Kerja HIV dan PIMS Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI langsung berkunjung ke RSUP HAM dalam rangka supervisi tersebut, sekaligus mendokumentasikan kegiatan layanan pemeriksaan VL HIV di rumah sakit ini, Kamis 23 November 2023.

“Laboratorium pemeriksaan RSUP HAM sangat banyak membantu di Sumut khususnya dan umunya secara nasional. Termasuk salah satu lab pemeriksa terbaik di nasional,” ungkap Penanggung Jawab Program HIV Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, Diyah Tri Wahyuni SKM MKes saat memberikan keterangan kepada jajaran direksi dan manajemen RSUP HAM dalam kunjungan di Poli Pusyansus Instalasi Rawat Jalan RSUP HAM.

Disampaikan Diyah, laboratorium RSUP HAM mampu menyelesaikan pemeriksaan VL HIV sesuai dengan target. Bahkan, sempat dilakukan relokasi reagen (cairan untuk pemeriksaan) dari wilayah Kalimantan dan Jakarta agar bisa digunakan oleh laboratorium RSUP HAM, sehingga bisa melakukan pemeriksaan sampel lebih banyak lagi dalam upaya mendapatkan cakupan target ODHIV (orang dengan HIV) yang lebih luas lagi.

“Di antara semua lab besar di Indonesia, RSUP HAM salah satu yang capaiannya di atas 70 persen, memenuhi cakupan target ODHIV nasional,” tambah perwakilan Yayasan KNCV Indonesia drg Meilani pula.

Berdasarkan data, total capaian RSUP HAM ini telah melampaui cakupan pengiriman sampel di Provinsi Sumut periode 1 Januari-31 Oktober 2023 sebanyak 60 persen, yang menjadi salah satu capaian pemeriksaan VL HIV terbaik di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri MKed(PD) SpPD-KKV SpJP(K) menyampaikan terima kasih atas dukungan Kemenkes RI, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota di wilayah Sumut, serta Yayasan KNCV Indonesia.

Dengan begitu, RSUP HAM dapat memberikan layanan maksimal dan terbaik kepada seluruh pasien ODHIV di Sumut, termasuk dalam melayani pemeriksaan VL HIV terhadap ODHIV selama ini.

“Sejauh ini relatif tidak ada masalah dalam pelayanan HIV di RSUP HAM. Kami juga terus melakukan peningkatan layanan, termasuk juga infrastruktur dan fasilitas, serta mempertahankan kualitas pemeriksaan.

Harapannya, pemeriksaan VL HIV ini bisa terus dilakukan secara berkesinambungan, agar kita dapat memenuhi target pemerintah untuk mencapai 3.0 (three zero) HIV pada tahun 2030,” pungkas dr Zainal.

Dalam pertemuan tim supervisi tersebut, turut hadir Direktur Medik dan Keperawatan dr Otman Siregar SpOT(K) Spine, Kepala Instalasi Rawat Jalan dr David Luther MKed(OG) SpOG(K), para dokter spesialis yang bertugas di Poli Pusyansus, serta jajaran manajemen RSUP HAM. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

BACA JUGA:  Fasilitas Tower A RSU Haji Medan Sudah Terisi 30 Persen

Konten Terkait

Status Sumut Tanggap Darurat Covid-19 hingga 29 Mei 2020

admin2@prosumut

Bersama Muspika Perbaungan, Anggota DPRD Sergai Disinfektan Fasum

admin2@prosumut

Penyebaran Virus Corona Terus Meningkat, IDI Medan Desak Karantina Wilayah

admin2@prosumut