Prosumut
Infrastruktur

Peningkatan Kualitas Jalan Penghubung Lagan-Pagindar Mulai Dikerjakan

PROSUMUT – Pelaksanaan pengerjaan peningkatan mutu dan kualitas jalan penghubung Salak menuju Kecamatan Pagindar (Lagan – Pagindar) mulai dikerjakan.

Kepala Dinas PUTR Hub Pakpak Bharat, Maringan Bancin menjelaskan, pengerjaan proyek ini dikerjakan oleh Kementerian PUPR RI melalui Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Sumatera Utara.

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor dalam sebuah kunjungan di Kecamatan Pagindar beberapa minggu lalu sempat menyinggung hal ini.

Di hadapan ratusan masyarakat Pagindar, bupati menyampaikan kabar baik ini.

“Tidak lama lagi kita akan bisa menikmati jalan yang layak dan bagus.

Sebab, Instruksi Presiden RI tentang pengerjaan jalan penghubung Lagan-Pagindar telah turun, dan dalam bulan agustus akan segera dimulai pengerjaannya.

Maka, kita patut menyampaikan banyak terima kasih kepada bapak Presiden RI H Joko Widodo atas besarnya perhatian beliau bagi kita di Kabupaten Pakpak Bharat ini,” ucap Bupati beberapa waktu lalu.

Pemerintah melalui Kementerian PUPR mengucurkan anggaran Rp58,5 miliar lebih guna mempercepat penanganan jalan yang sangat vital bagi masyarakat Pagindar ini.

Anggaran ini tertuang dalam kontrak pengerjaan preservasi jalan Aornakan-Pagindar-Watas NAD di Kabupaten Pakpak Bharat.

Jalan penghubung Lagan-Pagindar tersebut, merupakan salah satu prioritas Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor guna membuka keterisolasian daerah tertentu.

Dengan terbukanya akses ini diharapkan akses menuju Aceh dan sebaliknya akan lebih singkat dan lancar. Hal ini diharapkan akan bisa menambah pendapatan masyarakat Pakpak Bharat kelak.

“Daerah ini harus terhubung dengan akses yang memadai dengan banyak daerah sekitar baik dengan Provinsi Aceh, Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Dairi dan banyak daerah lainnya. Ini harapan kita,” tandas bupati.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pakpak Bharat, Jalan Berutu menyampaikan sudah sepantasnya menyampaikan apresiasi kepada bupati Pakpak Bharat atas upaya dan kerja kerasnya dalam mendapatkan anggaran pembangunan jalan Lagan – Pagindar ini dari APBN.

Jika dilihat dari DAU Kabupaten Pakpak Bharat Pembangunan Jalan Lagan – Pagindar susah direalisasikan dalam waktu singkat. Namun atas upaya bupati, pembangunan Jalan Lagan – Pagindar dapat terlaksana.

“Pembangunan jalan ini tidak saja berdampak terhadap masyarakat Pagindar , tetapi juga berdampak terhadap masyarakat Pakpak Bharat, Aceh dan kawasan kabupaten di Danau Toba.

Pasalnya, nantinya baik arus orang atau arus barang dan jasa akan meningkat sehingga berdampak terhadap peningkatan perekonomian kabupaten Pakpak Bharat,” ujar Jalan Berutu.

Adanya pengerjaan proyek ini disambut baik oleh masyarakat Pakpak Bharat, khususnya masyarakat Kecamatan Pagindar yang sejak lama mendambakan sebuah jalan yang memadai.

“Tanah Pagindar ini subur, banyak sawit, karet dan lainnya, hanya kami kesulitan dalam hal transportasi.

Jadi, terima kasih kepada semuanya, bapak presiden, menteri-menteri terkait, bapak bupati Pakpak Bharat, bapak gubernur juga yang pernah datang ke Pagindar.

Tentu berkat kerja keras mereka semua dan atas perhatiannya jalan ini akan segera terselesaikan,” ucap Camat Pagindar, Sada Tua Manik. (*)

Reporter: Vernando Nahampun

Editor: M Idris

Konten Terkait

Ombudsman Sumut Sebut Ada Fasilitas Publik di Medan Tak Bermanfaat

Ridwan Syamsuri

Sempat Ditutup, Jalur Medan-Berastagi Sudah Dibuka

Editor prosumut.com

Eldin Marah Lihat Ruas Jalan Belum Beres

Ridwan Syamsuri