Prosumut
Berita

Rayakan HUT ke-10, PS Nafiri HKBP UAS Medan Kunjungan Kasih ke Perkampungan Bibelvrouw Pensiun HKBP Eben Eser

PROSUMUT – Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10, Paduan Suara (PS) Nafiri HKBP Resort Medan Kota Jalan Uskup Agung Sugiopranoto (UAS), Medan, melakukan kunjungan dan berbagi kasih ke Perkampungan Bibelvrouw Pensiun HKBP Eben Eser di Jalan Veteran Km 9 Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Simalungun, Sabtu 15 Juni 2024.

Kunjungan kasih itu diikuti oleh sekurangnya 50 anggota PS Nafiri yang berangkat dari Medan menggunakan bus carteran.

Setibanya di lokasi, anggota PS Nafiri dan para pengurus perkampungan Bibelvrouw Pensiun, yaitu Bibelvrouw Sity Lamroma br Nainggolan dan Ibu Asrama Bibelvrouw Rismawan br Tambunan serta beberapa Bibelvrouw Pensiun yang tinggal di perkampungan tersebut, menggelar ibadah singkat dan menyanyikan dua lagu koor untuk diperdengarkan para Bibelvrouw pensiun.

Ibadah dipandu oleh penetua (parhalado) HKBP UAS Medan St Thoga Sihombing SE MM dan renungan singkat dibawakan oleh Gr Bangun Prima Aruan SPd yang merupakan guru huria HKBP UAS Medan.

BACA JUGA:  Pj Gubernur Sumut Harus Tegas Jalankan Keputusan MA, Kembalikan Supryanto ke Kadishub

Dalam renungannya, GR Bangun Prima Aruan mengingatkan pentingnya mengucap syukur dalam segala hal. Sebab Tuhan sudah memberikan usia nyang panjang untuk para Bibelvrouw pensiun, dan sepanjang hayat mendapatkan kesempatan mulia untuk melayani Tuhan.

“Maka sangat pantas rasanya siapapun warga HKBP, terkhusus anggota Paduan S Nafiri melakukan kunjungan kasih sebagai bentuk kepedulian dan cerminan kasih karunia yang sudah diberikan Tuhan selama 10 tahun perjalanan paduan suara ini,” kata GR Bangun.

Setelah acara ibadah, pengurus PS Nafiri bergantian memberikan sambutan dan menyampaikan maksud atas kunjungan mereka. Setelah Sekretaris PS Nafiri St Ir Sakti Pakpahan dan Ketua Panitia HUT ke-10 PS Nafiri Antonius Pangaribuan, sambutan ditutup oleh Ketua PS Nafiri St Drs Oloan Simanjuntak MM.

BACA JUGA:  Pj Bupati Langkat Pimpin Apel Gabungan di Mapolres

St Oloan mengatakan, kunjungan kasih yang dilakukan oleh PS Nafiri sesungguhnya melanjutkan tradisi mulia yang sudah dilakukan oleh sebagain anggota PS Nafiri lainnya.

“Secara individual atau perkeluarga, kami sering datang ke perkampungan Bibelvrouw HKBP Eben Ezer ini. Ada yang rutin memberikan sumbangan kasih, bahkan gaji pertamanya diserahkan untuk menolong pembiayaan di perkampungan Bibelvrouw pensiun ini,” katanya.

Bibelvrouw Sity Lamroma br Nainggolan mengucapkan terima kasih atas kedatangan PS Nafiri HKBP UAS Medan. Dia terharu karena masih banyak warga HKBP yang mengingat kehidupan Bibelvrouw pensiunan di perkampungan tersebut.

“Perkampungan Bibelvrouw Pensiun Eben Eser HKBP adalah tempat Bibelvrouw atau penginjil wanita (parjamita ina) HKBP pensiunan bersekutu, berdoa dan mensyukuri sisa hidup yang masih dikaruniakan Tuhan bagi mereka,” ujarnya.

Bibelvrouw Sity Lamroma br Nainggolan mengatakan bahwa kehadiran Perkampungan Bibelvrouw Pensiun Eben Eser HKBP tersebut pada tahun 1965 adalah dilatarbelakangi oleh pemahaman masyarakat Batak terhadap kaum perempuan yang janda, tidak mempunyai keturunan dan yang memilih tidak menikah untuk memberikan hidup sepenuhnya dalam pelayanan kepada Tuhan.

BACA JUGA:  Pj Gubernur Sumut Harus Tegas Jalankan Keputusan MA, Kembalikan Supryanto ke Kadishub

Perempuan seperti itu tidak mempunyai makna hidup, tidak diperhitungkan dalam keluarga sesuai adat Batak. Sebagian dari mereka menjadi Bibelvrouw HKBP yang bergerak dan belas kasihan melihat kondisi perempuan Batak tersebut, khususnya para Bibelvrouw HKBP, mendorong Schwester Elfriede Harder (missionaris Jerman) mengupayakan tempat para Bibelvrouw yang akan memasuki masa pensiun.

“Tuhan telah memakai Elfriede Harder (missionaris Jerman) menyatakan belas kasihnya bagi yang menderita. Dia adalah seorang penginjil wanita dari Jerman di Tanah Batak (1926), dan kemudian perkampungan tersebut dinamai Eben Ezer yang mempunyai areal lebih kurang 3,3 hektare,” pungkasnya. (*)

Editor: M Idris

Konten Terkait

Gotong Royong Kemanusiaan PDIP Sumut, Rapidin Simbolon Bagikan Sembako di Samosir

Editor prosumut.com

Meryl Pertanyakan Sikap Demokratis Gubsu

Editor prosumut.com

Saat Bupati Hibahkan Gaji Demi Kesehatan Warganya…

valdesz