Prosumut
Kesehatan

Mudik dan Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Imbau Masyarakat Sumut Pastikan Kepesertaan JKN Aktif

PROSUMUT – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengimbau masyarakat yang hendak mudik lebaran untuk memastikan kepesertaan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dalam kondisi aktif. 

Imbauan ini disampaikan Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Medan Rahman Cahyo saat temu pers, terkait Pelayanan Libur Lebaran 2024 dan Buka Puasa Bersama dengan Forum Wartawan Kesehatan (Forwakes) Sumut di Medan, Rabu 20 Maret 2024.

Kegiatan ini juga dihadiri Deputi Direksi BPJS Kesehatan Sumut-Aceh M Iqbal Anas Ma’ruf dan Ketua PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia) Sumut dr M Syaiful Sitompul. 

“Selalu pastikan kepesertaan JKN anda sekeluarga dalam kondisi aktif agar tidak terkendala ketika mendadak sakit atau perlu pelayanan kesehatan dan terhindar dari denda layanan rawat inap. Untuk itu, jangan lupa bayar iuran paling lama tanggal 10 setiap bulannya,” kata Rahman. 

Rahman juga mengimbau peserta JKN yang rutin mengakses Iayanan kesehatan di rumah sakit untuk tidak lupa mengecek tanggal kadarluwarsa surat rujukannya.

“Jika surat rujukan sudah hampir kadarluwarsa, segeralah mengurus pembaruan surat rujukan sebelum memasuki masa cuti bersama dan libur Iebaran,” imbuhnya. 

Dia menambahkan, selama cuti bersama dan libur lebaran, peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan dalam waktu satu bulan.

“BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat.

Bagi yang mengakses layanan non tatap muka melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA), dapat dilayani dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan pengaduan. Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN,” terang Rahman. 

Sementara itu, Ketua PERSI Sumut dr M Syaiful Sitompul memastikan 208 RS di Sumut siap menanggulangi penyakit selama mudik lebaran, mengantisipasi kejadian luar biasa (KLB) dan bencana. 

Menurutnya, rumah sakit telah menyiapkan dokter di IGD (instalasi gawat darurat) yang standby 24 jam. “Demam berdarah, tipus dan diare, waspada tiga penyakit ini saat mudik lebaran karena kondisi cuaca tidak menentu,” imbuhnya. 

Sedangkan, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Sumut-Aceh M Iqbal Anas Ma’ruf menegaskan, dari layanan yang disediakan BPJS Kesehatan selama periode cuti bersama dan libur lebaran yang jatuh pada 8 hingga 15 April 2024, membuktikan BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan memberikan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan. Komitmen ini mengacu pada prinsip portabilitas yang telah diterapkan BPJS Kesehatan.

Iqbal mengatakan prinsip portabilitas tersebut diwujudkan dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik selama libur lebaran, BPJS Kesehatan telah menyiapkan Posko Mudik mulai dari tanggal 5 hingga 9 April 2024.

Lokasi Posko Mudik Kesehatan tersebar di beberapa titik strategis seperti Terminal Pulo Gebang di Jakarta Timur, Pelabuhan Merak di Banten, Rest Area Tol Cikampek KM 88A di Purwakarta, Rest Area Tol Palikanci KM 207A di Cirebon, Rest Area Tol Ungaran KM 429A di Kabupaten Semarang, Terminal Purabaya di Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.

“Posko tersebut menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan. Diharapkan masyarakat dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan kesehatan selama periode libur lebaran ini,” ujar Iqbal. (*)

Reporter: M Idris

Editor: M Idris

Konten Terkait

Diserang Difteri, Anak Ini Disebut tak Imunisasi

Editor prosumut.com

Inilah Kenapa Es Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Editor prosumut.com

PT Ray Pendopo Semprot Disinfektan Kawasan Perumahan di 7 Titik

admin2@prosumut