Prosumut
Ekonomi

Kunjungan Bisnis ke China, PLN Teken Kerjasama Pengembangan Energi Baru Terbarukan

PROSUMUT – PT PLN (Persero) melakukan kunjungan bisnis ke China dalam rangka kesepakatan bisnis untuk pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia.

Dalam kunjungan bisnis tersebut, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo melakukan site visit ke perusahaan konstruksi (Engineering, Procurement, Construction/EPC) China Communications Construction Dredging Co Ltd (CCCC). Sekaligus, juga untuk menyepakati kerja sama pengembangan transisi energi di Indonesia.

Kesepakatan yang ditandatangani pada Minggu 21 Mei 2023 ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan pembangkit EBT di Indonesia.

Darmawan menjelaskan saat ini perusahaannya sedang mempercepat pembangunan pembangkit EBT, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) dan Pembangkit Listrik Pumped Storage di Indonesia.

Dengan menggandeng CCCC, yang merupakan perusahaan konstruksi terbesar di China diharapkan bisa mempercepat proses transisi energi dari energi fosil menuju EBT guna mencapai target net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

CCCC merupakan perusahaan yang telah terlibat dalam banyak proyek besar di Tiongkok dan luar negeri. Beberapa proyek terbesarnya termasuk pembangunan jembatan Teluk Hangzhou, pelabuhan terbesar di dunia yang berlokasi di Shanghai, serta pembangunan Bendungan Tiga Ngarai di Tiongkok.

“Kerja sama yang telah terbangun antara PLN dan CCCC diharapkan bisa mempercepat pembangunan pembangkit EBT. Dengan demikian, Indonesia akan semakin mempercepat proses transisi energi,” ujar Darmawan dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin 22 Mei 2023.

Selain kerja sama yang telah disebutkan di awal, dengan segudang pengalaman yang dimiliki oleh CCCC, Darmawan menambahkan, PLN bisa menyerap ilmu dari perusahaan tersebut.

Di samping itu, berdiskusi hingga berkolaborasi dalam pembangunan infrastruktur EBT, Liquid Natural Gas (LNG) dan terminal untuk gasifikasi.

“Kesepakatan kerja sama ini dapat meningkatkan kepercayaan investor. Melalui kerja sama yang solid antara PLN dengan CCCC juga diharapkan dapat mempererat hubungan ekonomi antara Tiongkok dan Indonesia,” tandas Darmawan. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

BACA JUGA:  Anggota DPRD Sumut Sebut Operasi Pasar Kurang Efektif Atasi Beras Mahal

Konten Terkait

Stok Beras Bulog Sumut 15.380 Ton, Aman Hingga Akhir Tahun

Editor prosumut.com

Faktor Cuaca Pengaruhi Inflasi Sumut

Editor Prosumut.com

Konsumsi BBM dan LPG Meningkat Saat Nataru, Pertamina Sumbagut Pastikan Pasokan Aman

Editor prosumut.com