Prosumut
Kesehatan

Karyawan XL Axiata Gelar Donor Darah, Pemeriksaan Kesehatan dan Sharing Session

PROSUMUT – Karyawan XL Axiata menggelar aksi donor darah yang rutin dilaksanakan pertiga bulan. Selain donor darah, juga ada kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis berupa cek gula darah, kolestrol, dan asam urat di kantor Grha XL Medan, Jalan Diponegoro No 5 Medan, Kamis 27 Juni 2024.

Aksi donor darah juga diselingi dengan sharing session bersama dokter spesialis penyakit dalam dari RS Columbia Asia Aksara, dr Retno Nurul Mandasari MKed (PD) SpPD yang mengambil tema ‘Mengenal Gejala dan Faktor Penyebab Dispepsia’.

Kegiatan ini kolaborasi bersama komunitas jurnalis dan Rumah Sakit Columbia Asia Medan dan Aksara. Hasil dari donor darah ini akan disalurkan kepada Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) untuk selanjutnya didistribusikan ke anak-anak penderita kanker.

Hadir dalam kegiatan ini, Head of Sales W-Northern 1, Horas Lubis, Ketua YOAM, Atika Rahmi, Ketua PFI Medan, Riski Cahyadi, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Pusat, Khairiah Lubis.

BACA JUGA:  Tumor Tulang Bisa Ditangani di RSUP HAM Tanpa Amputasi

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan karyawan XL Axiata bersama komunitas jurnalis di Medan selalu rutin melaksanakan kegiatan donor darah pertiga bulan untuk membantu anak-anak penderita kanker.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian XL Axiata terhadap anak-anak penderita kanker yang membutuhkan darah. Kali ini, kami menambah mitra bersama RS Columbia Asia Medan dan Aksara.

Berbagai kegiatan dilakukan seperti sharing session bersama dokter spesialis dan juga pemeriksaan kesehatan gratis.

Harapan kami karyawan XL Axiata, jurnalis dan masyarakat lebih sehat dengan adanya kegiatan ini. Donor darah yang terkumpul juga memberi manfaat bagi anak-anak penerima donor darah,” jelasnya.

Desy menambahkan donor darah yang dilaksanakan hari ini, total dari 46 orang yang mendaftar, terkumpul sebanyak 40 kantong darah yang bisa dikumpulkan dari para pendonor.

BACA JUGA:  Pj Gubernur Agus Fatoni Ajak Seluruh Pihak Bersinergi Turunkan Stunting di Sumut

Darah yang terkumpul akan disumbangkan langsung ke Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) untuk selanjutnya didistribusikan ke anak-anak penderita kanker yang sangat membutuhkan bantuan darah.

Turut serta berpartisipasi dalam aksi ini adalah Karyawan XL Axiata, MTXL Axiata, XL SATU, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut, Forum Wartawan Kesehatan (Forwakes) Sumut, Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM), RSUP Haji Adam Malik Medan, RS Columbia Asia Aksara, RS Columbia Asia Medan dan masyarakat umum.

Adapun kegiatan donor darah di XL Axiata telah rutin dilaksanakan sejak 2012 yang rutin dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Hingga saat ini sudah terkumpul lebih dari 1.500 kantong darah yang sudah disalurkan untuk anak-anak penderita kanker dan masyarat yang membutuhkan.

Kegiatan donor darah ini selalu ditunggu-tunggu pendonor aktif yang sudah rutin mendonor pertiga bulan, karena banyak manfaat yang sudah dirasakan. Diantara beberapa manfaat donor darah untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko kanker, membantu menurunkan berat badan, deteksi penyakit serius dan membantu agar lebih sehat secara psikologis.

BACA JUGA:  Dua Faktor Ini Diyakini Bisa Kembalikan Kiprah RSUD Dr Pirngadi Medan

Sementara itu, dalam kegiatan ini dr Retno Nurul Mandasari MKed(PD) SpPD memberikan penjelasan mengenai dispepsia yang merupakan kondisi ketidaknyamanan atau nyeri yang terjadi pada saluran pencernaan.

Ketidaknyamanan perut bagian atas, yang dijelaskan seperti sensasi terbakar, kembung, atau begah, mual, atau perasaan cepat kenyang setelah mulai makan.

“Karena itu, pesan saya cuma satu, apa yang dimakan pastikan higienis. Kalau tidak higienis, yang tidak punya asam lambung pun jadi kena asam lambung. Pastikan yang dimakan bersih, sehat dan bergizi,” ujarnya. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

Konten Terkait

Ground Breaking Tower I RSU Haji Medan, Gubsu Harapkan Masyarakat Sumut Tak Lagi Berobat ke Luar Negeri

Editor prosumut.com

Kasus Covid-19 di Sumut Sudah 2.367 Orang

admin2@prosumut

Diserang Difteri, Anak Ini Disebut tak Imunisasi

Editor prosumut.com