Prosumut
Ekonomi

Dorong Peningkatan Ekonomi Kreatif Kota Medan Melalui Fotografi

PROSUMUT – Mendorong peningkatan ekonomi kreatif di Kota Medan bisa dilakukan dengan berbagai hal, satu diantaranya melalui fotografi.

“Fotografi adalah salah satu dari produk ekonomi kreatif yang memiliki nilai tambah jika dilakukan secara baik dan benar,” ujar Anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan usai membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemberdayaan Pelaku Ekraf Melalui Teknik Fotografi yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Hotel Four Points, Medan, Jumat 8 September 2023.

Menurut Sofyan Tan, fotografi bisa dikaitkan dengan pemberdayaan ekonomi kreatif lainnya. Sebagaimana diketahui, yang sangat diandalkan di Kota Medan adalah kuliner.

Akan tetapi, hal-hal lain yang juga bisa diandalkan dari Kota Medan jangan diabaikan, seperti objek wisata hingga fashion, contohnya ulos.

“Kalau dulu, ulos dijadikan sebagai kain. Namun, sekarang ini sudah berkembang dan ulos ada yang dijadikan tas ataupun produk untuk oleh-oleh.

Nah, itu merupakan sesuatu yang inovatif dan memiliki nilai jual. Terlebih, kalau hasil inovatif tersebut dipotret secara baik dan benar dalam rangka memberdayakan ekonomi kreatif,” terangnya.

Dia menyebutkan, ketika mengabadikan satu objek lalu dikaitkan dengan sejarah dan budayanya, maka akan memberikan nilai tambah. “Pemberdayaan ekonomi kreatif jika dikaitkan dengan fotografi, maka memberikan nilai tambah,” ucapnya.

Lebih lanjut Sofyan Tan mengatakan, fotografi bisa diartikan melukis dengan cahaya. Artinya, ini merupakan keterampilan tangan atau seni. “Semua orang bisa memotret, tetapi untuk memotret yang baik dan benar belum tentu,” tuturnya.

Ia menambahkan, diharapkan Bimtek tersebut dapat membantu pelaku UKM di Medan lewat fotografi.

“Komitmen saya yaitu bagaimana menghadirkan ekonomi kreatif sebagai penunjang daripada pariwisata di Medan, salah satunya lewat fotografi yang baik dan benar. Harapannya, ini bisa mendorong pelaku UKM di Medan menjadi lebih berkembang dan maju,” pungkasnya.

Mewakili Kemenparekraf dari Direktorat Hubungan Antar Lembaga, Kemal Akbar menyampaikan, agar para peserta Bimtek mengikuti dengan serius. Dengan begitu, harapan bisa memberikan sumbangsih dalam peningkatan pariwisata khususnya di Kota Medan lewat fotografi. “Bersama kita bangun, bangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Sementara itu, kegiatan Bimtek Pemberdayaan Pelaku Ekraf Melalui Teknik Fotografi menghadirkan narasumber yakni Darwin Wu, fotografer wedding yang andal. Selain fotografer, Darwin Wu diketahui juga menyelami soal UKM.

Pada masa Covid-19, Darwin mengalami penurunan omset yang drastis karena sepi job fotografi. Namun, dia tidak putus asa dan membuat kreativitas dengan memberdayakan pelaku UKM kuliner.

Produk kuliner UKM tersebut dipotret secara gratis dan dibuat konten menarik oleh Darwin Wu. Konten itu ternyata menghasilkan uang setelah diupload oleh Youtuber yang tak lain istri dari Darwin Wu sendiri. (*)

Editor: M Idris

Konten Terkait

Oktober 2019, Sumut Diperkirakan Deflasi

Editor prosumut.com

Rumah Makan & Klinik Masuk “Top Ten” Bisnis Jasa Unggulan Sumut

Val Vasco Venedict

Hari Ini IHSG Turun 26 Poin

Editor prosumut.com