Prosumut
Kesehatan

Capaian Booster Pertama Covid-19 Sumut Belum Maksimal

PROSUMUT — Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyampaikan capaian vaksin ketiga atau booster pertama Covid-19 masih di angka 41,82%.

Capaian ini dinilai masih kurang maksimal lantaran untuk jumlah masyarakat Sumut yang berjumlah lebih kurang 14 juta, belum sampai setengahnya yang mendapatkan vaksin ketiga tersebut.

“Capaian ini belum setengahnya dari warga Sumut ya. Karena masyarakat banyak yang mengira sudah vaksin 1 dan 2 saja sudah cukup. Tak perlu lagi booster. Apalagi saat ini masyarakat secara umum sudah menggap biasa saja mengenai Covid-19 ini,” kata Kabid Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sumut, Syarifah Zakiah pada wartawan, Senin 28 November 2022.

Untuk vaksin keempat atau booster kedua, disebutkan Syarifah masih dikhususkan untuk tenaga kesehatan (nakes) dan lansia.

Menurutnya, alasan kenapa lansia karena memiliki banyak komorbid dan lebih gampang terpapar Covid-19. Terlebih saat ini kasus konfirmasi Covid-19 meningkat. Apalagi kalau belum vaksin pertama dan kedua.

“Lantaran capaian vaksinasi booster pertama masih kurang maksimal. Maka, kita kembali ingatkan dan galakkan vaksin booster pertama untuk masyarakat dan booster kedua untuk nakes dan lansia kini sudah dan sudah mencapai 50,31%,” terangnya.

Syarifah menyatakan penularan Covid-19 memang sudah tidak seberat yang sebelumnya pada varian Delta. Karena itu, masyarakat banyak beranggapan sepele.

“Adapun upaya yang terus dilakukan Dinkes Sumut saat ini mengkoordinir dan menggalakkan promosi vaksin ini melalui promosi kesehatan yang diajak penyuluhan ke pusat pasar atau pusat perbelanjaan, di pengajian dan juga di rumah ibadah baik di gereja, masjid, dan lainnya untuk menyiarkan bagaimana kepentingan booster pertama dan kedua untuk lansia. Jadi kita mengajak kesadaran masyarakat akan pentingnya booster pertama dan kedua ini,” tandasnya. (*)

Reporter : Nastasia

Editor : Muhammad Idris

Konten Terkait

Peduli Dampak Kabut Asap, Anggota DPRD Medan Sosialisasi ISPA ke Pelajar

Editor prosumut.com

Ada 12 Pasien Positif Covid-19 Sergai Dinyatakan Sembuh

admin2@prosumut

Pengunjung Cafe dan Mall di Tebingtinggi Jalani Rapid Test

admin2@prosumut