Prosumut
Kesehatan

RSUP HAM Tetap Siaga 24 Jam Meski Libur Nataru 2023/2024

PROSUMUT – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) akan tetap siaga selama 24 jam dalam menyambut libur dan cuti bersama Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Manajemen rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini telah menyiapkan jadwal pelayanan agar tetap bisa memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat sepanjang libur akhir tahun 2023 ini.

“RSUP HAM tetap melayani pasien melalui Instalasi Gawat Darurat (IGD). Kami telah menyiapkan dokter spesialis on site (bertugas di tempat) setiap hari selama libur Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, sebagian dokter spesialis lainnya juga siap bertugas melalui on-call (panggilan),” jelas Manajer Hukum dan Humas RSUP HAM, Rosario Dorothy Simanjuntak dalam keterangan tertulisnya, Jumat 22 Desember 2023.

Selain dokter spesialis, RSUP HAM juga telah menyiagakan tenaga kesehatan lainnya, termasuk dokter umum, perawat dan tenaga penunjang sesuai jadwal tugas masing-masing.

Kemudian, rumah sakit Tipe A ini pun sudah menyiapkan obat-obatan dan segala kebutuhan lainnya dalam menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan pasien selama libur panjang Nataru yang jatuh pada dua minggu ke depan. 

Tak hanya itu, layanan Poliklinik Metadon dan Haemodialisa juga tetap dibuka sesuai dengan jadwal biasa. Begitu pula dengan layanan One Day Care (ODC) untuk pasien kemoterapi dan thalassemia juga tetap tersedia, namun hanya untuk pasien yang sudah dijadwalkan. Sedangkan semua layanan poliklinik di Instalasi Rawat Jalan (IRJ), Poliklinik Jantung di Pusat Jantung Terpadu (PJT) dan Poliklinik Eksekutif akan tutup selama libur.

Sementara itu, untuk layanan rujukan pasien dari rumah sakit lain bisa dirujuk ke RSUP HAM melalui aplikasi Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (Sisrute) dan Call Center WA 081254494677 selama 24 jam. Untuk rujukan pasien kegawatan jantung, dapat menghubungi Call Center 081210003133, baik melalui panggilan telepon atau pesan WhatsApp. Semua layanan RSUP HAM akan kembali normal setelah libur Nataru 2024. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

Konten Terkait

AXIS Dukung Vaksinasi Covid-19 untuk Warga Kampung Sejahtera

Editor prosumut.com

Masker Masih Langka dan Mahal, Polres Sergai Segera Distribusikan ke Apotek

admin2@prosumut

Angka Kasus Covid-19 Bertambah 76 Orang di Sumut

Editor Prosumut.com