Prosumut
Kesehatan

Miliki Layanan Unggulan, RSUD Pirngadi Medan Bisa Bersaing dengan Swasta

PROSUMUT – Plt Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan dr Taufik Ririansyah menegaskan, jika rumah sakit milik Pemko Medan ini harus bisa bersaing dengan swasta.

Di antaranya adalah dengan menonjolkan sejumlah layanan unggulan yang dimiliki, di samping terus menciptakan terobosan baru dalam upaya memberikan pelayanan kepada pasien.

“Jadi kita berharap ada peningkatan di Pirngadi. Tapi dengan saingannya seperti itu (swasta) tentu kita harus rasional dalam merencanakan.

Karena kalau masih memakai pola lama yang hanya menunggu, bagaimana kita mau dapat (pasien),” ungkapnya kepada wartawan, Rabu 7 Juni 2023.

Apalagi, saat ini dari 72 rumah sakit swasta yang ada di Kota Medan, rata-rata fasilitas dan SDM nya sudah mumpuni. Bahkan, tak sedikit ada yang telah memiliki akreditasi Joint Commission International (JCI).

“Itu yang perlu kita tingkatkan. Caranya tentu harus mengikuti standar yang ada,” sambung Taufik yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan.

Namun begitu, RSUD dr Pirngadi Medan sendiri sebetulnya juga memiliki layanan unggulan. Salah satunya adalah pemeriksaan HIV/AIDS.

“Di samping itu, sebagai salah satu rumah sakit penyelenggara medical tourism, kita punya layanan unggulan pada gigi. Ke depan kita tengah mendorong layanan jemput bola terutama bagi pasien hemodialisa,” terangnya.

Taufik mengakui pihaknya memang tidak bisa bersaing dengan swasta pada segala bidang. Namun, yang utama dari seluruh pelayanan di RSUD dr Pirngadi adalah mengedepankan keselamatan pasien.

“Memang tidak mudah membalikan opini orang. Tapi tentunya kita tetap harus berusaha semaksimal mungkin,” sebutnya.

Belakangan ini, jumlah pasien di rumah sakit berplat merah ini juga sudah mulai mengalami peningkatan. Biasanya, perhari pasien rawat inap yang ada selalu di bawah 80 orang. Namun rata-rata saat ini sudah di atas 100 orang atau paling rendah sekitar 90 orang.

“Pelan-pelan akan kita perbaiki secara bertahap. Ini kan baru lima bulan. Kita harap ke depan akan ada peningkatan pasien dan peningkatan pendapatan pasien. Kita di Dinas Kesehatan juga akan bantu,” tandas Taufik. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

Konten Terkait

Langkah 3M itu Mudah dan Cegah Kerugian akibat Covid-19

Editor Prosumut.com

Warga Diimbau Tak Gunakan Air Sungai Bederah

Editor prosumut.com

RSUP HAM Berpartisipasi dalam Pameran Medan Medical Tourism

Editor prosumut.com