Prosumut
Pendidikan

Balai Bahasa Sumut Uji Keterbacaan Produk Penerjemahan

PROSUMUT – Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar uji keterbacaan produk penerjemahan di Hotel Le Polonia, Medan, Selasa, 19 September 2023.

Kegiatan uji keterbacaan ini diikuti oleh puluhan peserta yaitu penerima manfaat langsung dari buku cerita anak terbitan Balai Bahasa Provinsi Sumut yang terdiri dari tiga unsur, siswa, orang tua siswa, dan pihak sekolah yang berasal dari Kota Medan dan sekitarnya.

Sedangkan sebagai narasumber, yakni Praktisi Perbukuan Nasional, Bambang Trimansyah. Turut hadir, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, Laksamana Putra Siregar.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumut, Hidayat Widyanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menguji tingkat keterbacaan buku cerita anak produk Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023.

“Pengadaan buku terjemahan ini merupakan bagian dari proses pengadaan buku berkualitas bagi anak dan pemertahanan bahasa daerah,” kata Hidayat.

Dia berharap, dalam kegiatan ini para peserta memberikan komentar atau masukan sehingga buku tersebut menjadi lebih berkualitas sebelum dicetak dan disampaikan secara masal kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia, Yolferi menambahkan, kegiatan ini digelar selama dua hari, 19-20 September 2023. Buku yang diuji ada 22 judul, hasil Sayembara Menulis Cerita Anak 2023 dan Bimtek Penerjemahan Cerita Anak 2023.

“Inilah wujud nyata kontribusi Balai Bahasa Provinsi Sumut dalam mendukung literasi dan mempertahankan bahasa daerah,” ujarnya. (*)

Editor: M Idris

BACA JUGA:  Sampoerna Academy Gelar STEAM Expo 2024, Dorong Lahirnya Calon Inovator Muda

Konten Terkait

Tak Ada Perubahan dan Inovasi, Rektor Univa Medan Diganti

Editor prosumut.com

Korupsi Dana BOS, Mantan Kepsek Divonis 2 Tahun

Ridwan Syamsuri

Wabah Corona, Pelajar di Binjai Belajar dari Grup WhatsApp

admin2@prosumut