Prosumut
Kesehatan

200 Anak di Sumut Ikut Bakti Sosial Khitanan Massal

PROSUMUT – Sebanyak 200 anak dari tiga kabupaten di Sumatera Utara (Sumut) ikut serta dalam bakti sosial khitanan massal yang digelar dalam menyambut Ramadan 1444 H dan Hari Ulang Tahun Persit Kartika Chandra Kirana.

Kegiatan yang merupakan kolaborasi dari PT Quantum Tjipta Indonesia, The Clinic Beautylosophy Medan, Beautify Indonesia, Yayasan We Care We Share (WCWS), Kodim 0204, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Deli Serdang serta Tim Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) ini, menurunkan cukup banyak dokter ahli yang turut berpartisipasi dalam melakukan sunat. Sunatan berlangsung kurang dari 6 jam.

Dokter Penanggung Jawab kegiatan Dr dr Arya Tjipta, SpBPRE SubspKM(K) mengungkapkan, kegiatan yang berlangsung pada Minggu 19 Maret 2023 lalu di Aula Makodim Pandawa Sakti Kodim 0204 Deli Serdang merupakan merupakan khitanan super massal.

“Artinya sebanyak ratusan anak berkumpul untuk menjalani sunat. Pesertanya banyak, yang disunat pun banyak.

Baksos bersama kita ini bukan yang main-main, ini kegiatan yang menurut saya sakral, karena alat vital pria itu cuma satu.

Jadi operasi peserta ini dilakukan sekali seumur hidup. Alat yang saya gunakan seperti yang biasa saya gunakan di klinik,” tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat 31 Maret 2023.

Arya Tjipta menuturkan, bahan habis pakai (BHP) dan obat-obatan yang digunakan pada acara bakti sosial sunat massal sekalipun adalah yang terbaik.

Dukungan medis dikerahkan juga dari tim Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU).

Sementara, Dandim 0204 Deli Serdang Letkol Czi Yoga Febrianto SH MSi mengungkapkan baksos khitan massal dalam rangka HUT Persit ini diikuti sejumlah 200 anak berasal dari seluruh Koramil yang berada di bawah Kodim 0204 Deli Serdang, meliputi Deli Serdang, Serdang Bedagai dan dan Tebing Tinggi.

“Kita mengharapkan menyambut bulan Ramadhan dapat berbagi bersama masyarakat. Kegiatan kolaborasi ini dilakukan dengan tujuan mulia dan diharapkan bisa bermanfaat buat masyarakat,” ucap dia.

Senada disampaikan Ketua Umum DPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Deli Serdang Ahmad Gafar Mubarak. Ia berharap acara bisa terselenggara sesering mungkin untuk daerah Sumut. “Kami harapkan kerja sama dari berbagai pihak untuk pelaksanaan kegiatan ini,” ujarnya.

Begitu juga dengan pengurus Yayasan We Care We Share (WCWS) Roni Armansyah Harahap ST mengungkapkan, anak-anak cukup semangat dalam mengikuti kegiatan sunat massal jelang Ramadhan ini.

Dalam kegiatan ini, penyelenggara acara memberi dukungan untuk tiap peserta, mulai dari bahan habis pakai, obat-obatan, uang saku, serta beras 5kg. Diharapkan dapat meringankan kebutuhan keluarga peserta dan dapat menjadi amal jariyah untuk seluruh tim yang bertugas. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

Konten Terkait

Pasien Covid-19 dari RS GL Tobing Dipindah ke Martha Friska

admin2@prosumut

Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi, RSUP HAM Gagas Inovasi Kesehatan Berbasis Teknologi

Editor prosumut.com

Edelweiss The Body Shop Berikan Ketahanan Kulit Kuat Secara Alami

Editor prosumut.com