Prosumut
Kesehatan

Wamenkes RI Harap RSUP HAM Kembangkan Layanan Eksekutif Bagi Pasien 

PROSUMUT – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI Prof dr Dante Saksono Harbuwono SpPD-KEMD PhD berkunjung ke Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM), Rabu 7 Februari 2024.

Dalam kunjungan itu, Wamenkes RI yang didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan dr Andi Saguni MA, disambut langsung oleh Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) bersama jajaran direksi dan manajemen.

Selanjutnya, mengunjungi pelayanan kesehatan di Instalasi Pelayanan Eksekutif, Gedung Paviliun RSUP HAM. Di antaranya, layanan Medical Check-Up (MCU), Poliklinik Eksekutif, hingga ruang rawat inap VVIP dan VIP yang berada di gedung tersebut.

Wamenkes berharap RSUP HAM bisa terus mengembangkan layanan eksekutif yang diperuntukkan bagi pasien non-JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) ini untuk menghadapi persaingan dengan rumah sakit swasta.

Meski begitu, dia mengingatkan bahwa program ini dilakukan tanpa melupakan peningkatan kualitas layanan bagi pasien JKN atau BPJS.

“(Layanan) BPJS-nya kualitasnya naik, ruang VIP juga sama kayak rumah sakit swasta. Sehingga, akhirnya bisa memperoleh rumah sakit yang maju, bagus, dan diminati oleh masyarakat,” ungkap dr Dante.

Ini sendiri, lanjutnya, sesuai dengan Inisiatif Transformasi Rumah Sakit Vertikal, yaitu salah satunya adalah Inisiatif Peningkatan Layanan Non-JKN.

Seperti diketahui, pada Inisiatif Peningkatan Layanan Non JKN, seluruh rumah sakit vertikal di bawah Kementerian Kesehatan RI diharapkan memiliki layanan poliklinik eksekutif yang kompetitif dengan rumah sakit swasta.

Dengan begitu, ini akan menjadi revenue center bagi rumah sakit yang selaras dengan peningkatan pendapatan untuk pengembangan rumah sakit.

Dalam kesempatan yang sama, dr Dante juga sempat berbincang dengan sejumlah pasien yang dirawat di Gedung Paviliun RSUP HAM dan para tenaga kesehatan yang bertugas di ruang pelayanan tersebut.

“Mudah-mudahan cepat sembuh, cepat sehat ya, Pak,” ucap dokter spesialis penyakit dalam itu ketika berbincang dengan salah seorang pasien. (*)

Reporter : Nastasia

Editor : M Idris

Konten Terkait

Tiga Pegawai Positif Covid-19, Dinsos Sumut Kurangi Akvitas

Editor Prosumut.com

Jenazah Akibat Covid-19 tak Boleh Dibalsem

admin2@prosumut

Cegah Hepatitis A Lewat Jajanan Sehat

Ridwan Syamsuri