Prosumut
Kesehatan

The Clinic Beautylosophy dan Killiney Sekip Gandeng PMI Gelar Donor Darah

PROSUMUT – The Clinic Beautylosophy Medan bersama Killiney Sekip bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan menggelar kegiatan bakti sosial donor darah yang digelar, Minggu 7 Mei 2023.

Kegiatan bakti sosial donor darah ini pertama kali dilakukan yang diikuti sejumlah pegawai The Clinic dan masyarakat umum dengan target sebanyak 50 hingga 75 orang.

“Alhamdulillah pelaksanaan donor darah The Clinic Beautylosophy Medan dan Killiney Sekip sangat membantu, berapapun kantong darah yang kita dapat pastinya sangat membantu keluarga pasien yang membutuhkan darah,” kata Kepala Seksi Pelayanan Teknik Laboratorium dan Bank Darah Rumah Sakit Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Medan, dr Ira Fitriyanti Putri Lubis.

Dr Ira menyatakan, pasca Ramadan dan Lebaran PMI Kota Medan sangat membutuhkan masyarakat sebagai sukarelawan pendonor apalagi stok darah sat ini betul-betul telah menipis dan menurun.

“Sejauh ini stok darah di PMI Medan tidak sampai 200 kantung pasca Lebaran. Padahal permintaan darah perhari yang kita distribusikan ke rumah sakit maupun yang langsung diambil ke gedung PMI sekira 100-150 kantong,” sebut dr Ira.

Untuk itu, sebut dr Ira, pihaknya sangat mengharapkan bantuan dari masyarakat untuk menggerakkan kegiatan donor darah guna membantu PMI dalam pemenuhan kebutuhan darah di Kota Medan.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri jika tak ada masyarakat yang sukarela mendonor karena darah itu tak ada pabriknya.

Saat ini kami masih menggalakan donor darah keluarga karena memang stok sudah sangat memprihatinkan. Padahal sebelum Lebaran kita masih ada sekira 800-900 kantong darah,” tuturnya.

Dia melanjutkan, jika masyarakat rajin menjadi pendonor sukarela sesuai dengan aturan yang ada pastinya akan mendapat banyak manfaat kesehatan seperti, mampu mengontrol tekanan darah, asam urat, kolesterol, mencegah kekentalan darah dan lainnya.

Sementara itu, Penanggungjawab The Clinic Beautylosophy, Dr.dr.Arya Tjipta SpBPRE SubspKM(K) mengatakan, kegiatan donor darah yang diinisiasi Killiney Sekip merupakan salah satu kegiatan bakti sosial yang akan terus didukung The Clinic Beautylosophy baik itu dalam hal penyediaan tempat maupun untuk kegiatan bakti sosial lainnya seperti penyediaan tenaga medis untuk sunatan massal.

“Selain suport sunatan massal, The Clinic Beautylosophy juga mendukung bakti sosial donor darah. Kemungkinan donor darah ini akan rutin kita lakukan dalam 1-2 bulan sekali, kemudian operasi bibir sumbing juga telah kami rencanakan,” tutur dokter berjiwa sosial tinggi ini.

Manager Marketing Killiney Indonesia, Windy Harahap mengatakan, dalam kegiatan donor darah ini pihaknya memberi dukungan dalam bentuk pemberian voucher makanan dan minuman bagi pendonor yang berhasil mendonorkan darah.

“Jadi Killiney memberi supportnya dalam bentuk voucher makanan dan minuman sebagai daya tarik bagi pendonor. Nantinya voucher makanan dan minuman itu bisa digunakan pendonor sehabis maupun selepas dari kegiatan donor darah ini,” ujar Windy. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

Konten Terkait

Pegawai BPJS Kesehatan Medan Konfirmasi Covid-19

admin2@prosumut

Personel Polda Sumut Meninggal Karena Covid-19, 4 Lainnya Positif

admin2@prosumut

Praktisi Soal Covid-19: Perencanaan RS Belum Berbasis Sistem Komando

admin2@prosumut