Prosumut
Teknologi

Telkomsel Siap Adopsi Teknologi Wi-Fi 7 di Indonesia

PROSUMUT – Telkomsel secara resmi telah menyelesaikan validasi teknologi Wi-Fi 7 pertama di Indonesia bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo).

Melalui uji coba yang dilangsungkan bersama sejumlah mitra teknologi global, Telkomsel dan Kominfo telah meraih pencapaian signifikan dalam perjalanan Indonesia menuju era jaringan internet berkecepatan tinggi.

Sebagai evolusi terbaru dari teknologi Wi-Fi, Wi-Fi 7 memiliki potensi untuk menyediakan kecepatan internet yang lebih tinggi, kapasitas pengguna yang lebih banyak, latensi yang lebih rendah, dan penghematan energi yang lebih baik.

Dalam uji coba bersama dengan spesifikasi perangkat jenis Low Power Indoor (LPI), fungsionalitas dan kapabilitas Wi-Fi 7 telah menunjukkan kinerja dan stabilitas yang dapat meningkatkan pengalaman jaringan secara signifikan dan melampaui ekspektasi.

“Bersama dengan stakeholder, salah satunya Telkomsel, kami akan terus berupaya menghadirkan perkembangan evolusi teknologi terbaru di Indonesia agar dapat terus meningkatkan pengalaman mengakses Internet yang semakin baik bagi masyarakat.

Selain itu, kami juga memberikan kesempatan dan mendorong penyelenggara telekomunikasi, termasuk Telkomsel, untuk terus berinovasi menghadirkan layanan dengan standar teknologi terbaru bagi pelanggannya.

Kolaborasi berkesinambungan ini diharapkan dapat membantu mempercepat pencapaian Visi Indonesia Digital 2045,” kata Direktur Penataan Sumber Daya Direktorat Jenderal SDPPI Kominfo, Denny Setiawan dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat 7 Juni 2024.

Vice President Technology Strategy and Consumer Product Innovation Telkomsel, Ronald Limoa mengatakan, langkah nyata dalam konvergensi teknologi dengan validasi Wi-Fi 7 adalah sejalan dengan semangat dan visi strategis Telkomsel untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi terdepan di regional.

“Menggandeng Kominfo dan sejumlah mitra teknologi global, kami terus berupaya menciptakan terobosan yang dapat menggerakkan kemajuan ekosistem digital dan transformasi industri telekomunikasi Indonesia.

Sebagai yang pertama menghadirkan keunggulan teknologi Wi-Fi 7 di Indonesia, Telkomsel juga berharap dapat terus membuka semua peluang peningkatan kualitas layanan dan menghadirkan pengalaman digital yang lebih baik lagi bagi semua orang, setiap rumah, dan kegiatan bisnis, secara inklusif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Dengan meningkatnya kebutuhan produktivitas dan gaya hidup digital pelanggan, teknologi Wi-Fi 7 yang lebih cepat dan stabil dapat meningkatkan kelancaran dan efisiensi, sehingga menghadirkan pengalaman jaringan yang menjawab kebutuhan akan koneksi internet berkecepatan tinggi, khususnya pada saat berada di rumah atau kantor.

Sebagai teknologi inti terkini yang dapat melengkapi solusi jaringan internet rumah, Wi-Fi 7 pun akan mendorong pengembangan jaringan Telkomsel bersama keahlian dan inovasi berkelanjutan para mitra teknologi globalnya.

Pemerintah berharap agar inovasi berkelanjutan yang berkembang di ranah global tersebut dapat turut diadopsi dan diambil manfaatnya untuk Indonesia, termasuk dengan memberikan tambahan kontribusi pada ekosistem perangkat yang melibatkan industri dalam negeri.

Di sisi lain, regulasi penataan frekuensi pun akan terus dimutakhirkan mengikuti perkembangan teknologi demi daya saing bangsa Indonesia. (*)

Editor: M Idris

Konten Terkait

Internet Baik Series 8, Bukti Kelanjutan Implementasi ESG Telkomsel Cerdaskan Bangsa

Editor prosumut.com

G20 di Bali, Telkomsel Perluas Cakupan Jaringan Ultra Broadband Hyper 5G

Editor prosumut.com

Telkomsel Hadirkan Konektivitas dan Layanan Digital Terdepan di KTT AIS Forum 2023 di Bali

Editor prosumut.com