Prosumut
Ekonomi

Sepanjang 2023, Pembiayaan Adira Finance Area Sumbagut Tumbuh 41 Persen

PROSUMUT – PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance) Area Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mencatatkan pertumbuhan pembiayaan mencapai 41 persen (year on year) menjadi Rp5,4 triliun.

Kenaikan ini terutama didorong pertumbuhan pembiayaan baru segmen mobil dan motor dengan persentase masing-masing sebesar 44 persen dan 34 persen. Sementara itu, segmen non otomotif tumbuh sebesar 45 persen.

Pencapaian ini sejalan dengan membaiknya kondisi ekonomi di Indonesia di tahun 2023, dimana penjualan ritel sepeda motor baru mencatatkan pertumbuhan sebesar 12 persen menjadi 6,0 juta unit. Sedangkan penjualan ritel mobil baru, mengalami penurunan sebesar 2 persen menjadi 998 ribu unit di FY23.

Meski penetrasi mobil masih rendah, namun terdapat potensi pertumbuhan penjualan mobil ke depannya.

Sepanjang tahun 2023, secara nasional Adira Finance menyalurkan pembiayaan baru di segmen syariah sebesar Rp 8,9 triliun atau mengalami kenaikan sebesar 34 persen. Untuk Sumatera Bagian Utara, pembiayaan baru yang disalurkan pada segmen syariah sebesar Rp 1,7 triliun atau bertumbuh 48,5 persen.

Ekspansi pembiayaan syariah ini didukung oleh kegiatan pemasaran yang agresif, melalui berbagai kanal penjualan di komunitas syariah, kampanye edukasi masyarakat, dan produk-produk seperti AMANAH (Adira Multi Dana Syariah), sebuah solusi multi-financing yang didasarkan pada prinsip-prinsip syariah.

Sebagai upaya melanjutkan strategi perusahaan untuk fokus kepada konsumen, tahun ini perusahaan kembali menghadirkan pameran Adira Expo 2024 yang bertajuk ‘Sering Order Banyak Tawaran (SOBAT)’.

Adira Expo 2024, merupakan offline event yang menyediakan berbagai promo dan benefit (keuntungan) kepada pelanggan yang ingin melakukan pembelian mobil (baru/ bekas), motor (baru/ bekas), pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB, durables (elektronik & furnitur) dengan menggunakan pembiayaan Adira Finance, baik konvensional maupun prinsip syariah.

“Adira Finance selalu menempatkan pelanggan sebagai fokus utama. Tujuan kami tidak hanya sekedar menjadi perusahaan pembiayaan, tetapi menjadi sahabat setia dalam setiap langkah perjalanan finansial para pelanggan.

Karena itu, di awal tahun ini kami selenggarakan pameran Adira Expo yang menghadirkan berbagai penawaran menarik bagi seluruh pelanggan. Di event ini, kami juga menghadirkan pembiayaan dengan prinsip syariah.

Semakin sering order, semakin banyak tawaran yang kami berikan kepada pelanggan,”  Kepala Wilayah Sumatera Bagian Utara Adira Finance, Iwan Chandra dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat 1 Maret 2024.

Pameran Adira Expo 2024 berlangsung pada 1-3 Maret 2024 serentak di Lapangan Sepakbola Alun-Alun, Kota Stabat serta di Suzuya mall, Rantau Prapat. Pengunjung bisa mendapatkan benefit seperti bunga rendah mulai 1,99 persen, DP dan angsuran ringan, hingga fasilitas approval di tempat.

Selain itu, para pengunjung bisa mengikuti berbagai aktivitas seru seperti Dance Competition, Singing Contest, Lomba Mewarnai, Mobile Legend dan berbagai kegiatan seru lainnya serta dapatkan kesempatan memenangkan program undian Umrah Untuk Sahabat.

Lebih lanjut Iwan Chandra menyampaikan program umrah ini merupakan program loyalty bagi pelanggan setia Adira Finance yaitu berupa kupon undian berhadiah umrah. Program ini berlangsung sejak Januari hingga Juli 2024.

Ratusan pelanggan akan diberangkatkan pada bulan Oktober 2024 oleh Adira Finance ke tanah suci melalui berbagai program, termasuk yang melakukan pengajuan pembiayaan Adira Finance di Pameran Adira Expo 2024.

“Kami menghadirkan program Umrah Untuk Sahabat sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan serta menciptakan pengalaman spiritual yang tak terlupakan, khususnya untuk masyarakat di Sumatera Bagian Utara yang notabene penduduk muslimnya mencapai 66,43 persen,” sebut Iwan Chandra.

Pelanggan yang melakukan transaksi di pameran Adira Expo wajib melakukan claim reward atau kupon undian melalui aplikasi Adiraku untuk bisa mengikuti program undian Umrah Untuk Sahabat.

Tak hanya melalui pameran Adira Expo, pelanggan juga bisa mengikuti program Umrah Untuk Sahabat lewat aplikasi Adiraku dengan cara pembelian asuransi microinsurance (DBD, Tipus, HCP Diseases, Mobilite dan Motolite), perpanjangan asuransi (renewal insurance), dan penukaran 5.000 adirapoin dengan kupon undian Umrah Untuk Sahabat.

“Kami berharap program ini bisa menjadi sarana untuk para pelanggan mewujudkan mimpinya memiliki produk impian sekaligus beribadah ke tanah suci. Segera kunjungi Adira Expo. Pilih barang sesukanya, ajukan kreditnya,” tandas  Iwan.

Dalam menggelar pameran Adira Expo, Adira Finance bersinergi dengan Bank Danamon dan mitra bisnis termasuk dealer serta merchant untuk menghadirkan solusi finansial yang komprehensif. Pameran Adira Expo akan diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia. (*)

Reporter : Nastasia

Editor : M Idris

Konten Terkait

PRSU Segera Dibuka Kembali, Hadirkan Ragam Hiburan dan UMKM

Editor prosumut.com

Pajak E-commerce Dicabut! McKinsey: 3 Tahun ini Pembeli Online Tembus 44 Juta

Val Vasco Venedict

Tahun Politik, OJK Sumut Antisipasi Dana ‘Panas’

Editor prosumut.com