Prosumut
Umum

Exa Sinambela Juara I Icon Wajah Pesona Indonesia 2023

PROSUMUT – Event Wajah Pesona Indonesia tahun 2023 yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, melahirkan juara baru asal Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Exa Purnama Sinambela, berhasil menyabet juara I Icon Wajah Pesona Indonesia 2023 kategori remaja usia 12-15 tahun, pada malam Grand Final yang digelar di Hotel Luminor, Jakarta, Minggu 3 September 2023.

Pelajar kelas VIII SMP WR Supratman 2 Medan ini, terpilih menjadi yang terbaik dari puluhan peserta dari berbagai kota di Indonesia. Dengan keberhasilan tersebut, pelajar yang gemar menyanyi, balet, menari, dan modeling ini berhak atas piala, uang pembinaan, sertifikat dan hadiah lainnya.

Selain itu, Exa dan para finalis lainnya juga berkesempatan bertemu dengan Menparekraf RI, Sandiaga Uno.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan, bahwa Event Wajah Pesona Indonesia berlatar belakang konsep Budaya Indonesia untuk mempromosikan Indonesia sekaligus mengembangkan UMKM daerah.

Kepada para juara, Sandiaga Uno juga berpesan agar putra-putri terbaik daerah tetap semangat dan menunjukkan performa terbaik, serta menjadi kebanggaan untuk daerah masing-masing.

“Mengembangkan diri tidak hanya aset lokal daerah, nasional, dan akan menuju taraf Internasional. Semoga wajah wajah pesona Indonesia terpilih, dapat menginspirasi masyarakat Indonesia untuk terus mencintai dan bangga terhadap ekonomi kreatif dalam negeri serta Pariwisata Indonesia,” pesannya.

Sebelumnya, pada kegiatan WPI 2023, Exa Sinambela penuh percaya diri dan mampu menjawab tim juri, serta serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh panitia hingga didapuk sebagai Juara I Icon WPI 2023.

Exa mengaku mengikuti dunia modeling untuk belajar tentang bagaimana cara berjalan yang baik dalam menunjang penampilannya saat bernyanyi.

Di luar jam sekolah, remaja kelahiran 8 Mei 2010 inipun memanfaatkan waktu luangnya dengan mengikuti ekstrakulikuler di Sheira Model Manajemen.

Iya pun terus berlatih dengan tekun, dan mengikuti beberapa event modeling di Kota Medan. Ini dilakukannya, untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dirinya mengikuti bimbingan yang diberikan para guru.

Hasilnya, putri pertama dari pasangan Hendrik Sinambela ST, dan Ika Monalisa Tambunan SE, MM inipun bisa meraih beberapa prestasi dunia modeling tingkat Kota Medan, seperti Penghargaan Juri Award Medan Model Hunt 2023, Penghargaan Best Performance Lomba Model Seruang 2023, dan Penghargaan Best Talent Lomba Model Seruang 2023.

Segudang prestasi juga diraihnya dalam dunia tarik suara, yakni Juara 1 Lomba Vokal Solo EMP Production, Juara 3 Lomba Vokal Solo Gebyar Pendidikan Tingkat SMP, Juara Harapan 3 Lomba Vokal Solo Lagu Nasional Disdikbud Tingkat SMP.

Dengan talenta dan bakat yang dimiliki tersebut, Pelajar yang bercita-cita menjadi dokter ini terus menggali potensi dirinya dengan mengikuti ajang Wajah Pesona Indonesia 2023 di Jakarta.

“Selain menambah wawasan, juga mengembangkan potensi diri untuk menambah ilmu di dunia pageant (putri kecantikan) secara wawasan dan innear beauty,” kata Exa.

Selama di Jakarta, lanjut pelajar bertubuh jangkung ini, dirinya mendapat ilmu dan wawasan yang berkesan serta sangat menarik dalam pengembangan diri, bisa mengenal dari berbagai daerah dengan ciri khas kedaerahan yang beragam.

Kepada para remaja dan anak anak milenial Indonesia, khususnya Kota Medan dan Sumatera, Exa berpesan agar terus mengembangkan bakat dan kemampuan di bidang akademik maupun non akademik.

Menurutnya, dengan terus menggali potensi diri, berdoa, dan bekerja keras, pasti akan menuai hasil yang memuaskan seperti diharapkan.

Di kesempatan ini, Exa juga menyampaikan terimakasih atas dukungan dan doa orang tua, keluarga, teman-teman, para guru yang membimbingnya hingga bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi.

“Dengan prestasi ini, tentunya akan menambah pengalaman saya kedepannya. Terimakasih dan puji syukur bisa mengharumkan nama sekolah dan Kota Medan,” pungkasnya dengan wajah penuh haru. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

BACA JUGA:  RSUP HAM Kirim Tim Medis untuk Event Internasional F1 Powerboat 2024

Konten Terkait

Edy Rahmayadi Tinjau Langsung Lokasi Utama MTQN XXVII

Editor prosumut.com

OTT KPK

Val Vasco Venedict

Rayakan HUT Medan ke 430, JNE Gratiskan Ongkir

admin2@prosumut