Prosumut
Kesehatan

USU Persiapkan International Spirit Summer Course 2023, Cegah Triple Burden Disease

PROSUMUT – Universitas Sumatera Utara (USU) tengah mempersiapkan International Spirit Summer Course 2023, dengan tema ‘Promoting Physical Activity and Diet in Combating Growing Triple Burden of Disease in Asia’.

Kegiatan ilmiah ini akan digelar pada tanggal 24-31Juli 2023 mendatang secara online dan offline di Fakultas Kedokteran USU.

Ketua USU Spirit Summer Course 2023 Prof Dr dr Dina Keumala Sari M Gizi SpGK(K) mengatakan, pada kegiatan ini telah mendaftar sejumlah 69 peserta secara online yang berasal dari Spanyol, India, Sri Lanka, Malaysia, Myanmar, Pakistan, dan Thailand.

“Peserta yang direncanakan akan ikut secara offline adalah India, Sri Lanka, Malaysia, Pakistan, Myanmar, Thailand, dan Singapura sejumlah 14 orang. Sedangkan peserta dari Indonesia sejumlah 10 orang,” sebut Prof Dina dalam siaran persnya, Kamis 29 Juni 2023.

Dina menjelaskan, latar belakang diadakannya kegiatan ilmiah tersebut lantaran setelah melewati pandemi Covid-19 selama lebih dari tiga tahun, kini negara-negara berkembang terutama di Asia dihadapkan pada munculnya masalah beban kesehatan yang baru.

Beban kesehatan itu selain dari beban dua masalah kesehatan sebelumnya, yaitu penyakit infeksi dan penyakit tidak menular.

“Selama pandemi Covid-19, pembatasan aktifitas di luar rumah meningkatkan gaya hidup sedentary dan secara tidak langsung memberi dampak perubahan sosio ekonomi kepada keluarga,” ungkapnya.

Tak hanya itu, lanjut Dina, terjadi penurunan angka masyarakat yang berkunjung ke rumah sakit atau Puskesmas untuk melakukan pemeriksaan rutin penyakit-penyakit tidak menular, seperti diabetes melitus, hipertensi, obesitas, jantung coroner. Hal ini disebabkan karena adanya kecenderungan pandemi Covid-19.

“Kondisi tersebut menyebabkan negara Asia kini menghadapi tiga beban penyakit (triple burden diseases), yaitu penyakit menular yang belum selesai, penyakit tidak menular yang jumlahnya semakin besar dan kondisi kesehatan global yang muncul seperti pandemi,” terang Dina.

Karena itu, USU bersama dengan Proyek Spirit Pendanaan Erasmus Plus, mengembangkan kurikulum fokus pada pengembangan aktifitas fisik dan nutrisi untuk pencegahan penyakit tidak menular.

SPIRIT Erasmus Project melibatkan negara-negara Eropa dan Asia termasuk Spanyol, Cyprus, Portugal, India, Sri Lanka dan Indonesia, secara bersama-sama mengembangkan kurikulum, e-learning, lifelong learning courses, fokus pada peningkatan aktifitas fisik, olahraga dan nutrisi yang tepat untuk masyarakat usia muda.

Dengan bertukar pengetahuan antara negara-negara berkembang, diharapkan dapat menghasilkan suatu pemahaman, analisis dan formulasi aktifitas fisik dan diet yang tepat untuk mengantisipasi masalah triple burden disease.

“Untuk info registrasi Summer Course dapat menghubungi Amel Nasution 082279349676 atau email sic@usu.ac.id,” tandas Dina.

Dekan Fakultas Kedokteran USU Prof Dr dr Aldy Safruddin Rambe SpS(K) mengatakan, kegiatan USU Spirit Summer Course 2023 diharapkan dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan. Kegiatan ini juga telah mendapat dukungan dari Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin SSos MSi.

“Dengan diadakannya Program USU Summer Course, peserta mengetahui peran aktifitas fisik dan nutrisi dalam mencegah triple burden disease.

Selain itu, mewujudkan kerjasama antar negara-negara Asia untuk mendorong program pendidikan dan penelitian lanjutan yang berkenaan dengan aktifitas fisik dan diet untuk mencegah berkembangnya triple burden disease di Asia,” ungkap Aldy. (*)

Reporter: Nastasia

Editor: M Idris

Konten Terkait

Hasil Kajian Ilmiah Dr Arya Tjipta, Daun Sirih Cina Bisa Dimanfaatkan untuk Penyembuhan Luka Bakar

Editor prosumut.com

Cegah Bullying Peserta Didik di RS, RSUP HAM dan FK USU Teken Pakta Integritas

Editor prosumut.com

RSUP HAM: Tidak Ada Penderita Hidrocypalus Asal Balige Bernama Gilberth Tampubolon

Editor prosumut.com