Prosumut
Kesehatan

RSUP Haji Adam Malik dan Arab Saudi Kolaborasi Tangani Pasien Jantung

PROSUMUT – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik bersama King Salman Relief dan Muslim World League dari Arab Saudi melakukan kolaborasi menangani pasien jantung.

Direktur Utama RSUP Haji Adam Malik Zainal Safri mengatakan, kerja sama ini dilakukan dalam rangka bakti sosial kepada masyarakat.

“Karena sifatnya bakti sosial, ini dilakukan rata-rata terhadap pasien tidak berbayar atau tidak mampu,” kata Zainal saat temu pers, Selasa sore 21 Mei 2024.

Zainal menjelaskan, kerja sama ini dalam tiga periode. Pada periode pertama, dilaksanakan selama tujuh hari.

Periode kedua, akan dilakukan juga tujuh hari (2-9 Juni). Begitu pula dengan periode ketiga, juga tujuh hari (26 Juni-2 Juli).

“Yang ditangani pasien bedah jantung sebanyak 20 orang. Selain itu, nanti ada juga pasien intervensi jantung non bedah dengan kategori berat.

Mudah-mudahan keseluruhannya bisa kita targetkan sekitar 60-70 pasien terhadap kasus jantung,” terang Zainal.

Ia menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman dan organisasi induknya King Salman Foundation.

Ketua Kelompok Staf Medis Kardiovaskular RSUP Haji Adam Malik dr Faisal Habib SpJP (K) menyebutkan, dalam bakti sosial ini ada tiga dokter spesialis bedah jantung yang dilibatkan.

Kemudian, dua dokter spesialis jantung, dua dokter anastesi, dokter paru dan perawat bedah. Artinya, tim medis yang dilibatkan lengkap.

“Target kita ada sekitar 60-70 pasien dengan kasus kategori berat. Sebanyak 20 pasien bedah jantung dan 40-50 pasien intervensi jantung non bedah, seperti pemasangan ring jantung, tindakan terhadap katup jantung menyempit dan lainnya,” ujar Habib.

Sementara itu, Perwakilan King Salman Relief dan Muslim World League, Arab Saudi Dr Uthman Saad AlUthman mengatakan kerja sama ini untuk memberikan bantuan bagi yang membutuhkan.

“Di Medan masih banyak yang mengalami penyakit jantung yang komplek, hanya saja di Afrika sukses dan semoga di sini berlangsung dengan baik,” ucapnya.

Uthman menambahkan misi ini terus berkelanjutan untuk membantu tindakan operasi jantung. “Jika ada fasilitas yang dibutuhkan, akan difasilitasi dari Kerajaan Arab Saudi,” pungkasnya. (*)

Reporter: M Idris

Editor: M Idris

Konten Terkait

BPJS Ketenagakerjaan Gencar Sosialisasi BPJSTKU, Waspadai Jasa Pelayanan Tak Resmi

Ridwan Syamsuri

Tak Perlu Panik Karena Corona, PTPN IV Diperiksa Tamu dan Pegawai

admin2@prosumut

HKN ke-59, RSUP HAM Tekankan Pentingnya Wujudkan 6 Pilar Transformasi Kesehatan

Editor prosumut.com