Prosumut
Ekonomi

Sequis Berbagi Tips Pilih Asuransi Kecelakaan yang Tepat, 4 Hal Ini Penting Diperhatikan

PROSUMUT – Kecelakaan lalu lintas di jalan raya merupakan salah satu ancaman masalah serius, karena dapat menyebabkan cacat hingga kematian. Selain itu, juga menimbulkan kerugian materi yang dalam jangka panjang dapat mengancam masa depan pelaku, korban, dan keluarga.

Penyebab utama kecelakaan di jalan raya masih didominasi oleh faktor manusia. Kemungkinan rata-rata 3 orang meninggal dunia dapat terjadi setiap jam akibat kecelakaan di jalan.

Sebanyak 60 persen kecelakaan di jalan karena faktor manusia, yakni kemampuan mengemudi dan karakter pengemudi. Selebihnya, karena faktor kendaraan terkait layak jalan serta faktor sarana dan prasarana.

Head of Sequis Digital Channel Antonius Tan mengungkapkan, meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan dengan meningkatkan kewaspadaan berlalu lintas. Tak hanya itu, perlu memiliki keterampilan dan pengalaman berkendara sesuai standar keselamatan (safety riding).

“Perilaku berkendara dapat memengaruhi keselamatan diri dan orang lain. Di samping itu, pengendara juga perlu memiliki asuransi kecelakaan diri,” ungkap Antonius Tan, Senin 23 Oktober 2023.

Menurutnya, alasan perlunya memiliki asuransi kecelakaan karena asuransi berfungsi untuk melindungi finansial jika tertanggung yang diasuransikan oleh nasabah asuransi mengalami risiko kecelakaan.

“Risiko tersebut tentu membutuhkan sejumlah dana untuk membantu pengobatan atau menjadi pengganti pendapatan keluarga sementara waktu,” tambah Antonius.

Dalam memilih asuransi kecelakaan diri, dia menuturkan, ada beberapa yang perlu diperhatikan. Pertama, pilih jenis asuransi sesuai kebutuhan.

“Saat ini sangat mudah menemukan asuransi kecelakaan termasuk yang dijual secara online. Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah sesuaikan dengan kebutuhan.

Pertimbangannya, apakah bekerja di luar rumah, kerap bekerja secara mobile, dan apakah sebagai pencari nafkah?

Kemudian, setelah mengetahui kebutuhan asuransi kecelakaan yang sesuai, pertimbangkan soal besaran premi. Pilihlah asuransi yang nominalnya tidak memberatkan, sehingga setiap bulannya dapat tetap konsisten membayar premi,” terangnya.

Kedua, sambung Antonius, ketahui manfaatnya. Memilih jenis asuransi yang sesuai kebutuhan juga berkenaan dengan hak pemegang asuransi. Anda berhak mengetahui manfaat apa yang diberikan dari asuransi kecelakaan tersebut dengan jumlah premi yang harus dibayarkan.

“Super you by Sequis Online menyediakan asuransi kecelakaan, yakni Super Safe Protection. Premi asuransi kecelakaan ini terbilang murah mulai dari Rp 36.500 yang memberikan manfaat UP 100 persen jika mengalami cacat total dan tetap hingga meninggal dunia karena kecelakaan, serta pertanggungan biaya perawatan medis atau pembedahan karena kecelakaan,” paparnya.

Ketiga, kata Antonius, yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi kecelakaan diri yaitu kumpulkan informasi perusahaan asuransi. Jangan terburu-buru memutuskan hanya karena iming-iming keuntungan besar.

Seleksi dulu apakah perusahaan penyedia asuransi tersebut berizin dan diawasi oleh OJK? Apakah memiliki reputasi baik, finansialnya kuat, dan memiliki citra positif di media massa? Sebab anda akan mempercayakan jaminan keselamatan diri pada perusahaan asuransi tersebut.

“Memilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik bisa dilihat dari informasi yang bisa diakses di website mengenai tata cara klaim. Lalu, kinerja perusahaannya terutama kecukupan modal haruslah lebih besar dari ketentuan OJK 120 persen yang dikenal dengan istilah rasio solvabilitas (Risk Based Capital/RBC).

Atau, mencari tahu di mesin pencari google atau media sosial bagaimana perusahaan tanggap menangani kasus gagal klaim,” sebut Antonius.

Keempat, yang juga perlu diperhatikan dalam memilih asuransi kecelakaan diri, yakni layanan nasabah yang mudah dihubungi. Perusahaan asuransi yang baik tentu akan memaksimalkan layanan nasabahnya agar nasabah dapat cepat mengetahui informasi polis, tata cara klaim, dan kondisi pengajuan klaim.

“Sebagai calon nasabah, tentunya bisa menanyakan kepada teman atau keluarga atau mencoba sendiri untuk mendapatkan pengalaman bagaimana perusahaan tersebut menjelaskan mengenai produk dan layanan yang diberikan? Apakah cepat merespon, memberikan informasi lengkap, dan menghubungi kembali untuk konfirmasi lanjutan,” tandas Antonius.

Sementara itu, Medical Underwriter Sequis, dr Debora Aloina Ita Tarigan menuturkan, selain menjaga finansial dari kerugian akibat risiko kecelakaan, pengguna jalan juga perlu melengkapi diri dengan literasi pertolongan pertama pada kecelakaan sebagai bentuk pertolongan medis pertama dalam keadaan darurat untuk mengurangi risiko berat.

Pengetahuan pertolongan pertama pada kecelakaan penting diketahui karena mengevakuasi korban kecelakaan tidak dapat dilakukan sembarangan. Ada baiknya segera hubungi polisi dan layanan darurat.

Namun demikian, sebagai pengguna jalan, perlu berkontribusi untuk mengurangi potensi bahaya lanjutan pada kecelakaan demi kemungkinan korban kecelakaan masih dapat tertolong. (*)

Editor: M Idris

Teks foto: Head of Sequis Digital Channel Antonius Tan. (ist)

Konten Terkait

Bangun “Link & Match” dengan Pemko, Apindo Medan Ingin Medan Ramah Investasi

Val Vasco Venedict

Pelaku Pasar Keuangan Ragukan Vaksin Covid-19, Indeks Saham Turun

admin2@prosumut

Kejutan 2019, Tokopedia Dapat “Suntikan” Mantan Menkeu

Val Vasco Venedict