Prosumut
Pemerintahan

Tingkatkan Integritas Tranformasi Digital, Kominfo Ajarkan 30 Pimpinan di Sumut

PROSUMUT – Untuk meningkatkan integritas transformasi digital, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) akan mengajarkan 30 pimpinan di Sumatera Utara (Sumut).

“Permasalahan kita saat ini masih banyak pemimpin kita yang belum berintegritas. Karena itu, butuh cara efektif untuk meningkatkan integritas pemimpin,” kata Kepala Balitbang SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto dalam Konferensi Pers Digital Leadership Academy (DLA), Smart Digital Leader Sumut Bermartabat dengan mitra Kampus University of Cambridge di Aula Cemara BPSDM Sumut, Kamis 2 Maret 2023.

Menurut Hary, kegiatan ini bukan mengajarkan bagaimana membuat software atau aplikasi. Namun transformasi digital, yakni untuk mengubah pola fikir pimpinan yang tadinya konvensional untuk memanfaatkan digitalisasi.

“Sehingga menghasilkan pemimpin yang paham pola pikir leader dan cerdas, cepat berbasis data. Karena tidak semua pimpinan smart dan mengerti pola pikir leader,” ungkap dia.

Dengan dengan pola pikir seperti ini, jelas dia, diharapkan pimpinan dapat membuat keputusan yang cerdas, khusus untuk pengembangan sumber daya manusia yang cerdas.

Hary bilang, mendukung transformasi digital ini, pemerintah menyediakan beasiswa untuk ASN dan bukan ASN. Sehingga bisa disekolahkan S2 baik di dalam dan luar negeri.

“Tahun ini akan kita berangkatkan ke Korea Selatan. Seperti tahun lalu ke Singapura, kita undang pimpinan perusahaan swasta, tni polri, start up dibawah eselon II,” tuturnya.

Hary menyebutkan, tahun 2023 Program DLA ini menargetkan 500 kuota. Dan di Sumut, targetnya mendapatkan 30 pimpinan untuk dilatih.

Selain dengan pemerintah daerah sebagai sektor publik, program DLA juga bekerja sama dengan sektor swasta seperti Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan Amazon Web Services dengan tema khusus untuk infrastruktur digital.

Program DLA merupakan salah satu program pelatihan digital yang dirancang Kementerian Kominfo untuk memenuhi kebutuhan talenta digital nasional. Program itu merupakan prioritas yang dicanangkan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat transformasi digital nasional.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut Aprilla Haslantini Siregar menjelaskan, kegiatan ini merupakan kerja sama Kementerian Kominfo dan BPSDM Sumut.

Dia menyebutkan, Digital Leadership Academy bermanfaat bagi kepala daerah dan pejabat yang ada untuk mengambil kebijakan, cepat serta berbasis data. (*)

Editor: M Idris

Konten Terkait

Wabup Langkat Hadiri Upacara HUT TNI

Editor prosumut.com

Bupati Langkat Minta Bansos Segera Dilaksanakan

admin2@prosumut

Wabup Langkat Terima Penghargaan

Editor Prosumut.com