Prosumut
Berita

Cerdas Hadapi Tantangan Hoaks Jelang Pemilu 2024

PROSUMUT – Perubahan zaman telah memasuki sesi percepatan dan kemudahan manusia dalam mengakses informasi. Perkembangan teknologi yang cepat dapat membuka ruang akses informasi cukup dari genggaman saja. 

“Namun satu hal yang lebih penting dari sekedar mendapatkan informasi tersebut yaitu kebenaran dan keakuratan dalam informasi tersebut,” ucap Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid dalam seminar Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Dirjen APTIKA Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Komisi I DPR RI baru-baru ini.

BACA JUGA:  Teach4hope Latih Anak Muda Sumut Miliki Keterampilan Kerja

Meutya menambahkan, tantangan yang dihadapi bersama jelang Pemilu 2024 adalah gelombang tsunami berita hoax yang dapat memecah belah rasa persaudaraan berawal dari media sosial yang berdampak buruk di kehidupan sosial.

“Suasana yang diharapkan adalah suasana damai dalam mendukung proses tahapan demi tahapan pemilu 2024, minimal kita dapat mengontrol diri dan lingkungan terdekat supaya menghadirkan suasana yang aman, kondusif, dan damai,” ujar Meutya.

BACA JUGA:  Teach4hope Latih Anak Muda Sumut Miliki Keterampilan Kerja

Praktisi media, Devis Abuimau Karmoy menuturkan untuk menghadapi tsunami informasi ini harus punya ukuran atau etika supaya tidak terjadi keributan dan tidak terjadi konflik.

“Serta agar Indonesia menjadi negara yang tetap aman dan tentram, karena etika itu mengajak kita untuk rasional dan bertanggung jawab,” tambahnya.

Sependapat dengan Devis, pegiat media politik Rizki Saragih menuturkan bahwa masyarakat perlu mengontrol diri dan selektif terhadap informasi yang diterima.

BACA JUGA:  Teach4hope Latih Anak Muda Sumut Miliki Keterampilan Kerja

“Banyak sekali yang menyebarkan berita hoax mengatasnamakan instansi sehingga masyarakat seringkali salah paham. Sebab itu yang paling penting sebenarnya bagaimana kita bisa selektif terhadap informasi,” ujarnya.

Menurut Rizki, pengguna internet yang hebat adalah jika dia bisa memverifikasi informasi yang begitu banyak dan memilih informasi mana yang layak untuk di share dan tidak layak untuk dipercaya. (*)

Reporter : Nastasia

Editor : M Idris

Konten Terkait

Lembaga Adat Sionom Hudon Kecamatan Parlilitan Tolak Keras Isu Tanah Adat

Editor prosumut.com

Somasi Portal Democrazy, Ketum N4J: Jangan Salah Gunakan Demokrasi!

Editor Prosumut.com

Begini Kronologis Tabrakan Beruntun di Simpang Pondok Kelapa

admin2@prosumut